BERITA SMK 8 Jurusan Kuliah Paling Favorit untuk Anak SMK dan Daftar Kampusnya

8 Jurusan Kuliah Paling Favorit untuk Anak SMK dan Daftar Kampusnya

Oleh Syamsul Arifin | Senin, 13 Februari 2023

8 Jurusan Kuliah Paling Favorit untuk Anak SMK dan Daftar Kampusnya

Jurusan kuliah untuk anak SMK ada banyak pilihan. Kamu bisa memilih satu dari 8 daftar jurusan kuliah berikut ini untuk meningkatkan skills yang telah kamu dapatkan sewaktu sekolah di SMK.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Anak SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) dibekali dengan berbagai keterampilan agar setelah lulus nanti, mereka siap bekerja. Tapi, sebagian anak SMK ada juga yang memilih mempertajam keterampilan tersebut di Perguruan Tinggi. Bagi kamu yang berencana kuliah, jurusan kuliah berikut ini patut kamu pertimbangkan.

8 Jurusan Kuliah untuk Anak SMK

Jika kamu merasa cocok dengan jurusan SMK yang kamu pilih sekarang, maka tidak ada salahnya untuk melanjutkan jurusan tersebut di Perguruan Tinggi. Setidaknya, daftar jurusan kuliah di bawah ini sangat cocok untuk kamu sebagai anak SMK yang berencana untuk kuliah.

1. Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV)

Jurusan SMK DKV atau Desain Komunikasi Visual menjadi salah satu jurusan SMK paling favorit. Kamu yang sudah mengambil jurusan DKV di SMK, dapat mempertajam skills kamu dengan memilih jurusan kuliah DKV di Perguruan Tinggi.

Pada jurusan kuliah DKV, kamu belajar bagaimana menggunakan elemen visual untuk menyampaikan sebuah pesan. Beberapa mata kuliah di jurusan DKV adalah seperti copywriting, visual branding, tipografi dan nirmana. 

Lulusan jurusan kuliah DKV dapat bekerja di lembaga pemerintah misalnya BEKRAF, agensi periklanan, rumah produksi dan lain-lain. 

Adapun kampus yang memiliki jurusan kuliah DKV, antara lain:

- Universitas Bina Nusantara (Binus University)

- Universitas Negeri Makassar (UNM)

- Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) Solo

- Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta

- Institut Teknologi Bandung (ITB)

- Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar

- Universitas Negeri Malang (UM)

- Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya

2. Jurusan Teknik Informatika

Kamu pernah membayangkan membuat aplikasi yang diunduh hingga jutaan orang? Jurusan kuliah Teknik Informatika dapat menjadi opsi terbaik untuk kamu tekuni setelah lulus SMK nanti

Di sini, kamu akan belajar banyak hal tentang kecerdasan buatan (Artificial Intelligence), pemrograman, algoritma komputer dan lain sebagainya. Jurusan kuliah Teknik Informatika (TI) sangat cocok buat kamu yang menyukai praktik daripada teori.

Lulus dari jurusan kuliah Teknik Informatika, kamu dapat bekerja sebagai programmer, konsultan IT, software engineer dan lain sebagainya di perusahaan pemerintah ataupun swasta. Bahkan kamu juga dapat membuka jasa pemrograman sendiri.

Beberapa pilihan kampus dengan jurusan kuliah Teknik Informatika, antara lain:

- Institut Teknologi Bandung (ITB)

- Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung

- Universitas Diponegoro (Undip) Semarang

- Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya

- Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

- Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta

Jurusan Kuliah Paling Favorit untuk Anak SMK - GAMELAB.ID

3. Jurusan Akuntansi

Apakah kamu sekarang memilih Akuntansi sebagai jurusan SMK favorit? Tertarik untuk bekerja sebagai akuntan profesional yang melayani konsultasi pajak hingga layanan manajemen lainnya? Maka jurusan kuliah yang cocok untuk kamu pilih adalah Akuntansi.

Seorang akuntan profesional selalu dibutuhkan oleh berbagai perusahaan termasuk perusahaan ternama. Bahkan, fresh graduate sekalipun memiliki banyak peluang untuk menjadi seorang akuntan di perusahaan . 

Sebagai informasi, akuntan adalah salah satu jenis pekerjaan yang terus dibutuhkan. Ini karena sebuah perusahaan tidak akan lepas dari aktivitas ekonomi dan pajak terhadap pemerintah. Besaran pajak yang dikeluarkan perusahaan sendiri tergantung dari besaran pendapatan yang mereka terima.

Kampus dengan jurusan kuliah Akuntansi, antara lain seperti:

- Universitas Indonesia (UI)

- Universitas Airlangga (Unair)

- Universitas Bina Nusantara (Binus University)

- Universitas Gadjah Mada (UGM)

- Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

- Universitas Sebelas Maret (UNS)

- Universitas Negeri Malang (UM)

- Universitas Brawijaya (UB)

- Universitas Negeri Semarang (UNNES)

4. Jurusan Sekretaris

Bagi kamu yang saat ini memilih jurusan SMK Administrasi Perkantoran, dapat melanjutkan studi kamu di Perguruan Tinggi dengan memilih jurusan kuliah S1 Sekretaris. Pekerjaan sebagai sekretaris dibutuhkan di semua bidang perusahaan karena berhubungan dengan administrasi perkantoran.

Pada saat memilih jurusan kuliah Sekretaris, kamu akan belajar bagaimana mengelola dokumen dengan komputer, cara berpakaian, belajar berbahasa asing, belajar etika dan lain-lain. Ya, bukan hanya hard-skills saja, tetapi seorang sekretaris juga perlu menguasai beberapa soft-skills karena akan menjalin koneksi dengan para pendiri perusahaan.

Kampus dengan jurusan sekretaris, antara lain:

- Universitas Sumatera Utara

- Universitas Negeri Makassar

- Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretaris Tarakanita

- Universitas Budi Luhur

- Universitas Jenderal Soedirman

- Politeknik Mitra Kusuma (Bekasi)

- Universitas Pamulang (Banten)

- Universitas Bengkulu

- Universitas Negeri Jakarta

- Universitas Mulawarman (Samarinda)

Jurusan Kuliah Paling Favorit untuk Anak SMK - GAMELAB.ID

5. Jurusan Broadcasting

Di zaman serba konten seperti sekarang, jurusan SMK dan jurusan kuliah Broadcasting makin diminati. Jika kamu melanjutkan jurusan ini pada Perguruan Tinggi, kamu akan belajar lebih banyak tentang menyunting video, menggali ide kreatif, teknik olah suara dan lain-lain. Bahkan, kamu dapat bekerja menjadi copywriter, social media specialist, produser acara dan masih banyak lagi.

Karier kamu bisa sebagai youtuber atau pekerja lepas, bekerja di industri perfilman, media online, production house, televisi dan banyak lagi. Peluang untuk memiliki karier cemerlang di masa yang akan datang sangat luas bagi kamu yang memilih jurusan kuliah Broadcasting.

Adapun kampus yang memiliki jurusan kuliah Broadcasting adalah sebagai berikut:

- Universitas Indonesia (D3)

- Universitas Esa Unggul

- London School Public Relation

- Universitas Paramadina

- Sekolah Tinggi Multimedia MMTC Yogyakarta

- Universitas Sahid (D3)

- Universitas Padjadjaran (S1)

- Universitas Mercu Buana (S1)

- Universitas Paramadina (S1)

- Binus University (S1)

6. Jurusan Marketing atau Pemasaran

Selanjutnya, jurusan kuliah yang bisa kamu ambil adalah jurusan Marketing atau Pemasaran. Di sini, kamu akan belajar tentang kewirausahaan, strategi pasar dan bagaimana membaca peluang di dunia bisnis. 

Oleh sebab itu, prospek kerjanya sangat luas karena kamu bisa bekerja di sektor apa saja mengingat semua industri membutuhkan seorang marketer yang ahli. Selain itu, buat kamu yang memilih jurusan kuliah Marketing atau Pemasaran, kamu bisa mulai belajar digital marketing. Skills digital marketing sendiri sangat dibutuhkan di semua sektor industri atau bisnis saat ini.

Beberapa kampus yang memiliki jurusan kuliah Marketing atau Pemasaran, antara lain:

- Universitas Indonesia

- Universitas Pelita Harapan

- Universitas Katolik Atma Jaya

- Prasetiya Mulya Business School

- Telkom University

- Universitas Padjajaran

- Universitas Trisakti

- Universitas Gadjah Mada

Jurusan Kuliah Paling Favorit untuk Anak SMK - GAMELAB.ID

7. Jurusan Animasi

Jurusan kuliah Animasi saat ini terus diminati banyak lulusan SMK saat ini. Ini karena industri film animasi karya anak negeri makin diminati. Nantinya, kamu dapat bekerja sebagai seorang animator di perusahaan swasta atau bahkan membuat Channel YouTube sendiri yang berisi karya-karya animasi kamu.

Di antara kampus yang memiliki jurusan kuliah Animasi adalah seperti berikut:

- Universitas Negeri Malang (UM)

- Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta

- Sekolah Tinggi Multi Media (STMM) MMTC Yogyakarta

- Universitas Dian Nuswantoro (Udinus)

- Universitas Negeri Padang (UNP)

- Politeknik Negeri Batam (Polibatam)

8. Jurusan Multimedia

Kamu yang mengambil jurusan kuliah Multimedia akan belajar lebih jauh tentang multimedia, game, pengembangan web (web developer). Nah, di era digital ini, banyak sekali jenis pekerjaan yang bisa kamu tekuni ketika memilih jurusan Multimedia.

Oleh sebab itu, peluang untuk bekerja di berbagai perusahaan pun sangat terbuka lebar. Kamu bisa bekerja di perusahaan yang fokus di bidang web, perusahaan game dan banyak lagi. Bahkan, kamu juga bisa membuka jasa pembuatan dan pemeliharaan website atau membuat game sendiri.

Berikut ini beberapa kampus yang memiliki jurusan kuliah Multimedia, antara lain:

- Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

- Universitas Telkom

- Politeknik Negeri Sriwijaya

- Politeknik Negeri Jakarta

- Universitas Dinamika

- Universitas Multimedia Nusantara (UMN)

- Politeknik Negeri Medan

- Sekolah Tinggi Multimedia Yogyakarta

- Institute Teknologi Surabaya (ITS)

- Universitas Bina Nusantara

Jurusan Kuliah Paling Favorit untuk Anak SMK - GAMELAB.ID

Baca Juga : Serunya Kunjungan Industri, Buktinya SMKN 1 Majalengka Kunjungan Kali Ketiga ke Gamelab Indonesia

Penutup

Tertarik untuk melanjutkan studi dengan memilih daftar jurusan kuliah di atas? Nah, sebelum kamu melanjutkan studi di kampus, ada baiknya untuk meningkatkan skills dengan magang terlebih dahulu di GAMELAB.ID.

Magang online di GAMELAB.ID tidak hanya untuk anak SMK yang akan melanjutkan kuliah, tetapi juga untuk kamu yang sudah kuliah tapi masih merasa perlu optimasi skills tertentu. Kamu bisa melihat daftar kelas magang online di GAMELAB.ID di sini.

Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar kelas atau magang online di GAMELAB.ID kamu bisa menghubungi Tim GAMELAB.ID di sini. Yuk, segera daftar kelas online di GAMELAB.ID sekarang.


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Senin, 13 Februari 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI