BERITA PROGRAMMING 7 Bahasa Pemrograman Paling Populer untuk Membuat Game

7 Bahasa Pemrograman Paling Populer untuk Membuat Game

Oleh Syamsul Arifin | Kamis, 4 Mei 2023

7 Bahasa Pemrograman Paling Populer untuk Membuat Game

Pemilihan bahasa pemrograman yang tepat sangat penting dalam mengembangkan program atau perangkat lunak yang efektif dan efisien. Inilah daftar bahasa pemrograman paling populer.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Bahasa pemrograman adalah bahasa yang digunakan oleh para programmer atau pengembang untuk membuat program komputer, aplikasi dan perangkat lunak. Bahasa pemrograman memungkinkan para programmer untuk menulis kode-kode instruksi dan algoritma yang akan dijalankan oleh komputer untuk melakukan suatu tugas atau mencapai suatu tujuan. 

7 Bahasa Pemrograman Paling Populer

Terdapat berbagai macam bahasa pemrograman yang berbeda-beda, mulai dari bahasa pemrograman tingkat rendah seperti assembly language, hingga bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Python dan Java. Masing-masing bahasa pemrograman memiliki kelebihan dan kekurangan, serta digunakan untuk tujuan dan lingkungan pengembangan yang berbeda-beda. 

Berikut ini adalah beberapa bahasa pemrograman yang biasa digunakan untuk membuat game:

1. Bahasa Pemrograman C++

C++ adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi dan general-purpose yang dikembangkan pada tahun 1980-an oleh Bjarne Stroustrup sebagai bahasa pemrograman yang diturunkan dari bahasa C. C++ digunakan secara luas dalam pengembangan game, sistem operasi, program bisnis dan banyak aplikasi lainnya.

Salah satu kelebihan C++ adalah performanya yang sangat cepat dan efisien. Hal ini disebabkan oleh fitur-fitur seperti penggunaan pointer, alokasi dinamis dan manipulasi memori yang memberikan kontrol penuh kepada pengembang dalam mengoptimalkan performa aplikasi. 

C++ juga mendukung pemrograman berorientasi objek, sehingga membantu kamu sebagai pengembang untuk membuat kode yang lebih mudah dipelihara, diperluas dan digunakan kembali. Beberapa fitur penting dari bahasa pemrograman C++ adalah:

1. Operator Overloading. Memungkinkan operator untuk melakukan tugas yang berbeda tergantung pada tipe data yang digunakan.

2. Inheritance. Mempertahankan fungsionalitas yang sama dengan kelas induk dan memungkinkan pengembang untuk menambahkan fungsionalitas baru.

3. Polymorphism. Mempertahankan banyak bentuk untuk fungsi yang sama dan memungkinkan pengembang untuk memanipulasi objek dengan cara yang lebih umum.

C++ sangat populer dalam pengembangan game, karena kemampuannya untuk mengoptimalkan performa game. Beberapa engine game terkenal seperti Unreal Engine, Unity dan CryEngine dibangun dengan menggunakan C++. Selain itu, banyak game AAA seperti Grand Theft Auto, Call of Duty dan Dota 2 juga dibangun dengan menggunakan C++.

Bahasa Pemrograman C++ - GAMELAB.ID

2. Bahasa Pemrograman C#

C# adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang dikembangkan oleh Microsoft pada tahun 2000 sebagai bagian dari platform .NET Framework. C# dirancang untuk menggabungkan kekuatan dari bahasa C++ dan Visual Basic, sehingga menjadi bahasa pemrograman yang lebih modern dan mudah dipelajari.

C# dirancang untuk mengembangkan aplikasi Windows, aplikasi web, aplikasi mobile dan game. C# menggunakan konsep pemrograman berorientasi objek yang memungkinkan pengembang untuk membuat kode yang mudah dipelihara dan dapat digunakan kembali. 

Selain itu, C# juga mendukung fitur-fitur seperti garbage collection, generic types dan delegasi. Semua fitur ini dapat memudahkan proses pengembangan aplikasi.

Salah satu kelebihan C# adalah integrasinya dengan platform Windows dan Visual Studio. Hal ini memudahkan kamu dalam membuat aplikasi Windows dengan UI yang menarik dan mudah digunakan. 

C# juga sangat populer dalam pengembangan game, khususnya pada engine game Unity yang banyak digunakan oleh pengembang game indie maupun game AAA. Selain itu, C# juga sering digunakan dalam pengembangan aplikasi web menggunakan teknologi ASP.NET. 

Beberapa fitur penting dari bahasa pemrograman C# adalah:

1. Asynchronous programming. C# mendukung pemrograman asynchronous yang memungkinkan pengembang untuk membuat aplikasi yang responsif dan scalable.

2. LINQ (Language-Integrated Query). Fitur ini memungkinkan pengembang untuk melakukan query data dari berbagai sumber seperti SQL, XML dan collection.

3. Delegates dan Events. C# mendukung konsep delegates dan events yang memudahkan pengembang untuk membuat event-driven programming.

C# memiliki banyak kelebihan dan banyak digunakan dalam pengembangan aplikasi modern. C# juga memiliki dukungan komunitas yang besar dan banyak tutorial serta dokumentasi yang tersedia untuk membantu pengembang dalam mempelajari bahasa pemrograman ini.

Bahasa Pemrograman C# - GAMELAB.ID

3. Bahasa Pemrograman Java

Java adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi dan platform-independent yang dikembangkan oleh James Gosling dan timnya pada tahun 1995. Java dirancang untuk digunakan dalam berbagai jenis aplikasi, termasuk aplikasi desktop, aplikasi web, aplikasi mobile dan game.

Salah satu kelebihan utama dari Java adalah portabilitasnya. Program yang ditulis dalam bahasa Java dapat dijalankan pada berbagai platform, seperti Windows, macOS, Linux dan bahkan pada perangkat mobile. Hal ini disebabkan oleh penggunaan Java Virtual Machine (JVM) yang memungkinkan kode Java dijalankan pada berbagai platform tanpa perlu melakukan perubahan pada kode sumber. 

Java juga mendukung konsep pemrograman berorientasi objek, sehingga memudahkan pengembang untuk membuat kode yang lebih mudah dipelihara dan digunakan kembali. Java juga memiliki fitur-fitur seperti garbage collection, multithreading dan exception handling yang memudahkan pengembangan aplikasi.

Java banyak digunakan dalam pengembangan aplikasi web menggunakan teknologi JSP (Java Server Pages) dan servlet. Selain itu, Java juga banyak digunakan dalam pengembangan game, khususnya pada engine game Android yang menggunakan bahasa Java sebagai bahasa utama.

Beberapa fitur penting dari bahasa pemrograman Java adalah:

1. Platform-independent. Program Java dapat dijalankan pada berbagai platform tanpa perlu melakukan perubahan pada kode sumber.

2. Garbage collection. Java memiliki fitur garbage collection yang otomatis mengelola alokasi memori dan membebaskan memori yang tidak lagi digunakan.

3. Multithreading. Java mendukung pemrograman multithreading yang memungkinkan aplikasi untuk melakukan beberapa tugas secara simultan.

Java memiliki dukungan komunitas yang besar dan banyak tutorial serta dokumentasi yang tersedia untuk membantu pengembang dalam mempelajari bahasa pemrograman ini. Selain itu, Java juga memiliki banyak library dan framework yang memudahkan pengembangan aplikasi.

Bahasa Pemrograman Java - GAMELAB.ID

4. Bahasa Pemrograman Python

Python adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang sangat populer di kalangan pengembang perangkat lunak. Python dirancang untuk mudah dipelajari, mudah dibaca dan mudah dipahami, sehingga banyak orang memilih Python sebagai bahasa pemrograman pertama mereka. 

Berikut adalah beberapa keunggulan dari bahasa pemrograman Python:

1. Mudah dipelajari. Python dirancang untuk mudah dipelajari bagi pemula dan berpengalaman. Sintaksnya sederhana dan mudah dipahami, sehingga pengguna baru dapat mulai membuat program dalam waktu singkat.

2. Sintaks yang mudah dibaca. Python menggunakan indentasi sebagai bagian dari sintaksnya, yang membuat program Python terlihat rapi dan mudah dibaca. Hal ini memudahkan untuk mengevaluasi dan memperbaiki kode.

3. Memiliki banyak pustaka dan framework. Python memiliki banyak pustaka dan framework yang dapat digunakan untuk mempercepat pengembangan perangkat lunak. Beberapa pustaka dan framework populer yang tersedia untuk Python antara lain NumPy, Pandas, Django, Flask dan Pygame.

4. Platform-independent. Python dapat dijalankan di berbagai sistem operasi, termasuk Windows, macOS dan Linux.

5. Mendukung pemrograman berorientasi objek. Python mendukung pemrograman berorientasi objek, yang memudahkan pengembangan aplikasi besar dan kompleks.

6. Open-source. Python adalah bahasa pemrograman open-source, yang berarti kode sumbernya dapat diakses dan dimodifikasi oleh siapa saja.

Python banyak digunakan di berbagai bidang, termasuk ilmu data, pemrosesan bahasa alami, pengembangan web dan pengembangan perangkat lunak umum. Hal ini menjadikan Python sebagai bahasa pemrograman yang sangat populer dan bermanfaat untuk dipelajari.

Bahasa Pemrograman Phython - GAMELAB.ID

5. Bahasa Pemrograman Ruby

Ruby adalah bahasa pemrograman yang didesain untuk mempermudah pengembangan perangkat lunak dengan fokus pada produktivitas pengembang. Ruby sangat populer untuk pengembangan web, terutama dengan menggunakan framework Ruby on Rails yang sangat terkenal dan berpengaruh.

Berikut adalah beberapa keunggulan dari bahasa pemrograman Ruby:

1. Memiliki sintaks yang sederhana dan elegan. Sintaks Ruby terinspirasi oleh bahasa pemrograman Perl dan Python, sehingga mudah dipelajari dan mudah dibaca. Ruby menggunakan blok kode yang ditandai dengan karakter kurung kurawal {} atau kata kunci do/end, yang memudahkan pembacaan kode dan pengembangan program yang bersih.

2. Memiliki banyak pustaka dan framework. Ruby memiliki banyak pustaka dan framework, seperti Ruby on Rails, Sinatra, dan Hanami, yang memudahkan pengembangan aplikasi web dan aplikasi lainnya.

3. Mendukung pemrograman berorientasi objek. Ruby adalah bahasa pemrograman berorientasi objek, yang berarti segala hal dalam Ruby adalah objek. Hal ini memudahkan pengembangan aplikasi kompleks dengan mengelompokkan kode ke dalam objek-objek yang terorganisir dan mudah dimengerti.

4. Memiliki garbage collector. Ruby memiliki garbage collector yang membantu pengembang mengelola memori dalam program dengan cara yang lebih mudah.

5. Open-source. Ruby adalah bahasa pemrograman open-source, yang berarti kode sumbernya dapat diakses dan dimodifikasi oleh siapa saja.

Ruby digunakan secara luas dalam pengembangan web dan perangkat lunak umum. Ruby sangat terkenal karena kerangka kerjanya yang kuat dan produktif, Ruby on Rails, yang digunakan oleh banyak perusahaan terkenal, seperti Twitter, GitHub, Airbnb dan Basecamp. Ruby menjadi pilihan yang sangat baik untuk pengembangan perangkat lunak dan menjadi bahasa pemrograman yang menarik untuk dipelajari.

Bahasa Pemrograman Ruby - GAMELAB.ID

6. Bahasa Pemrograman Swift

Swift adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Apple untuk pengembangan aplikasi iOS, macOS, watchOS dan tvOS. Swift dirilis pada tahun 2014 dan dikembangkan dengan tujuan untuk menjadi bahasa pemrograman yang lebih cepat, aman dan mudah digunakan daripada bahasa pemrograman yang digunakan sebelumnya, Objective-C.

Berikut adalah beberapa keunggulan dari bahasa pemrograman Swift:

1. Mudah dipelajari. Swift menggunakan sintaks yang sederhana dan mudah dipelajari, sehingga cocok untuk pemula dalam pemrograman. Swift juga memiliki dokumentasi yang lengkap dan tutorial yang mudah diikuti.

2. Cepat dan efisien. Swift dirancang untuk menjadi bahasa pemrograman yang lebih cepat daripada bahasa pemrograman Objective-C yang digunakan sebelumnya. Swift menggunakan teknologi modern seperti penghitungan yang aman dan pembuangan sampah (garbage collection), sehingga dapat menghasilkan kode yang lebih cepat dan efisien.

3. Memiliki fitur keamanan yang lebih baik. Swift memiliki banyak fitur keamanan yang memastikan bahwa kode yang dibuat aman dari serangan keamanan seperti buffer overflow dan null pointer. Hal ini membuat Swift cocok untuk pengembangan aplikasi perbankan, aplikasi kesehatan dan aplikasi lainnya yang membutuhkan tingkat keamanan yang tinggi.

4. Mendukung pemrograman fungsional. Swift mendukung pemrograman fungsional, yang memungkinkan pengembang untuk menulis kode yang lebih bersih dan mudah dipelihara.

5. Terus berkembang. Swift adalah bahasa pemrograman yang terus berkembang dan diperbarui oleh Apple dan komunitas pengembang. Hal ini memastikan bahwa Swift selalu menggunakan teknologi terbaru dan terus meningkatkan performa dan keamanannya.

Swift menjadi bahasa pemrograman yang sangat populer dalam pengembangan aplikasi iOS dan macOS dan menjadi pilihan yang sangat baik bagi pengembang yang ingin mengembangkan aplikasi untuk platform Apple. Swift memiliki banyak fitur yang menarik dan mudah digunakan, sehingga cocok untuk pemula dan pengembang yang berpengalaman.

Bahasa Pemrograman Swift - GAMELAB.ID

7. Bahasa Pemrograman JavaScript

JavaScript adalah bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan untuk pengembangan web. JavaScript digunakan untuk membuat interaksi pengguna di situs web, seperti validasi formulir, animasi, dan pengembangan aplikasi web.

Berikut adalah beberapa fitur dari bahasa pemrograman JavaScript:

1. Client-side scripting. JavaScript biasanya dijalankan di sisi klien (client-side) pada browser web. Hal ini memungkinkan JavaScript untuk berinteraksi dengan elemen HTML dan CSS pada halaman web, seperti menampilkan pesan pop-up, validasi formulir dan animasi.

2. Object-oriented programming (OOP). JavaScript mendukung pemrograman berorientasi objek (OOP), yang memungkinkan pengembang untuk memecah program menjadi objek-objek kecil yang terorganisir dan mudah dimengerti.

3. Sintaks yang mudah dipelajari. Sintaks JavaScript mirip dengan bahasa pemrograman C, sehingga mudah dipelajari oleh pengembang yang sudah terbiasa dengan bahasa pemrograman C atau bahasa serupa.

4. Memiliki banyak pustaka dan framework. JavaScript memiliki banyak pustaka dan framework, seperti React, Angular dan Vue, yang memudahkan pengembang untuk membuat aplikasi web yang kompleks.

5. Server-side scripting. JavaScript juga dapat dijalankan pada server-side melalui platform seperti Node.js, sehingga pengembang dapat membuat aplikasi web yang sepenuhnya ditulis dengan JavaScript.

JavaScript digunakan secara luas dalam pengembangan web modern dan menjadi bahasa pemrograman yang wajib dipelajari oleh pengembang web. JavaScript memungkinkan pembuatan aplikasi web yang dinamis dan interaktif serta memperbaiki pengalaman pengguna di situs web.

Bahasa Pemrograman JavaScript - GAMELAB.ID

Baca Juga : Rekomendasi Bahasa Pemrograman yang Mudah Dipahami

Penutup

Bahasa pemrograman adalah tools yang penting dalam pengembangan teknologi dan perangkat lunak. Dengan menggunakan bahasa pemrograman, kamu dapat membuat program dan aplikasi yang bermanfaat bagi masyarakat. 

Terlebih, belajar bahasa pemrograman menjadi kegiatan yang sangat bermanfaat bagi siapa saja, karena memungkinkan untuk memahami dan memanfaatkan teknologi dengan lebih baik. Oleh karena itu, belajar bahasa pemrograman dapat menjadi investasi masa depan yang sangat berharga.

Kamu bisa belajar bahasa pemrograman untuk membuat game di atas dengan mengikuti Kelas Koding dari GAMELAB.ID. Di kelas ini ada banyak pilihan materi atau bahasa pemrograman yang ingin kamu kuasai. Agar lebih hemat, manfaatkan juga Promo dan Diskon yang masih berlaku di GAMELAB.ID. Terakhir, jika kamu ada pertanyaan tentang Kelas Koding dan promo, silakan tanyakan pada Tim GAMELAB.ID di sini.

 


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Kamis, 4 Mei 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI