BERITA BERITA GAME 7 Prediksi Sang Kreator Game Ternama Hideo Kojima yang Menjadi Kenyataan

7 Prediksi Sang Kreator Game Ternama Hideo Kojima yang Menjadi Kenyataan

Oleh Syamsul Arifin | Rabu, 1 Februari 2023

7 Prediksi Sang Kreator Game Ternama Hideo Kojima yang Menjadi Kenyataan

Kreator game ternama, Hideo Kojima telah membuat game yang mendahului zamannya. Layaknya prediksi, beberapa teknologi dan peristiwa di dalam game buatan Kojima akhirnya menjadi kenyataan.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Bagi gamers, tentu sudah tidak asing dengan sang kreator atau pencipta game bernama Hideo Kojima. Karya-karya Hideo Kojima sendiri sangat melegenda, sebut saja ada Death Stranding dan Metal Gear.

Kedua game tersebut sangat terkenal di tengah para gamers karena konsep yang Hideo Kojima buat sangat tidak biasa. Bahkan tidak sedikit yang mencapnya sebagai pencipta game yang ‘gila’.

7 Prediksi Hideo Kojima yang Jadi Nyata

Setelah pengumuman game bernama Death Stranding 2, Kojima mengatakan bahwa dirinya harus menulis ulang skrip game tersebut. Ini tidak lepas dari beberapa hal di game sebelumnya yang akhirnya jadi kenyataan. Berikut ini ulasan lengkapnya:

1. Prediksi Tentang Privasi Digital

Perkembangan dunia digital saat ini sangat cepat sekali. Berbagai aplikasi atau platform digital juga makin marak. Perkembangan ini tentu dapat memudahkan kehidupan manusia, tetapi di sisi lain juga menyisakan kekhawatiran. Hal ini terutama berkaitan dengan privasi digital.

Kamu tentu pernah mendengar kasus dari Cambridge Analytica dan Facebook di waktu lalu. Kasus ini berhubungan dengan akses data pengguna yang diduga dilakukan oleh keduanya. 

Menariknya, kejadian seperti ini sudah diprediksikan Hideo Kojima di dalam game Metal Gear Solid: 2 Sons of Liberty. Game ini sendiri sudah rilis pada tahun 2001 lalu di mana saat itu keberadaan sosial media belum masif seperti sekarang ini.

Hideo Kojima (Instagram) - GAMELAB.ID

2. Prediksi Drone Warfare

Kehadiran drone di berbagai pengembangan game Kojima adalah hal lumrah. Kamu dapat menemuinya di berbagai game karya Kojima. Tetapi, yang menarik adalah di game Metal Gear Solid yang bertema perang. Di dalam game Gear Solid 4: Guns of the Patriots yang rilis tahun 2008, ada penampakan langka.

Di dalam game tersebut terdapat drone tanpa awak yang berperang sebagai pengganti pasukan militer. Saat itu, drone perang belum ada di dunia nyata. Namun satu dekade kemudian, drone perang yang digunakan oleh militer ini benar-benar ada di dunia nyata bahkan sudah digunakan dalam latihan atau perang sungguhan.

3. Prediksi Manipulasi Data dan Penyebaran Informasi Hoax

Prediksi Kojima yang menarik berikutnya adalah tentang manipulasi data dan penyebaran informasi hoax, terutama di media sosial. Di dalam game Gear Solid 2: Sons of Liberty, Kojima sudah menggambarkan bahwa era digital dapat menimbulkan masalah terkait dengan kebenaran berita.

Data dan berita dapat dimanipulasi atau dibuat sesuai dengan siapa pembuatnya dan bisa juga dibuat untuk menyenangkan kelompok tertentu. Hal semacam ini sudah menjadi hal lumrah sekarang. Bahkan tidak sedikit yang sengaja menyebarkan informasi hoax demi keuntungan tertentu.

Metal Gear Solid 2 - wallpapercave - GAMELAB.ID

4. Prediksi Manipulator Dibalik Layar

Di dalam game Metal Gear Solid, Kojima menciptakan sekelompok orang yang tergabung dalam organisasi bernama The Patriots. The Patriots sendiri memiliki akses bahkan menguasai berbagai sektor penting di Amerika Serikat. Misalnya adalah sektor informasi, ekonomi hingga distribusi.

Walaupun belum ada bukti nyata tentang hal tersebut, tapi bukan berarti organisasi atau kelompok seperti The Patriots tidak ada di dunia nyata. Bagi pecinta teori konspirasi, tentu sudah tidak asing dengan peran kelompok seperti The Patriots.

5. Prediksi Bahan Bakar dari Alga

Prediksi Hideo Kojima berikutnya adalah penggunaan bahan bakar dari alga. Pada tahun 1990-an, penggunaan bahan bakar masih fokus pada sumber fosil. Sedangkan menggunakan bahan bakar selain fosil masih dianggap sebagai mimpi belaka.

Tapi bukan Kojima jika dia tidak berpikir di luar nalar. Di dalam game Metal Gear 2: Solid Snake, ia mengenalkan sumber bahan bakar alternatif yang sama sekali tidak menggunakan fosil. Di dalam game tersebut, bahan bakar dihasilkan dari alga.

Adapun di dunia nyata saat ini, penggunaan bahan bakar yang berasal dari alga mulai dipasarkan pada tahun 2012 silam. Artinya, sekitar 22 tahun setelah game tersebut dirilis, baru kemudian apa yang diprediksikan Kojima menjadi kenyataan.

Solid Snake - wallpapercave - GAMELAB.ID

6. Prediksi Cloud Gaming

Pada tahun 2010, Kojima sudah memprediksikan bahwa suatu saat akan muncul game berbasis cloud. Sehingga, di masa depan gamers dapat memainkan game favorit dari platform mana saja yang mereka sukai.

Saat ini, cloud gaming mulai marak. Berbagai perusahaan game besar berlomba untuk menciptakan cloud gaming. Sebut saja ada Google Stadia, PlayStation Now hingga NVIDIA GeForce Now. Lagi-lagi, prediksi Kojima menjadi kenyataan.

7. Prediksi Lockdown dan Ancaman Tak Terlihat

Di dalam game Death Stranding yang rilis hanya beberapa bulan sebelum pandemi Covid-19, ada beberapa fakta yang menarik. Di dalam game ini, Kojima menggambarkan adanya kondisi lockdown dan manusia dalam keadaan terisolasi.

Death Stranding sendiri secara konsep tidak ada hubungan sama sekali dengan pandemi Covid-19. Hanya saja, apa yang digambarkan dalam game sama persis dengan peristiwa lockdown karena Covid-19.

Misalnya saja, di dalam Death Stranding, seorang kurir bernama Sam memiliki peranan sangat penting. Begitu juga saat terjadi lockdown, kurir adalah orang yang penting dan bisa dikatakan sebagai penyelamat. Inilah yang membuat banyak orang menyamakan antara kondisi di Death Stranding dengan peristiwa lockdown karena pandemi Covid-19 yang lalu.

Death Stranding - wallpapercave - GAMELAB.ID

Baca Juga : Memperkuat Ekosistem Gim Lokal, Pemerintah Indonesia Luncurkan Kampanye #AyoHARGAI 2024

Penutup

Hideo Kojima adalah gambaran dari seorang kreator atau pencipta game yang sukses. Tentunya, kamu juga memiliki kesempatan untuk menjadi kreator game. Siapa tahu, suatu saat nanti kamu dapat menciptakan berbagai game fenomenal yang disukai gamers dari seluruh dunia.

Tapi sebuah mimpi yang besar harus dibangun dengan langkah kecil terlebih dahulu. Untuk menjadi seorang kreator game profesional, kamu perlu belajar tentang game dan cari tahu bagaimana menjadi game developer sukses.

Kamu bisa memulainya dengan mengikuti kelas Membuat Game dengan Construct untuk Menjadi Pengembang Game di GAMELAB.ID terlebih dahulu. Selanjutnya, jika kamu sudah menguasai beberapa teknik dasar, kamu bisa melanjutkan mengikuti kelas Mengembangkan Game Menggunakan Unity Engine untuk Menjadi Game Developer. Yuk, buruan daftar sekarang.

 

 

Sumber gambar:

- Instagram Hideo Kojima

- Wallpapercave.com


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Rabu, 1 Februari 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI