BERITA BERITA GAME Mengenal Sosok Kreatif di Balik Kesuksesan Game Balap Ace Racer

Mengenal Sosok Kreatif di Balik Kesuksesan Game Balap Ace Racer

Oleh Syamsul Arifin | Jumat, 24 Maret 2023

Mengenal Sosok Kreatif di Balik Kesuksesan Game Balap Ace Racer

Game Ace Racer sedang hits di tanah air dan di berbagai belahan dunia. Game ini baru rilis beberapa hari yang lalu dan sudah diunduh hingga lebih dari 40 juta kali. Tapi, siapa sosok di balik kesuksesan game ini? Simak ya!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Baru saja dirilis beberapa hari lalu, game balap Ace Racer langsung mendapatkan perhatian gamers dari seluruh dunia. Hingga saat ini, Ace Racer telah diunduh lebih dari 40 juta kali. Tentunya, kesuksesan Ace Racer ini tidak bisa lepas dari sosok kreatif yang ada di baliknya. Yuk, kenali lebih jauh sosok kreatif yang ada di balik game Ace Racer.

Sosok Kreatif Ace Racer Lulusan Magister Ekonomi

Jika kamu bertanya, siapa yang ada di balik kesuksesan game Ace Racer? Tentu saja, ini tidak bisa lepas dari sosok kreatif yang mengerjakan proyek tersebut. Ia adalah Jiang Yuyuan. Apakah dia lulusan game programming? Ternyata bukan, dia justru memiliki gelar Magister Ekonomi.

Walau demikian, skills Jiang Yuyuan di bidang game programming tidak diragukan lagi. Itulah kenapa NetEase merekrutnya. Di NetEase, Jiang Yuyuan memulai karirnya dengan mengerjakan proyek game online atau MMORPG (Massively Multiplayer Online Role-Playing Game). 

Kemudian, di tahun 2018 dia memberanikan diri untuk mencoba game balap yang belum pernah dibuat NetEase. Beruntungnya, pihak NetEase mengabulkan permintaannya dan sejak itu lahirlah game fenomenal bernama Ace Racer.

Sosok Kreatif Game Ace Racer- GAMELAB.ID

Pengemasan Game Lebih Menarik

Tentunya kamu sudah tahu kan game dengan genre racing? Di industri game racing, beberapa yang paling terkenal adalah seperti Need for Speed Most Wanted, Asphalt dan banyak lagi lainnya. Untuk itu, Ace Racer hadir dengan kemasan yang lebih menarik dan berbeda tanpa harus meninggalkan genre utamanya, yakni racing.

Dengan dukungan penuh dari tim Research and Development, Jiang Yuyuan dapat melakukan observasi apa saja yang dibutuhkan untuk meningkatkan Ace Racer. Hasilnya, terdapat tiga hal yang membuat Ace Racer berbeda dengan game genre racing lainnya.

Pertama, desainer game harus mencoba membuat game dengan sudut pandang pemain. Kedua, desainer di NetEase juga harus melakukan evaluasi apa saja untuk menyempurnakan Ace Racer. Terakhir, desainer game juga harus memahami apa saja yang dibutuhkan dan diinginkan pemain.

Salah satu yang paling menantang adalah ketika Jiang Yuyuan dan tim mencoba menyempurnakan mekanisme drifting. Dia dan timnya bahkan telah mencoba evaluasi hingga ribuan kali match untuk mendapatkan mekanisme drift yang sempurna di Ace Racer.

Sosok Kreatif Game Ace Racer- GAMELAB.ID

Implementasi Lisensi untuk Pemain Handal

Mekanisme drifting di Ace Racer cukup unik dan berbeda dengan game balap lainnya. Kamu mungkin saja jago bermain game balap lain, tapi di Ace Racer kamu perlu adaptasi terlebih dahulu. Dengan alasan inilah, Jiang Yuyuan memutuskan untuk membuat lisensi bagi para pemainnya.

Ace Racer memiliki beberapa tingkatan lisensi yang menunjukkan skills dari para pemainnya. Ada lisensi C untuk pemain pemula, lisensi B, lisensi A dan lisensi S untuk kamu yang haus akan kompetisi.

Menariknya lagi, di Ace Racer pemain harus menyelesaikan rangkaian tes untuk mendapatkan lisensi sesuai dengan skills yang dimiliki. Semakin tinggi lisensinya, maka tingkatan tesnya juga semakin sulit. Artinya, pemain dengan lisensi tinggi berarti memiliki skills yang tinggi pula.

Jiang Yuyuan Pilih Mobil Otentik

Game dengan genre balap biasanya memilih untuk membuat model mobil sendiri. Tetapi, Ace Racer memilih untuk mengadopsi model mobil otentik seperti yang ada di dunia nyata. Jiang Yuyuan memilih mobil otentik dengan berbagai alasan. Salah satunya adalah agar pemain benar-benar dapat merasakan sensasi balap yang dapat memuaskan sensasi para pemainnya.

Beberapa model mobil otentik yang dihadirkan di Ace Racer adalah seperti McLaren, Nissan, BMW, Aston Martin, Volkswagen, Porsche dan lain-lain. Dengan demikian, game ini tidak hanya disukai oleh para gamers tetapi juga para pecinta otomotif yang ingin mengoleksi mobil-mobil mewah di Ace Racer.

Walau demikian, bukan berarti Ace Racer tidak menghadirkan game unik yang tidak ada di dunia nyata. Ada banyak model mobil unik yang hanya ada di Ace Racer dan siap kamu mainkan. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mencoba game Ace Racer atau lebih tertarik untuk menjadi game developer?

Sosok Kreatif Game Ace Racer- GAMELAB.ID

Baca Juga : Toge Productions dan Mojiken Studio: Kisah Kesuksesan Studio Game Indonesia yang Menggebrak Dunia!

Penutup

Game Ace Racer memang sedang hits di berbagai belahan dunia termasuk di Indonesia. Sebentar lagi, kamu mungkin bisa melihat gamers tanah air melakukan streaming ketika bermain Ace Racer.

Tetapi, sekali lagi, jika saat ini kamu tertarik dengan dunia game programming tidak ada salahnya untuk mengasah skills menjadi game developer. Kabar baiknya, di GAMELAB.ID kamu juga bisa mengasah dan meningkatkan keterampilan kamu untuk menjadi game developer.

Setidaknya, kamu dapat mempelajari berbagai materi game developer pemula hingga tingkat lanjut. Berikut ini beberapa kelas game di GAMELAB.ID:

1. Membuat Game dengan Construct untuk Menjadi Pengembang Game

2. Pengembangan Game Tingkat Mahir Menggunakan Unity

3. Belajar Pemrograman Grafis untuk Game dan Animasi

4. Mengembangkan Game Menggunakan Unity Engine untuk Menjadi Game Developer

5. Membuat Game Dengan Construct Untuk Menjadi Programmer Game Komputer

6. Belajar Membuat Game Edukasi Menggunakan Construct

Yuk, segera daftar beragam kelas seputar game di GAMELAB.ID sekarang. Kamu juga bisa manfaatkan Promo dan Diskon yang saat ini sedang berlaku. Tunggu apalagi? Jika kamu masih punya pertanyaan, silakan hubungi Tim GAMELAB.ID dengan klik ini.


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Jumat, 24 Maret 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI