BERITA SMK Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP): Pengertian dan Peluang Kerjanya di Era Digital

Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP): Pengertian dan Peluang Kerjanya di Era Digital

Oleh Syamsul Arifin | Selasa, 9 Mei 2023

Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP): Pengertian dan Peluang Kerjanya di Era Digital

Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP) adalah salah satu jurusan yang ada di SMK. Di artikel ini, kamu akan memahami apa itu jurusan BDP dan bagaimana peluang kerjanya di era digital seperti sekarang.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Dalam era digital yang semakin maju, peluang karir di bidang bisnis daring dan pemasaran semakin terbuka lebar. Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP) adalah salah satu pilihan jurusan yang dapat mempersiapkan para siswa-siswi SMK untuk mengambil peran di industri saat ini.

Apa Itu Jurusan BDP?

Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP) adalah jurusan yang mengkombinasikan dua bidang, yaitu bisnis daring atau e-commerce dan pemasaran atau marketing. Jurusan ini membekali siswa-siswi SMK dengan pemahaman mengenai prinsip-prinsip bisnis daring dan pemasaran yang efektif, serta keterampilan dalam mengelola dan memasarkan produk atau jasa secara online. 

Materi yang diajarkan dalam BDP meliputi manajemen bisnis daring, manajemen pemasaran, analisis pasar, pengembangan produk, branding dan digital marketing. Selain itu, kamu juga akan belajar mengenai teknologi informasi, e-commerce dan penggunaan alat-alat digital yang dapat membantu meningkatkan kinerja bisnis online.

Lulusan BDP memiliki peluang karir yang luas di berbagai sektor industri. Contohnya seperti perusahaan e-commerce, agensi digital marketing dan perusahaan teknologi. Selain itu, siswa-siswi SMK jurusan BDP juga bisa memilih karir sebagai wirausahawan dengan membuka bisnis online sendiri. 

Namun, seperti bidang industri lainnya, persaingan di bidang bisnis daring dan pemasaran juga semakin ketat. Oleh karena itu, sebagai siswa-siswi SMK jurusan BDP, kamu harus memiliki passion dan kemampuan yang kuat dalam bisnis dan teknologi informasi, serta memiliki kreativitas dan keterampilan dalam memecahkan masalah.

Selain itu, kamu juga perlu mengembangkan kemampuan interpersonal yang baik, seperti kemampuan komunikasi dan kerjasama tim, karena bekerja di industri ini membutuhkan kolaborasi yang baik antar tim dan stakeholder.

Jurusan BDP - GAMELAB.ID

Peluang Karier Jurusan BDP di Era Digital

Berikut ini detail karier yang bisa ditempuh oleh lulusan jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP):

Digital Marketing Specialist

Sebagai Digital Marketing Specialist, tugas utama kamu adalah memperkenalkan produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan ke pasar melalui pemasaran digital atau digital marketing. Kamu akan bertanggung jawab untuk mengembangkan strategi pemasaran digital dan meningkatkan brand awareness.

Kamu juga bertanggung jawab untuk meningkatkan penjualan melalui kanal online. Misalnya seperti Search Engine Optimization (SEO), Pay-Per-Click (PPC), media sosial, email marketing dan lain-lain.

E-commerce Manager

Sebagai E-commerce Manager, tugas utama kamu adalah mengelola operasi toko online dan menentukan strategi untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan. Kamu juga bertanggung jawab atas pengembangan dan pelaksanaan strategi pemasaran digital, meningkatkan engagement dengan pelanggan dan mengelola staf yang terlibat dalam operasi bisnis online.

Social Media Manager

Sebagai Social Media Manager, tugas utama kamu adalah mengembangkan dan mengelola konten media sosial yang relevan, meningkatkan pengikut dan menumbuhkan engagement dengan target audience. Kamu juga bertanggung jawab untuk mengembangkan strategi konten sosial media, mengelola platform media sosial dan memantau hasil kampanye sosial media.

Business Development Manager

Sebagai Business Development Manager, kamu bertugas untuk mengembangkan bisnis dan pengelolaan hubungan bisnis untuk perusahaan. Kamu juga memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan kemitraan bisnis online dan memperluas jaringan bisnis online, serta membuat laporan tentang kinerja bisnis online dan rekomendasi strategi pengembangan bisnis.

Digital Analyst

Sebagai Digital Analyst, tugas utama kamu adalah menganalisis data bisnis online dan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kinerja bisnis. Kamu juga memiliki tanggung jawab untuk mengumpulkan dan menganalisis data bisnis online, serta memberikan rekomendasi tentang cara meningkatkan lalu lintas situs web, konversi dan tingkat retensi pelanggan.

E-commerce Consultant

Sebagai E-commerce Consultant, kamu memiliki tugas utama untuk memberikan konsultasi kepada perusahaan tentang bagaimana membangun dan mengelola toko online yang sukses. Kamu juga memiliki beberapa tugas dan tanggung jawab. 

Misalnya seperti memberikan rekomendasi strategi pemasaran digital yang tepat dan efektif untuk meningkatkan penjualan, serta memberikan saran tentang cara meningkatkan engagement dengan pelanggan dan mencapai target pasar yang lebih besar.

Entrepreneur

Sebagai seorang wirausaha, siswa-siswi SMK lulusan jurusan BDP dapat membuka dan mengelola bisnis online sendiri. Dalam hal ini, kamu akan memanfaatkan pengetahuan tentang manajemen bisnis daring dan pemasaran digital untuk membuat rencana bisnis, mengelola operasi bisnis online dan membangun strategi pemasaran digital yang sukses.

Jurusan BDP - GAMELAB.ID

Jurusan BDP Harus Optimasi Skills

Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP) sangat terkait dengan teknologi dan inovasi, sehingga kamu harus selalu mengoptimalkan keterampilan agar tetap relevan di dunia bisnis yang terus berkembang. Berikut adalah beberapa alasan mengapa siswa-siswi SMK jurusan BDP harus terus mengoptimalkan keterampilan mereka:

Pesatnya Perkembangan Teknologi

Dalam era digital saat ini, teknologi dan tren bisnis selalu berubah dengan cepat. Untuk berhasil di industri bisnis daring dan pemasaran, siswa-siswi SMK jurusan BDP harus terus mempelajari tren terbaru, teknologi dan alat pemasaran yang muncul agar dapat memanfaatkannya secara optimal.

Ketatnya Persaingan Industri

Industri bisnis daring dan pemasaran sangat kompetitif. Siswa-siswi SMK jurusan BDP harus memiliki keterampilan yang kuat dalam strategi pemasaran digital dan e-commerce untuk bisa bersaing dengan pesaing mereka dan memenangkan persaingan.

Kreativitas dan Inovasi

Keterampilan kreatif dan inovatif sangat penting dalam industri bisnis daring dan pemasaran. Siswa-siswi SMK jurusan BDP harus terus mengembangkan kreativitas dan ide inovatif untuk menciptakan kampanye pemasaran yang efektif dan menarik perhatian konsumen.

Pengetahuan Tentang Data dan Analisis

Dalam industri bisnis daring dan pemasaran, data dan analisis sangat penting. Siswa-siswi SMK jurusan BDP harus memiliki kemampuan untuk memahami dan menganalisis data bisnis, serta menggunakan hasil analisis data tersebut untuk meningkatkan kinerja bisnis dan membuat keputusan bisnis yang tepat.

Dengan mengoptimalkan keterampilan, sebagai lulusan jurusan BDP, kamu dapat meningkatkan peluang untuk sukses di industri bisnis daring dan pemasaran yang semakin berkembang. Kamu juga dapat menjadi ahli dalam bidang digital marketing, e-commerce, media sosial atau bahkan memulai bisnis online sendiri.

Baca Juga : Memperkaya Ilmu Digital Accounting, SMK Gema Nusantara Melaksanakan UKK bersama Gamelab Indonesia

Penutup

Jurusan Bisnis Digital dan Pemasaran (BDP) merupakan pilihan yang tepat bagi kamu yang tertarik dengan dunia digital dan bisnis. Jurusan ini memberikan pemahaman yang komprehensif tentang bagaimana teknologi dan digitalisasi dapat diterapkan dalam konteks bisnis dan pemasaran modern

Selain itu, dengan memilih jurusan ini, kamu juga akan mendapatkan keterampilan yang relevan dengan industri saat ini. Misalnya seperti analisis data, pengembangan strategi pemasaran digital, serta manajemen proyek.

Satu hal yang tidak boleh kamu lewatkan adalah karena industri bisnis online ini berkembang sangat pesat dan cepat, maka kamu harus dapat mengimbangi dengan optimasi skills. Di GAMELAB.ID, ada banyak pilihan materi di Kelas Bisnis yang dapat membantu kamu.

Jadi, kesimpulannya adalah bahwa jurusan BDP memiliki peluang karier yang sangat bagus di era sekarang, di mana industri digital terus berkembang. Oleh sebab itu, skills kamu di bidang bisnis pun harus meningkat. Kabar baiknya, kamu bisa manfaatkan Promo Langganan untuk join Kelas Bisnis dengan harga lebih hemat atau cek promo terbaru di sini. Yuk, segera gabung kelasnya. Jika ada pertanyaan, klik link ini.

 


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Selasa, 9 Mei 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI