BERITA BERITA GAME 7 Game MOBA Terbaik untuk Mengisi Waktu Ngabuburit dan Liburan

7 Game MOBA Terbaik untuk Mengisi Waktu Ngabuburit dan Liburan

Oleh Syamsul Arifin | Senin, 10 April 2023

7 Game MOBA Terbaik untuk Mengisi Waktu Ngabuburit dan Liburan

Main game MOBA paling seru saat kamu sedang ngabuburit atau liburan. Nah, ada 7 game MOBA terbaik yang bisa kamu coba untuk mengisi waktu ngabuburit atau liburan. Yuk, intip apa saja gamenya.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Game MOBA adalah game yang terdiri dari beberapa pemain dan dimainkan secara online dengan tema pertarungan di dalam sebuah arena. MOBA atau Multiplayer Online Battle Arena sangat digemari oleh pemain di berbagai dunia, termasuk Indonesia.

Rekomendasi 7 Game MOBA Terbaik

Game MOBA menjadi salah satu genre game yang paling banyak disukai. Nah, di saat momen puasa dan liburan, game ini pun sering dimainkan karena memang seru sehingga bisa membuat lupa kalau sedang berpuasa.

1. Arena of Valor

AOV atau Arena of Valor menjadi rekomendasi pertama sebagai game MOBA terbaik untuk mengisi waktu ngabuburit atau liburan. AOV rilis pada tahun 2016 oleh game developer TiMi Studio bersama dengan Tencent Games.

AOV sangat menarik karena berkolaborasi dengan berbagai franchise terkenal seperti Bleach, Sword Art Online dan Demon Slayer. Bahkan, game MOBA ini membawa Batman sebagai champion. Game ini bisa dimainkan dengan 3 atau 5 pemain dalam satu tim. Jadi, dalam satu ronde bisa dimainkan 6 atau 10 orang.

7 Game MOBA Terbarik - wallpapercave.com - GAMELAB.ID

2. League of Legends: Wild Rift

Game MOBA terbaik untuk mengisi waktu ngabuburit dan liburan selanjutnya adalah League of Legends: Wild Rift. Pengembang game ini adalah Riot Games dan baru rilis tahun 2020 yang lalu.

Wild Rift sendiri adalah versi mobile dari LoL. Game ini sangat cocok buat kamu yang ingin bermain LoL versi mobile. Permainan dan grafiknya sangat menarik. Pastinya, karakter gamenya juga akan membuat kamu semakin menyukainya.

7 Game MOBA Terbarik - wallpapercave.com - GAMELAB.ID

3. Pokemon Unite

Siapa yang tidak kenal Pokemon dengan karakternya Pikachu? Sekarang, kamu bisa memainkan Pikachu dalam game MOBA Pokemon Unite. Pengembang game ini adalah TiMi Studio bekerja sama dengan The Pokemon Company. Game MOBA terbaik ini rilis pada tahun 2021.

Pokemon Unite mungkin dianggap terlambat memasuki ranah MOBA, tapi keseruannya tidak diragukan lagi. Di sini, kamu tidak akan menghancurkan base utama musuh, melainkan mencetak poin dengan cara mengalahkan Pokemon lain.

7 Game MOBA Terbarik - wallpapercave.com - GAMELAB.ID

4. Mobile Legends Bang Bang

Pastinya kamu tahu game MOBA yang satu ini kan? Mobile Legends Bang Bang sangat digandrungi oleh banyak gamers di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Game yang dikembangkan oleh Moonton dan rilis pada tahun 2016 ini bahkan masih sangat populer hingga saat ini.

Ada banyak fitur yang membuat ML sangat disukai. Misalnya seperti grafiknya, banyak pilihan hero, hingga skin unik yang bisa dikoleksi oleh pemain. Beberapa skin tersebut misalnya seperti Saint Seiya, Kung Fu Panda, Transformers dan yang terbaru adalah Jujutsu Kaisen.

7 Game MOBA Terbarik - wallpapercave.com - GAMELAB.ID

5. Smite

Game MOBA terbaik yang bisa kamu mainkan saat ngabuburit atau liburan kali ini adalah Smite. Pengembang (game developer) game  ini adalah Hi Rez Studios bekerja sama dengan Titan Forge Games. Smite telah rilis sejak 2014 lalu.

Di dalam game MOBA Smite, yang menjadi hero adalah para dewa. Misalnya seperti Ra, Zeus, Ganesha dan lain-lain. Masing-masing dewa memiliki skills dan kemampuan berbeda yang dapat dipilih sesuai keinginan pemain.

7 Game MOBA Terbarik - wallpapercave.com - GAMELAB.ID

6. League of Legends PC

Selain LoL atau League of Legends versi mobile, ternyata LoL versi PC juga tidak kalah menarik. Bagi gamer PC, LoL PC ini sangat menyenangkan dan pastinya dapat menjadi salah satu pilihan terbaik untuk mengisi waktu saat ngabuburit atau liburan.

Riot Games selaku pengembangnya, telah merilis LoL versi PC pada tahun 2009. Sejak saat itu, LoL PC langsung digemari banyak pecinta game MOBA. Tidak mengherankan jika setiap tahun terdapat kompetisi tingkat dunia yang mempertemukan para pecinta LoL PC untuk saling beradu skills.

7 Game MOBA Terbarik - wallpapercave.com - GAMELAB.ID

7. DOTA 2

DOTA 2 sudah rilis sejak tahun 2013 oleh pengembang game bernama Valve Corporation. Game MOBA ini sangat terkenal di dunia termasuk di Indonesia. Tidak mengherankan juga jika ada turnamen DOTA kelas internasional yang rutin diadakan.

Game DOTA 2 bahkan memiliki fans yang setia dari berbagai negara. Ini bukan hanya karena grafik gamenya saja, tetapi juga alur cerita dan berbagai fitur di dalamnya benar-benar membuat pemain lupa akan waktu.

7 Game MOBA Terbarik - wallpapercave.com - GAMELAB.ID

Baca Juga : Toge Productions dan Mojiken Studio: Kisah Kesuksesan Studio Game Indonesia yang Menggebrak Dunia!

Penutup

Dari 7 game MOBA di atas, mana yang paling kamu sukai atau pernah mainkan? Jika kamu menyukai game MOBA, kenapa tidak mencoba untuk belajar bagaimana cara membuat game?

Kamu bisa memulai dengan membuat game dengan konsep sederahana. Ketika kamu sudah menguasai berbagai skills dasar dalam membuat game, nantinya kamu dapat mengembangkan skills kamu untuk menjadi seorang kreator game handal. 

Kabar baiknya, kamu bisa memulai karier kamu sebagai kreator game atau game developer dengan memilih satu atau beberapa kelas seputar game di GAMELAB.ID. Iya, ada beberapa pilihan kelas seputar game dari mulai tingkat pemula hingga tingkat mahir yang bisa kamu pilih. Berikut beberapa di antaranya:

1. Membuat Game dengan Construct untuk Menjadi Pengembang Game

2. Pengembangan Game Tingkat Mahir Menggunakan Unity

3. Belajar Pemrograman Grafis untuk Game dan Animasi

4. Mengembangkan Game Menggunakan Unity Engine untuk Menjadi Game Developer

5. Membuat Game Dengan Construct Untuk Menjadi Programmer Game Komputer

6. Belajar Membuat Game Edukasi Menggunakan Construct

Yuk, segera daftar kelas seputar game di GAMELAB.ID. Temukan materi kelas yang sesuai dengan passion kamu. Jika kamu punya pertanyaan seputar kelas game di GAMELAB.ID, kamu bisa bertanya pada Tim GAMELAB.ID dengan klik link ini.

 

 

sumber gambar: wallpapercave.com


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Senin, 10 April 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI