BERITA SMK Mengenal Apa Itu Rumusan Masalah dan Cara Membuatnya dalam Laporan PKL [Lengkap]

Mengenal Apa Itu Rumusan Masalah dan Cara Membuatnya dalam Laporan PKL [Lengkap]

Oleh Syamsul Arifin | Selasa, 11 April 2023

Mengenal Apa Itu Rumusan Masalah dan Cara Membuatnya dalam Laporan PKL [Lengkap]

Apa itu rumusan masalah dalam laporan PKL? Rumusan masalah adalah kumpulan pertanyaan yang akan dijadikan kerangka dalam membuat laporan PKL. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak artikel di bawah ini.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Setelah tahu cara membuat kata pengantar pada laporan PKL (Praktik Kerja Lapangan), selanjutnya yang perlu kamu ketahui adalah cara membuat rumusan masalah pada laporan PKL. Rumusan masalah dan kata pengantar masih berada di BAB I laporan PKL.

Apa Itu Rumusan Masalah?

Rumusan masalah adalah sejumlah pertanyaan yang nantinya jawabannya akan didapatkan pada saat kegiatan penelitian atau PKL selesai. Jawaban dari rumusan masalah bisa berupa kebenaran atau fakta yang didapatkan dengan mengumpulkan data.

Rumusan masalah adalah pernyataan yang dibuat dalam bentuk pertanyaan dan menjadi pembahasan utama dari sebuah penelitian atau laporan PKL. Oleh sebab itu, kamu sering melihat rumusan masalah dalam bentuk beberapa pertanyaan.

Rumusan masalah harus dibuat dengan pertanyaan yang rasional. Artinya, pertanyaan dalam rumusan masalah harus fokus dan detail terhadap apa yang akan diteliti. Jika tidak fokus apalagi tidak berhubungan dengan variabel yang akan diteliti, tentu hasil laporan PKL nantinya tidak akan terarah.

Rumusan masalah juga harus berkaitan dengan kesimpulan akhir laporan PKL. Kesimpulan laporan PKL bisa berupa jawaban-jawaban dari pertanyaan yang ada di rumusan masalah pada laporan PKL.

Rumusan masalah ditulis dan diletakkan pada bagian awal penulisan laporan PKL atau ada di Bab I Pendahuluan. Dengan demikian, rumusan masalah ini menjadi acuan dan arah penulis dalam membuat laporan PKL nantinya.

Walaupun berbentuk pertanyaan, kamu tidak bisa membuat rumusan masalah secara asal-asalan. Setidaknya, ada tiga unsur yang harus ada di dalam membuat rumusan masalah, yaitu mengapa, bagaimana dan apa.

Cara Menulis Rumusan Masalah Laporan PKL - GAMELAB.ID (4)

Cara Membuat Rumusan Masalah Laporan PKL

Jika sudah mengetahui gambaran tentang rumusan masalah seperti disebutkan di atas, lalu bagaimana cara membuat rumusan masalah laporan PKL? Kamu bisa mengikuti tips berikut:

1. Tentukan Permasalahan Sesuai Kemampuan

Dalam membuat rumusan masalah laporan PKL, pertama, kamu harus menentukan permasalahan apa yang nantinya akan kamu teliti. Ingat, permasalahan yang akan kamu teliti juga harus sesuai dengan kemampuan kamu, sehingga pertanyaan yang ada di dalam rumusan masalah nanti akan kamu temukan jawabannya.

2. Sesuaikan Rumusan Masalah dengan Landasan Teori

Cara membuat rumusan masalah laporan PKL selanjutnya adalah menyesuaikan rumusan masalah dengan landasan teori yang kamu gunakan dalam laporan PKL. Dengan begitu, laporan PKL nantinya akan terarah.

Jika rumusan masalah tidak sesuai dengan landasan teori, maka hasil atau kesimpulan laporan PKL tidak akan sesuai dengan pertanyaan yang menjadi rumusan masalah. Oleh sebab itu, penting untuk menyesuaikan rumusan masalah dengan landasan teori.

3. Buatlah dengan Format 5W+1H

Pernah dengar istilah 5W+1H? Iya, dalam membuat rumusan masalah laporan PKL kamu juga memerlukan format 5W+1H yang terdiri dari What (apa), Why (mengapa), Who (siapa), When (kapan), Where (di mana) dan How (bagaimana). 

Format 5W+1H dapat menghasilkan pertanyaan yang lebih fokus atau spesifik. Format ini juga akan memudahkan kamu dalam membuat pertanyaan di dalam rumusan masalah. Sehingga kamu bisa membuat pertanyaan dengan lebih tepat.

4. Gunakan Kalimat Tanya Singkat, Padat dan Jelas

Cara membuat rumusan masalah laporan PKL berikutnya adalah dengan membuat kalimat tanya yang singkat, padat dan jelas. Artinya, jangan membuat kalimat tanya terlalu panjang atau terkesan ambigu.

Dengan demikian, kamu akan mendapatkan pertanyaan yang spesifik dan pastinya memudahkan kamu dalam membuat laporan PKL. Jawaban yang kamu temukan nantinya pun akan lebih tepat.

5. Sesuaikan dengan Tujuan Laporan

Jika tujuannya adalah untuk membuat laporan PKL, maka buatlah rumusan masalah yang sesuai dengan tujuan dari kegiatan selama PKL tersebut. Misalnya, selama PKL kamu memiliki tugas untuk mengaplikasikan cara tertentu untuk menyelesaikan sebuah kendala. 

Nah, pertanyaan di dalam rumusan masalahnya bisa seputar kendala atau efektivitas cara tersebut untuk mengatasi kendala. Apakah cara tersebut kemudian berhasil? Dengan demikian, laporan PKL yang akan kamu buat nantinya lebih terarah.

Cara Menulis Rumusan Masalah Laporan PKL - GAMELAB.ID

Contoh Rumusan Masalah Laporan PKL

Berikut ini beberapa pertanyaan yang bisa dijadikan rumusan masalah saat kamu melaksanakan kegiatan PKL. Pertanyaan-pertanyaan berikut ini bisa jadi inspirasi untuk kamu membuat rumusan masalah laporan PKL.

1. Apa saja kendala yang dirasakan selama PKL di PT XYZ?

2. Apakah kegiatan PKL di PT XYZ berpengaruh terhadap peningkatan skills peserta PKL?

3. Skills apa saja yang telah berhasil didapatkan oleh peserta PKL selama menjalani kegiatan PKL di PT XYZ?

4. Bagaimana cara menghadapi persaingan di dunia kerja setelah peserta PKL mengalami sendiri terlibat di dalam aktivitas atau kegiatan di dunia kerja?

5. Bagaimana sistem atau software ABC dapat mempermudah guru di sekolah SMP Negeri 1?

6. Bagaimana cara meningkatkan sistem komputerisasi di perusahaan XYZ agar lebih efektif dan mudah dipantau oleh staff?

7. Kapan waktu yang paling tepat untuk melakukan sosialisasi perubahan sebuah sistem dari manual ke sistem komputerisasi?

8. Apakah perubahan atau sistem komputerisasi dapat memberikan pengaruh positif bagi SMP Negeri 1?

Cara Menulis Rumusan Masalah Laporan PKL - GAMELAB.ID

 

Baca Juga : Ciptakan Lulusan Kompeten, SMK Binaan Gamelab dan SMKN 1 Bakauheni Jalin Kerja Sama

Penutup

Membuat rumusan masalah laporan PKL pada dasarnya seperti membuat kerangka laporan PKL. Sebab, dari rumusan masalah itulah laporan PKL akan dibuat dan pada akhirnya laporan PKL tersebut menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di dalam rumusan masalah.

Sebagai informasi tambahan, kamu dapat membuat laporan PKL dengan lebih mudah, terstruktur dan sistematis ketika kamu mengadakan kegiatan magang atau PKL di tempat yang tepat. Artinya, tempat magang tersebut benar-benar memberikan materi yang kamu butuhkan dan dapat meningkatkan skills kamu.

Sehingga selesai mengikuti program magang tersebut, kamu akan lebih siap untuk kerja. Nah, beruntungnya jika kamu memilih GAMELAB.ID sebagai tempat magang, kamu akan belajar dan berlatih dengan materi sesuai kurikulum industri.

Dengan demikian, skills kamu akan bertambah dan meningkat sehingga kamu akan lebih siap kerja. Pastinya, pembuatan rumusan masalah dan laporan PKL secara keseluruhan pun akan lebih mudah karena pembelajaran dan pelatihan di GAMELAB.ID sudah sistematis.

Kabar baiknya, jika kamu ingin lebih hemat saat mengikuti magang online di GAMELAB.ID, kamu bisa manfaatkan promo dan diskon. Kamu bisa klik menu Promo dan Diskon untuk melihat daftar promo apa saja yang bisa kamu pakai sebelum mengikuti program magang di GAMELAB.ID. 

Yuk, segera magang online di GAMELAB.ID dan bersiaplah untuk jadi rebutan perusahaan-perusahaan karena skills kamu yang tinggi. Jika ada pertanyaan seputar magang dan program lainnya, kamu bisa hubungi Tim GAMELAB.ID di link ini.


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Selasa, 11 April 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI