BERITA BERITA GAME Mengenal A Space for the Unbound, Game Indonesia yang Puncaki Steam!

Mengenal A Space for the Unbound, Game Indonesia yang Puncaki Steam!

Oleh Syamsul Arifin | Kamis, 9 Maret 2023

Mengenal A Space for the Unbound, Game Indonesia yang Puncaki Steam!

A Space for the Unbound adalah game yang sedang ramai diperbicangkan karena dibuat oleh anak bangsa dan berhasil meraih posisi puncak di Steam! Game ini pun mendapat banyak penghargaan.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Baru-baru ini, akun Instagram Kemenparekraf.ri membuat postingan tentang game asal Indonesia yang berhasil menduduki peringkat teratas di Steam. Game tersebut bernama A Space for the Unbound.

A Space for the Unbound Dapat Banyak Respon Positif

Game yang secara resmi diluncurkan pada tanggal 19 Januari 2023 ini, berhasil mencuri perhatian dunia. Berbagai ulasan positif dan pujian pun ditujukan untuk game yang menampilkan suasana Indonesia pada tahun 90-an.

Game buatan Mojiken Studio dan Toge Production ini menceritakan tentang dua remaja SMA yang sedang mengalami fase pendewasaan. Adapun yang menjadi latar game adalah suasana khas perkampungan di Indonesia pada tahun 90-an. 

Sebelum rilis, game A Space for the Unbound ini pun mendapatkan berbagai penghargaan. Misalnya seperti Grand Prix Award di Sense of Wonder Night, Tokyo Game Show 2020, Best Storytelling di SEA Games Awards 2020 dan Future Division di Japan Game Awards 2022.

A Space for the Unbound - Steam - GAMELAB.ID

Alasan A Space for the Unbound Jadi Salah Satu Game Terbaik

A Space for the Unbound bukan hanya menjadi perhatian di luar negeri, tetapi juga di dalam negeri. Pencarian game ini di mesin pencari Google pun sudah ribuan. Memang, ada beberapa alasan kenapa game A Space for the Unbound bisa menjadi salah satu game terbaik. Berikut alasannya:

1. Menghadirkan Nilai Nostalgia

Game A Space for the Unbound menghadirkan grafis yang memiliki nilai nostalgia tinggi karena desain gambarnya berupa pixel art. Gaya anime dari karakternya juga semakin menguatkan kesan game jadul pada tahun 90-an.

Nuansa dan cerita game A Space for the Unbound pun sangat kental dengan kesan nostalgia yang disukai para pemain. Di dalam game kamu bisa melihat poster-poster, pos ronda, lagu keroncong, penjual cimol bahkan warung kelontong yang dibuat khusus oleh sosok terampil, Masdito Bachtiar.

A Space for the Unbound telah berhasil menghadirkan pesan dengan gambaran akurat tentang kisah perjuangan masyarakat saat itu. Belum lagi adanya sentuhan politik yang terjadi di masa itu makin menguatkan nuansa dan pesan dari game tersebut.

A Space for the Unbound - Steam - GAMELAB.ID

2. Berhasil Membuat Pemain Betah

A Space for the Unbound memiliki gaya desain retro sehingga tidak akan membuat bosan para pemain. Mekanisme game pun beragam yang pada akhirnya membuat pemain semakin betah berlama-lama bermain game ini.

Misalnya seperti memecahkan kasus sederhana dengan mencari objek tertentu, game bertarung (fighting) hingga misi seperti yang ada di Metal Gear Solid, yakni stealth mission. Game ini dapat membuat kamu semakin tenggelam dengan alur cerita, karakter, desain grafis, musik dan semuanya.

3. Bersanding dengan Game Dunia Lain

Sejak dirilis di platform Steam untuk PC, A Space for the Unbound mendapatkan respon positif. Sekitar 99% persen memberikan ulasan yang menyebut mereka puas dengan semua yang ada di dalam A Space for the Unbound.

Wajar jika kemudian A Space for the Unbound meraih penghargaan internasional pada Japan Game Award dengan kategori Future Division. A Space for the Unbound pun bersanding dengan game papan atas lain seperti Final Fantasy XVI, Sonic Frontiers dan Street Fighter 6.

A Space for the Unbound - Steam - GAMELAB.ID

Game Karya Anak Bangsa Lain yang Mendunia

Selain A Space for the Unbound, ternyata sudah banyak game anak bangsa lainnya yang juga mendapatkan penghargaan internasional. Salah satunya adalah startup Educa Studio yang berhasil membuat berbagai game dan aplikasi edukasi yang telah meraih berbagai penghargaan.

Beberapa produk dari Educa Studio misalnya seperti game edukasi Marbel (Mari Belajar), aplikasi Riri Cerita Anak Interaktif, aplikasi Kabi (Kisah Sahabat Nabi) dan lain-lain. Adapun beberapa penghargaannya adalah seperti Pemenang Utama Krenova 2020 - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Riri Storybooks), Nomination International Excellence Award London Book Fair 2019, Top 100 Apps & Games Global Tizen Mobile APP Incentive Program 2017 dan lain-lain.

Game Edukasi Educa Studio - GAMELAB.ID

Baca Juga : Toge Productions dan Mojiken Studio: Kisah Kesuksesan Studio Game Indonesia yang Menggebrak Dunia!

Penutup

Game A Space for the Unbound memang telah berhasil mencuri perhatian gamers dari seluruh dunia, bukan hanya di Indonesia. Begitu juga dengan produk digital dari Educa Studio seperti yang sudah disebutkan di atas. Artinya, kamu pun bisa menjadi game developer dan menciptakan game fenomenal dan disukai banyak gamers dari seluruh dunia.

Kamu hanya perlu fokus untuk meningkatkan skills kamu di bidang pengembangan game. Beruntungnya, kamu dapat memilih beberapa kelas online GAMELAB.ID yang fokus mengulas tentang game. 

Beberapa kelas tersebut seperti Membuat Game Dengan Construct Untuk Menjadi Programmer Game Komputer, Membuat Game Dengan Scratch Untuk Menjadi Programmer Multimedia dan Mengembangkan Game Menggunakan Unity Engine untuk Menjadi Game Developer. Yuk, segera daftar kelasnya. Jika masih ada pertanyaan, klik link ini untuk terhubung dengan Tim GAMELAB.ID.

 

Sumber gambar: Steam


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Kamis, 9 Maret 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI