BERITA SMK 8 Profesi Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) Bergaji Besar!

8 Profesi Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) Bergaji Besar!

Oleh Syamsul Arifin | Jumat, 7 April 2023

8 Profesi Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) Bergaji Besar!

Memilih jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) atau TJKT (Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi) di SMK adalah keputusan yang tepat. Kamu bisa memilih menjadi satu dari 9 profesi berikut ini di masa depan nanti. Apalagi, gaji yang ditawarkan mas

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Semua jurusan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) diformulasikan secara khusus untuk memenuhi kebutuhan industri atau dunia kerja. Begitu juga dengan jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), jurusan ini pun dipersiapkan untuk memiliki keterampilan yang kompeten dan berdaya saing di dunia kerja.

Profesi Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)

Buat kamu yang memilih jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) atau Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (TJKT), ada beberapa profesi yang bisa kamu tekuni di kemudian hari. Berikut daftarnya:

1. Programmer

Memilih jurusan TKJ/TJKT adalah keputusan yang tepat jika kamu ingin menjadi seorang programmer handal yang sukses. Pengembang perangkat lunak (software developer) atau programmer sangat dibutuhkan di era teknologi digital sekarang ini.

Kamu bisa bekerja di perusahaan IT atau teknologi termasuk perusahaan pembuatan game dan aplikasi seperti Educa Studio. Tentunya, peluang kerja menjadi programmer sangat terbuka lebar karena kamu bisa bekerja di perusahaan dalam dan luar negeri.

Kisaran gaji seorang programmer pun tidak main-main. Untuk programmer pemula, kamu bisa mendapatkan gaji sekitar Rp4-6 juta. Sedangkan programmer berpengalaman bisa digaji hingga dua digit.

2. Arsitek Jaringan Komputer

Berikutnya, profesi dari jurusan TKJ/TJKT yang bisa kamu pilih adalah arsitek jaringan komputer. Jika kamu ingin menjadi seorang arsitek jaringan komputer, maka wawasan kamu di bidang jaringan dan komputer harus di atas rata-rata.

Seorang arsitek jaringan komputer memiliki tugas untuk merancang serta menerapkan atau mengaplikasikan jaringan komputer dan informasi. Misalnya merancang dan menerapkan jaringan area lokal atau LAN, extranet, intranet, jaringan area luas atau WAN dan data jaringan komunikasi lainnya.

Seorang arsitek jaringan komputer berpotensi mendapatkan gaji dari Rp4,2 juta hingga lebih dari Rp7 juta.

3. Arsitek Sistem Komputer

Profesi selanjutnya yang bisa kamu pilih ketika fokus di jurusan TKJ/TJKT adalah menjadi seorang arsitek sistem komputer. Ya, selain arsitek jaringan, profesi arsitek sistem komputer juga menjadi pilihan terbaik untuk kamu yang saat ini memilih jurusan TKJ/TJKT.

Seorang arsitek sistem komputer memiliki tugas untuk membuat desain sekaligus mengembangkan solusi aplikasi terhadap permasalahan yang lebih kompleks. Selain itu juga mendesain dan mengembangkan solusi untuk masalah jaringan, masalah sistem administrasi dan lain-lain.

Gaji yang ditawarkan untuk seorang arsitek sistem komputer bervariasi, mulai dari Rp4,5 juta hingga lebih dari Rp8 juta. Bahkan, jika skills kamu di atas rata-rata dan sudah berpengalaman, gajinya bisa sampai dua digit.

4. Admin Database

Siswa lulusan SMK jurusan TKJ/TJKT juga dapat memilih menjadi seorang admin database. Seorang admin database memiliki tugas untuk mengelola, menguji hingga melaksanakan sistem database komputer. Dia juga memiliki tanggung jawab terhadap pengelolaan keamanan database tersebut.

Berapa besaran gaji seorang admin database atau database administration? Gaji yang ditawarkan cukup besar yakni Rp5,5 juta untuk level pemula. Sedangkan level profesional berpengalaman, gaji yang didapatkan bisa sampai dua digit.

Profesi Jurusan TKJ - GAMELAB.ID

5. Manajer Sistem Komputer dan Informasi

Jika kamu memilih Jurusan Teknik Jaringan dan Komputer, profesi yang bisa kamu tekuni berikutnya adalah manajer sistem komputer dan informasi. Tugasnya adalah membuat rencana, mengarahkan, mengkoordinasi kegiatan di beberapa bidang.

Misalnya di bidang teknologi informasi, pengolahan data elektronik, analisa sistem dan sistem informasi. Selain itu, yang menjadi tanggung jawab adalah pemrograman komputer agar lebih efektif dan efisien, efektivitas proses hingga efektivitas alur kerja perusahaan melalui teknologi informatika.

Seorang manajer sistem komputer dan informasi bisa mendapatkan gaji cukup fantastis. Kisaran gajinya adalah Rp5 juta hingga Rp13 juta. Tentu saja, besarnya gaji seorang manajer sistem komputer dan informasi ini tergantung dari skills dan pengalamannya.

6. Analis Sistem Komputer

Profesi ketujuh yang bisa kamu pilih ketika mengambil jurusan TKJ/TJKT adalah menjadi seorang analis sistem komputer. Seorang analis sistem komputer memiliki tugas dan tanggung jawab menganalisis masalah bisnis, teknis atau masalah lain yang berhubungan dengan pengolahan data.

Seorang analis sistem komputer pemula, berpotensi mendapatkan gaji sekitar Rp4,2 juta. Sedangkan untuk yang profesional dan berpengalaman, rentang gajinya antara Rp17 hingga Rp20 juta. Tentu saja, setiap perusahaan memiliki kebijakan masing-masing terkait besaran gajinya.

7. Data Scientist

Profesi data scientist sedang menjadi salah satu primadona saat ini. Sebab, gaji yang ditawarkan memang tidak main-main. Seorang data scientist bisa mendapatkan gaji hingga puluhan juta untuk yang berstatus profesional dan berpengalaman.

Ini karena tugas seorang data scientist cukup berat, yakni harus mampu mengolah data yang bertujuan untuk menciptakan strategi bisnis suatu perusahaan. Data scientist juga bertanggung jawab untuk menganalisis berbagai macam data dengan jumlah besar atau sering disebut dengan istilah big data, suatu perusahaan.

8. Pebisnis

Siapa bilang lulusan TKJ tidak bisa menjadi seorang pebisnis? Jika kamu memiliki jiwa bisnis, maka kamu pun bisa menjadi seorang pengusaha atau pebisnis. Misalnya dengan membuka perusahaan yang menawarkan jasa konsultan IT atau jasa pembuatan dan pengembangan website.

Untuk gajinya tentu relatif, karena pebisnis orientasinya bukan hanya soal pendapatan, tetapi juga bagaimana memperbesar jaringan bisnis tersebut. Sehingga, untuk rentang pendapatannya juga tidak bisa dipastikan.

Profesi Jurusan TKJ - GAMELAB.ID

Baca Juga : UKK RPL SMK NU Dolopo Mendapat Sentuhan Industri dengan Kolaborasi Gamelab Indonesia

Penutup

Memilih jurusan Teknik Komputer dan Jaringan adalah keputusan yang tepat jika kamu ingin menjadi salah satu dari profesi di atas. Namun, tentu saja kamu harus menjadi seorang yang benar-benar ahli di bidangnya sehingga perusahaan dapat memberikan gaji yang fantastis.

Untuk memulainya, tidak ada jalan lain selain dengan melakukan optimasi skills. Kabar baiknya, kamu bisa memilih beragam kelas favorit di GAMELAB.ID yang sesuai dengan passion kamu di bidang TKJ/TJKT. 

Apalagi, materi kelasnya sudah sesuai dengan kurikulum industri, sehingga lulus dari kelas tersebut kamu akan lebih siap untuk bekerja di perusahaan impian. Tunggu apalagi? Yuk, segera daftar kelasnya sekarang.


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Jumat, 7 April 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI