BERITA UMUM Perbedaan Casual Games, Super Casual Games, Hyper Casual Games dan Hybrid Casual Games

Perbedaan Casual Games, Super Casual Games, Hyper Casual Games dan Hybrid Casual Games

Oleh Syamsul Arifin | Rabu, 26 April 2023

Perbedaan Casual Games, Super Casual Games, Hyper Casual Games dan Hybrid Casual Games

Walau terdengar hampir mirip, ternyata antara casual games, super casual games, hyper casual games dan hybrid casual game ada perbedaan. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Setiap jenis atau genre game memiliki karakteristik dan pengalaman bermain yang berbeda-beda. Setiap game juga menawarkan kesenangan yang unik bagi para pemain. Lalu, bagaimana dengan casual games, super casual games, hyper casual games dan hybrid casual games? Apakah semuanya menawarkan hal yang sama atau berbeda? Penjelasannya ada di bawah ya.

Apa Itu Casual Games?

Casual games adalah jenis video game yang dirancang untuk dimainkan secara santai dan tidak memerlukan waktu atau konsentrasi terlalu banyak dari pemain. Casual games biasanya memiliki sistem permainan sederhana, mudah dipelajari, dan tidak memerlukan pengalaman bermain game sebelumnya. 

Casual games biasanya dapat dimainkan di banyak platform, termasuk smartphone, tablet, dan komputer. Game ini menawarkan pengalaman yang menyenangkan dan menghibur bagi pemain, dengan banyak variasi dan opsi yang tersedia. Beberapa contoh dari casual games yang populer adalah Angry Birds, Candy Crush, dan Plants vs. Zombies.

Salah satu keuntungan utama dari casual games adalah game ini mudah dimainkan oleh semua orang mulai dari anak-anak hingga orang dewasa yang tidak memiliki banyak waktu untuk bermain game. Casual games juga seringkali memiliki fitur sosial dan multiplayer yang memungkinkan kamu dapat bermain dengan teman-teman.

Secara umum, casual games menawarkan pengalaman yang santai dan menghibur bagi pemain, yang dapat dimainkan dalam waktu singkat atau selama waktu senggang. Pengembang game membuat game ini sebagai pilihan tepat bagi pemain untuk mengisi waktu luang atau menghibur diri sendiri di tengah rutinitas harian.

Casual Game - GAMELAB.ID

Apa Itu Super Casual Games?

Super casual games adalah jenis video game yang dirancang untuk dimainkan secara santai dan mudah. Games ini juga memiliki sistem permainan yang sangat sederhana dan mudah dipelajari. Biasanya, kamu hanya memerlukan satu atau dua sentuhan layar untuk dimainkan. Super casual games umumnya memiliki tampilan grafis yang sederhana dan warna-warni yang cerah.

Beberapa contoh dari super casual games yang populer yaitu Flappy Bird, Fruit Ninja, dan Doodle Jump. Meskipun simpel, game ini sangat adiktif ketika dimainkan. Super casual games bisa dikatakan lebih seru dan memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi dibandingkan dengan genre casual game.

Super casual games biasanya dapat dimainkan dalam waktu singkat, seperti ketika menunggu di antrian atau saat perjalanan singkat di dalam kendaraan. Mereka juga sering menawarkan tantangan yang mudah tapi cukup mendebarkan untuk mengalahkan rekor terbaik pemain.

Super casual games menawarkan pengalaman yang mudah, sederhana, dan menyenangkan bagi para pemain, tanpa memerlukan waktu atau konsentrasi yang terlalu banyak. Mereka biasanya cocok untuk semua usia dan level pengalaman bermain game.

Super Casual Game - GAMELAB.ID

Apa Itu Hyper Casual Games?

Tidak jauh berbeda dengan super casual games, hyper casual games adalah jenis video games yang sangat sederhana dan dirancang oleh game developer untuk bisa dimainkan dalam waktu singkat, biasanya hanya beberapa detik hingga beberapa menit. Mereka memiliki sistem permainan yang sangat sederhana, sering kali hanya memerlukan satu atau dua sentuhan layar untuk dimainkan, dan tidak memerlukan pengalaman bermain game sebelumnya.

Contoh dari hyper casual games yang populer yaitu Subway Surfers, Temple Run, dan Color Switch. Mereka menawarkan gameplay (pola atau mekanisme interaksi antara pemain dan game) yang sangat cepat dan seringkali dengan tujuan untuk mencetak skor tertinggi dalam waktu yang sangat singkat.

Hyper casual games biasanya memiliki tampilan grafis yang sederhana namun warna-warni dan menarik, dan seringkali menggunakan musik dan efek suara yang menghibur. Mereka cocok untuk semua usia dan level pengalaman bermain game, dan dapat dimainkan di berbagai platform, termasuk smartphone dan tablet.

Hyper casual games telah menjadi sangat populer dalam beberapa tahun terakhir, terutama karena mereka mudah diakses dan dimainkan oleh semua orang serta menawarkan pengalaman yang menghibur dan adiktif. Mereka seringkali juga menawarkan fitur sosial yang memungkinkan pemain untuk bermain dengan teman-teman mereka dan bersaing untuk mendapatkan skor tertinggi.

Hyper Casual Game - GAMELAB.ID

Apa Itu Hybrid Casual Games?

Hybrid casual games adalah jenis video games yang menggabungkan elemen dari casual games dengan elemen dari game lainnya, seperti RPG (Role-Playing Game) atau strategi. Mereka memiliki sistem permainan yang lebih kompleks daripada casual games, tetapi masih cukup mudah dipelajari dan dimainkan oleh para pemain.

Contoh dari hybrid casual games yang populer adalah seperti Clash of Clans, Candy Crush Saga, dan Hearthstone. Mereka menawarkan gameplay yang lebih kompleks dan mendalam daripada casual games, dengan fitur seperti pembangunan basis, koleksi karakter, dan pertarungan strategis.

Hybrid casual games biasanya memiliki tampilan grafis yang menarik dan kompleks, dengan banyak detail dan elemen visual yang menarik perhatian. Mereka dapat dimainkan di berbagai platform, termasuk smartphone, tablet, dan komputer.

Hybrid casual games menawarkan pengalaman yang menarik dan menghibur bagi para pemain, dengan gameplay yang lebih mendalam dan task atau quest yang lebih menantang daripada casual games. Games ini cocok untuk kamu yang mencari pengalaman game yang lebih kompleks tetapi tetap ingin mempertahankan kesederhanaan dan aksesibilitas casual games.

Hybrid Casual Game - GAMELAB.ID

Baca Juga : Toge Productions dan Mojiken Studio: Kisah Kesuksesan Studio Game Indonesia yang Menggebrak Dunia!

Penutup

Dengan terus berkembangnya teknologi dan kebutuhan pemain yang semakin beragam, maka bisa dipastikan bahwa jenis game-game tersebut akan terus berkembang di masa depan. Oleh sebab itu, jika kamu memiliki ketertarikan di industri games, cobalah untuk membuat salah satu atau beberapa genre games di atas.

Untuk membuat games dengan genre di atas, kamu perlu menguasai berbagai skills yang dibutuhkan untuk menjadi seorang game developer. Di GAMELAB.ID, kamu bisa memilih beberapa kelas seputar game developer. Misalnya seperti:

1. Membuat Game dengan Construct untuk Menjadi Pengembang Game

2. Pengembangan Game Tingkat Mahir Menggunakan Unity

3. Belajar Pemrograman Grafis untuk Game dan Animasi

4. Mengembangkan Game Menggunakan Unity Engine untuk Menjadi Game Developer

5. Membuat Game Dengan Construct Untuk Menjadi Programmer Game Komputer

6. Belajar Membuat Game Edukasi Menggunakan Construct

Selama mengikuti kelas tersebut, kamu akan belajar banyak hal sesuai dengan skills yang kamu butuhkan. Kamu juga akan didampingi oleh trainer profesional dan kompeten. Yuk, segera daftar kelasnya sekarang. Jika kamu punya pertanyaan, silakan hubungi Tim GAMELAB.ID di sini.

 

 

Sumber gambar: wallpapercave.com


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Rabu, 26 April 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI