BERITA SMK Lulus SMK/SMA, Pilih Kuliah atau Kerja Dulu? Ini Daftar Pertimbangannya!

Lulus SMK/SMA, Pilih Kuliah atau Kerja Dulu? Ini Daftar Pertimbangannya!

Oleh Syamsul Arifin | Rabu, 15 Maret 2023

Lulus SMK/SMA, Pilih Kuliah atau Kerja Dulu? Ini Daftar Pertimbangannya!

Lulusan SMK/SMA biasanya cukup bingung ketika ditanya lebih pilih kuliah atau kerja dulu. Sekarang, kamu tidak perlu bingung lagi. Beberapa pertimbangan berikut ini akan membantu kamu memutuskan pilihan yang tepat.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Setelah lulus dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) atau Sekolah Menengah Atas (SMA), kamu mungkin masih bingung mau pilih kuliah atau kerja. Tenang, hal ini wajar dan di luar sana banyak juga yang merasakan hal yang sama dengan kamu memilih kerja atau kuliah dulu.

Kuliah atau Kerja Dulu?

Jika kamu masih bingung dengan pilihan kuliah atau kerja dulu, maka beberapa pertimbangan ini dapat membantu kamu menentukan pilihan secara tepat. Sebelum itu, kamu harus tahu bahwa pilihan kerja atau kuliah pada akhirnya kembali ke kebutuhan masing-masing. Sebab, setiap dari kamu pasti memiliki alasan tersendiri.

Oleh sebab itu, ketika kamu memilih kerja dulu atau bahkan kuliah dulu, hal yang patut kamu perhatikan adalah diri kamu sendiri. Tapi memang benar, jika memutuskan untuk memilih salah satunya tanpa pertimbangan yang tepat adalah sebuah kesalahan. Oleh sebab itu, kamu perlu membaca beberapa pertimbangan yang akan dibahas di bawah ini.

Pilihan Kerja Sebelum Kuliah

Mungkin baru sedikit yang tahu jika kuliah bisa kamu lakukan di usia berapa saja. Oleh sebab itu, tidak sedikit lulusan SMK/SMA yang memilih untuk kerja dulu baru kemudian kuliah. Biasanya, jaraknya tidak terlalu lama. Misalnya kamu bekerja selama 3 tahun, baru kemudian memilih untuk bekerja.

Keuntungan Kerja Dulu Baru Kuliah

Jika kamu memilih kerja dulu baru kemudian kuliah, maka ada beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan. Apa saja? Simak di bawah ini ya!

1. Memberi Pengalaman Kerja

Ketika lulusan SMK/SMA kemudian kamu bekerja, maka kamu akan memiliki pengalaman kerja. Sehingga, setelah lulus kuliah nanti kamu sudah bisa mengisi CV (Curriculum Vitae) dengan pengalaman kerja sebelumnya. Dengan demikian, peluang diterima kerja setelah kuliah pun sangat besar.

Selain itu, pengalaman kerja yang sudah kamu miliki juga dapat membantu kamu untuk mendapatkan beasiswa saat kuliah nanti. Beberapa program beasiswa memiliki persyaratan seperti pengalaman organisasi, magang atau bahkan kerja seperti kerja part time.

Kuliah atau Kerja Dulu - GAMELAB.ID

2. Memiliki Penghasilan Sendiri

Ada yang mengatakan, kenapa harus menunggu lulus kuliah dulu baru berpenghasilan jika setelah lulus SMK/SMA kamu sudah bisa memiliki penghasilan? Iya, memilih bekerja sebelum kuliah membuat kamu bisa memiliki penghasilan sendiri. Ada yang menggunakan penghasilan kerja ini untuk biaya kuliah juga lho.

Sedangkan untuk yang kuliahnya masih dibiayai orang tua, kamu dapat menggunakan uang hasil kerjamu untuk ditabung. Dengan alasan ini pula, ada yang memilih bekerja dulu sebelum akhirnya memutuskan untuk kuliah.

3. Mudah untuk Adaptasi Kerja

Tidak sedikit yang merasa ‘kaget’ ketika terjun ke dunia kerja. Bahkan, yang lulusan perguruan tinggi pun bisa saja merasa kaget ketika merasakan dunia kerja secara nyata. Ini karena suasana di lingkungan kerja berbeda dengan lingkungan di kampus.

Sehingga, ketika kamu memilih kerja dulu baru kemudian kuliah, kamu akan lebih mudah untuk adaptasi di lingkungan kerja. Artinya, setelah lulus kuliah nanti, kamu akan lebih mudah untuk adaptasi dan optimasi skills sehingga jenjang karier pun akan terus meningkat.

Kekurangan Kerja Dulu Baru Kuliah

Selain beberapa keuntungan di atas, ternyata pilihan kerja dulu baru kuliah pun memiliki beberapa kekurangan. Di antara kekurangan tersebut adalah:

1. Tidak Banyak Pilihan Kerja

Lulusan SMK/SMA memiliki peluang kerja yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan lulusan perguruan tinggi. Ini jika dilihat banyaknya lowongan kerja yang memiliki persyaratan lulusan S1. Lulusan S1 memiliki peluang kerja yang lebih banyak karena bisa diterima di berbagai bidang atau industri.

2. Jenjang Karier Terbatas

Lulusan SMK/SMA memang bisa saja memiliki karier bagus saat kerja di perusahaan. Tapi, untuk bisa naik hingga ke level yang bersifat manajerial akan lebih susah. Ini terjadi karena untuk meniti karir yang lebih tinggi di perusahaan, syarat ijazah S1 dan S2 dibutuhkan.

Apalagi jika karier yang kamu kejar mengharuskan skills tertentu yang hanya didapatkan ketika kamu kuliah. Untuk itu, lulusan SMK/SMA akan kesulitan untuk terus meniti karier, kecuali dengan melanjutkan kuliah terlebih dahulu.

3. Potensi Gaji Kecil

Memang tidak selalu, tapi rata-rata lulusan SMK/SMA mendapatkan gaji yang lebih kecil jika dibandingkan dengan lulusan perguruan tinggi. Tapi, ini tidak masalah jika tujuan kamu adalah untuk mencari pengalaman.

Kuliah atau Kerja Dulu - GAMELAB.ID

Pilihan Kuliah Sebelum Kerja

Selain kerja dulu baru kuliah, sebagai lulusan SMK/SMA, kamu juga perlu tahu beberapa pertimbangan ketika memilih kuliah dulu baru kerja. Tentu saja, ada beberapa keuntungan dan kerugian dari pilihan ini.

Keuntungan Kuliah Dulu Baru Kerja

Jika kamu memilih untuk berkuliah dulu baru kemudian bekerja, maka ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Misalnya seperti berikut ini:

1. Memiliki Jalur Karier Tinggi

Lulusan perguruan tinggi memiliki kesempatan yang lebih besar untuk meniti karier potensial. Sehingga kamu pun bisa mengincar beberapa jabatan atau posisi seperti eksekutif, manajerial hingga ahli. Jabatan ini biasanya memiliki persyaratan berupa lulus dari perguruan tinggi.

2. Penghasilan Lebih Besar

Memang tidak selalu, tapi lulusan perguruan tinggi biasanya memiliki penghasilan yang lebih besar ketika bekerja di perusahaan jika dibandingkan dengan lulusan SMK/SMA. Apalagi potensi kariernya juga jauh lebih tinggi sehingga penghasilan yang didapatkan pun akan lebih besar.

3. Pilihan Karier Lebih Luas

Berbeda dengan lulusan SMK/SMA yang memilki pilihan karier lebih sedikit, lulusan perguruan tinggi memiliki pilihan karier lebih luas. Artinya, jika kamu tidak diterima di satu perusahaan di bidang marketing misalnya, kamu bisa mencoba perusahaan lain di bidang lainnya.

Ada lebih banyak jenis pekerjaan yang dapat dipilih oleh kamu yang lulusan perguruan tinggi. Bahkan, jika kamu tidak diterima di area teknis di perusahaan, kamu bisa menempati posisi area manajerial.

Kuliah atau Kerja Dulu - GAMELAB.ID

Kekurangan Kuliah Dulu Baru Kerja

Selain keuntungan yang bisa kamu dapatkan di atas, ternyata pilihan kuliah dulu baru kerja memiliki beberapa kekurangan. Misalnya seperti berikut ini:

1. Pengalaman Kerja Minim

Kamu yang memilih kuliah dulu baru kemudian bekerja, otomatis pengalaman kerjanya juga minim. Ini karena waktu selama kamu kuliah digunakan untuk belajar dan mengerjakan tugas-tugas di kampus. Sehingga kesempatan untuk bekerja pun sangat kecil.

2. Menghabiskan Biaya Lebih Besar

Biaya untuk kuliah itu tidak sedikit. Apalagi, jika kamu memilih kuliah di luar kota atau bahkan luar provinsi hingga luar pulau. Kamu membutuhkan biaya untuk transport, biaya kos hingga biaya hidup selama kuliah. 

Tentu saja, kamu juga harus membayar kuliah dan membeli segala peralatan dan perlengkapan untuk kuliah mulai dari laptop, buku bahkan sepeda motor jika jarak kampus dan kos jauh. Semua ini membutuhkan biaya yang besar.

Baca Juga : SMK Miftahul Huda Siap Hadapi Industri Masa Depan dengan Kunjungan ke Gamelab Indonesia

Penutup

Pilihan kuliah dulu baru kerja atau kerja dulu baru kuliah, memang harus mempertimbangkan banyak hal. Kamu tidak perlu memaksakan diri untuk kuliah dulu baru bekerja jika kamu merasa biayanya akan tinggi. Sebaliknya, jangan merasa rendah diri juga jika kamu harus kerja dulu baru kemudian kuliah. 

Tetapi, jika biaya kuliah bukanlah masalah bagi kamu, dan kamu memilih kuliah dulu baru kerja pun bisa jadi pilihan tepat. Yang jelas, semua ini harus kamu pertimbangkan dengan matang. Satu hal lagi, yang paling penting adalah kamu dapat melakukan optimasi skills, baik itu nantinya kerja dulu atau kuliah dulu.

Kamu bisa memilih Kelas Online di GAMELAB.ID dengan berbagai pilihan materi sesuai passion. Buat kamu yang memiliki saldo Prakerja, kamu juga bisa memanfaatkan saldo Prakerja untuk membeli Kelas Prakerja di GAMELAB.ID. Untuk informasi lebih lanjut tentang Kelas Online dan Kelas Prakerja di GAMELAB.ID, kamu bisa klik link ini.


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Rabu, 15 Maret 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI