BERITA SMK Mengenal Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) SMK dan Prospek Kerjanya

Mengenal Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) SMK dan Prospek Kerjanya

Oleh Syamsul Arifin | Rabu, 3 Mei 2023

Mengenal Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) SMK dan Prospek Kerjanya

Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) SMK dapat menjadi pilihan tepat untuk kamu yang memiliki minat di industri kreatif. Selain itu, jurusan DKV memiliki prospek kerja yang sangat bagus. Berikut penjelasannya.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Jurusan Desain Komunikasi Visual atau DKV merupakan salah satu jurusan yang banyak diminati oleh siswa-siswi di tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jurusan ini mengajarkan kamu untuk menjadi seorang desainer grafis yang handal dan kreatif.

Apa Itu Jurusan DKV?

Jurusan DKV adalah jurusan Desain Komunikasi Visual yang diajarkan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jurusan ini memberikan pendidikan dan pelatihan kepada siswa tentang konsep dan teknik desain grafis, termasuk tipografi, ilustrasi, fotografi, animasi dan sebagainya. 

Tujuan dari jurusan DKV adalah untuk menghasilkan lulusan SMK yang siap bekerja sebagai desainer grafis atau berkarir di bidang kreatif lainnya. Selama proses belajar, kamu akan belajar menggunakan software desain grafis dan juga dilatih untuk berpikir kreatif dan inovatif serta berkolaborasi dalam tim. 

Jurusan DKV di SMK merupakan pilihan yang tepat bagi kamu yang memiliki minat dan bakat dalam bidang seni dan desain grafis. Dengan memilih jurusan ini, kamu akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang berguna untuk mengembangkan karier di bidang desain grafis.

Jurusan DKV - GAMELAB.ID

Alasan Memilih Jurusan DKV

Ada beberapa alasan mengapa memilih jurusan DKV dapat menjadi pilihan yang tepat bagi kamu, di antaranya:

1. Kebutuhan Pasar yang Tinggi

Seiring dengan perkembangan era digital saat ini, kebutuhan akan tenaga ahli di bidang desain grafis pun makin tinggi. Hampir semua perusahaan membutuhkan desain grafis untuk keperluan branding, promosi, dan pemasaran produk mereka. Oleh karena itu, peluang kerja di bidang desain grafis semakin terbuka lebar.

2. Peluang Kerja yang Luas

Setelah lulus dari jurusan DKV, kamu dapat bekerja sebagai desainer grafis, ilustrator, animator, fotografer, editor video, dan berbagai profesi lainnya yang berkaitan dengan desain grafis. Peluang kerja di bidang desain grafis sangat luas dan beragam, baik di perusahaan besar, lembaga pemerintahan, maupun menjadi freelance.

3. Kemampuan Kreatif dan Inovatif

Jurusan DKV akan melatih kamu berpikir kreatif dan inovatif. Kemampuan ini sangat diperlukan di dalam dunia kerja, terutama di bidang kreatif. Selama proses belajar, siswa juga akan dilatih untuk mengembangkan kemampuan interpersonal dan bekerja dalam tim. Hal ini akan membantu siswa menjadi lebih adaptif dan mudah berkolaborasi dengan orang lain.

4. Pengembangan Keterampilan Teknis

Di dalam jurusan DKV, kamu akan belajar menguasai software dan aplikasi desain grafis terkini, seperti Adobe Photoshop, Illustrator, InDesign, dan CorelDRAW. Selain itu, kamu juga akan belajar tentang teknik percetakan dan produksi, sehingga kamu siap untuk menghasilkan produk desain grafis yang berkualitas.

5. Menjadi Wirausaha

Selain menjadi karyawan, lulusan DKV juga dapat menjadi seorang wirausaha dan membuka bisnis desain grafis sendiri. Hal ini tentu saja membutuhkan keterampilan kreatif dan manajerial yang dapat dipelajari sewaktu di SMK.

Secara keseluruhan, jurusan DKV dapat memberikan peluang karir yang luas, mengembangkan kemampuan kreatif dan teknis, serta memberikan kemampuan untuk memulai bisnis sendiri. Oleh karena itu, bagi kamu yang memiliki minat dan bakat di bidang seni dan desain grafis, jurusan DKV dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mengembangkan karier di masa depan.

Jurusan DKV - GAMELAB.ID

Prospek Kerja Jurusan DKV

Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) menawarkan peluang karier yang luas dan menjanjikan di era digital saat ini. Seiring dengan perkembangan teknologi dan semakin maraknya bisnis online, kebutuhan akan desain grafis pun semakin meningkat. 

Sebagai seorang desainer grafis, lulusan DKV dapat berkarir di berbagai bidang seperti periklanan, media, produksi, animasi, dan banyak lagi. Berikut adalah beberapa bidang karier yang bisa dijalani oleh lulusan DKV:

1. Desainer Grafis

Profesi desainer grafis adalah karier yang paling banyak dipilih oleh lulusan SMK jurusan DKV. Sebagai desainer grafis, kamu bertanggung jawab untuk menciptakan desain visual yang menarik dan kreatif, termasuk membuat logo, kartu nama, brosur, poster serta materi promosi lainnya.

2. Ilustrator

Seorang ilustrator menggunakan seni visual untuk memperjelas atau menjelaskan konsep, cerita, atau ide. Lulusan DKV dapat berkarier sebagai ilustrator untuk media cetak maupun digital. Misalnya seperti buku anak-anak, majalah, komik, animasi dan game.

3. Animator

Animator menggunakan teknologi digital untuk membuat gambar bergerak dan memberikan kesan nyata pada karakter atau objek. Lulusan DKV dapat bekerja sebagai animator untuk membuat film animasi, video musik, game, iklan dan presentasi bisnis.

4. Editor Video

Seorang editor video bertanggung jawab untuk memotong, mengedit dan merangkai video menjadi sebuah karya yang menarik dan komunikatif. Lulusan DKV dapat bekerja sebagai editor video untuk membuat video promosi, video tutorial, video musik atau konten digital lainnya.

5. Fotografer

Seorang fotografer mengambil gambar yang menarik dan memiliki pesan visual yang kuat. Lulusan DKV yang memilih karier sebagai fotografer dapat bekerja di bidang jurnalistik, periklanan, fashion, atau fotografi komersial.

6. Packaging Designer

Seorang packaging designer bertanggung jawab untuk membuat desain kemasan yang menarik dan fungsional untuk produk-produk yang dijual. Lulusan DKV dapat bekerja sebagai packaging designer untuk membuat kemasan produk yang menarik, aman dan efisien.

7. Web Designer

Seorang web designer bertanggung jawab untuk membuat desain visual dan tata letak yang menarik dan mudah digunakan pada website. Lulusan DKV dapat bekerja sebagai web designer untuk membuat website yang kreatif dan fungsional.

8. UI/UX Designer

UI/UX designer adalah seorang desainer yang fokus pada pengalaman pengguna sebuah produk digital, termasuk aplikasi mobile, website dan game. Lulusan DKV dapat bekerja sebagai UI/UX designer untuk membuat produk digital yang mudah digunakan, efisien dan menarik.

Peluang karir untuk lulusan DKV semakin meningkat seiring dengan perkembangan teknologi dan bisnis di era digital saat ini. Bagi siswa yang berminat untuk mengembangkan keterampilan desain grafis dan kreatif, jurusan DKV adalah pilihan yang tepat untuk mempersiapkan diri menghadapi tantangan karir di masa depan.

Jurusan DKV - GAMELAB.ID

Baca Juga : Mepertajam Ilmu Desain Grafis, SMK Ma'arif Sudimoro Melaksanakan UKK bersama Gamelab Indonesia

Penutup

Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) di SMK menawarkan banyak peluang karier yang menjanjikan di era digital saat ini. Sebagai lulusan DKV, kamu dapat mengeksplorasi berbagai bidang karier misalnya seperti desainer grafis, ilustrator, animator, editor video, fotografer, packaging designer, web designer, dan UI/UX designer.

Jurusan DKV tidak hanya menawarkan peluang karier yang luas, tetapi juga membantu kamu mengembangkan kreativitas, keterampilan teknis, dan kemampuan komunikasi yang dibutuhkan dalam industri desain grafis. Bagi kamu yang tertarik untuk mengembangkan keterampilan desain grafis dan kreatif, jurusan DKV adalah pilihan yang tepat untuk mempersiapkan diri menghadapi tantangan karier di masa depan.

Terakhir, tingkatkan skills kamu di bidang DKV dengan mengikuti Kelas Online atau Magang Online Bersertifikat di GAMELAB.ID. Ada banyak pilihan kelas yang dapat membantu kamu untuk optimasi skills di bidang DKV. Beberapa di antaranya bisa kamu lihat di link ini. Info lebih lengkap tentang kelas untuk jurusan DKV ini, silakan klik link ini ya.

 


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Rabu, 3 Mei 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI