BERITA MSIB Apa Itu MSIB: Pengertian, Tujuan dan Persyaratannya

Apa Itu MSIB: Pengertian, Tujuan dan Persyaratannya

Oleh Syamsul Arifin | Selasa, 16 Mei 2023

Apa Itu MSIB: Pengertian, Tujuan dan Persyaratannya

MSIB adalah program yang sangat penting buat kamu sebagai mahasiswa yang ingin meningkatkan keterampilan. Di artikel ini, kamu akan mengetahui lebih lanjut tentang apa itu program MSIB.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Program MSIB adalah salah satu program yang dimiliki oleh Kampus Merdeka. Tujuannya secara umum adalah untuk memastikan bahwa mahasiswa memiliki keterampilan dan kompetensi terbaik, terkini dan relevan untuk menghadapi tantangan masa depan.

Apa Itu MSIB?

MSIB adalah singkatan dari Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB). MSIB adalah program dari Kampus Merdeka untuk mahasiswa. MSIB juga bisa diartikan sebagai program studi yang diambil oleh mahasiswa di luar program studi utama mereka. 

Kampus Merdeka sendiri adalah sebuah program yang dicanangkan oleh pemerintah Indonesia untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa. Dengan program ini, kamu sebagai mahasiswa memiliki kebebasan untuk memilih mata kuliah, perguruan tinggi dan program studi yang kamu inginkan.

Program MSIB biasanya berfokus pada topik atau keterampilan khusus yang tidak ditawarkan dalam program studi utama mahasiswa di kampus. Selain itu, MSIB sering kali dilakukan secara online dan bisa diambil di universitas atau lembaga pendidikan yang menawarkannya seperti GAMELAB.ID.

Program ini akan memberikan sertifikat yang menunjukkan bahwa mahasiswa telah menyelesaikan program studi tersebut dan memiliki keterampilan tertentu yang relevan dengan bidang pekerjaan yang diminati. Lalu, apa saja tujuan MSIB secara luasnya?

Program MSIB - GAMELAB.ID

Apa Saja Tujuan MSIB?

Tujuan Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) adalah memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan khusus dalam bidang tertentu. Beberapa tujuan utama lainnya dari program MSIB antara lain:

Menambah Keterampilan

Program MSIB memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memperoleh keterampilan baru yang tidak tercakup dalam program studi utama mereka. Keterampilan tersebut dapat mencakup kemampuan teknis. Misalnya seperti penggunaan perangkat lunak atau alat tertentu.

Keterampilan ini juga bisa berupa keterampilan sosial seperti kemampuan komunikasi yang efektif atau kemampuan bekerja sama dalam tim. Selain itu, dalam program MSIB, kamu sebagai mahasiswa dapat memilih topik atau keterampilan khusus yang ingin dipelajari dan fokus pada pengembangan keterampilan tersebut.

Menyediakan Opsi Belajar Fleksibel

Program MSIB biasanya dilakukan secara online atau jarak jauh, sehingga kamu dapat menyesuaikan jadwal belajar sesuai dengan kebutuhan. Hal ini memungkinkan kamu dapat belajar sambil tetap menjalankan kewajiban lain seperti aktivitas lainnya. 

Selain itu, kamu juga dapat memilih menyelesaikan program ini dalam jangka waktu yang lebih singkat atau lebih lama. Ini tergantung pada kecepatan belajar dan kesibukan kamu sendiri.

Meningkatkan Nilai Tambah

Sertifikat MSIB dapat meningkatkan nilai tambah mahasiswa dalam dunia kerja. Sertifikat tersebut menunjukkan bahwa kamu telah menyelesaikan program studi tambahan yang memberikan keterampilan khusus dan dapat meningkatkan kredibilitas kamu di mata calon employer atau HRD (Human Resource Development).

Di dalam sertifikat ini, terdapat informasi yang menunjukkan kemampuan dan kompetensi khusus. Oleh sebab itu, sertifikat ini dapat memperbesar peluang untuk diterima kerja dan bahkan untuk mendapatkan gaji yang lebih tinggi. Tentu saja, kamu bisa memasukkan sertifikat ini ke dalam CV atau resume kamu.

Memperluas Jaringan Profesional

Program MSIB dapat memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memperluas jaringan profesional. Di dalam program ini, kamu dapat berinteraksi dengan pengajar (dosen atau trainer), serta mahasiswa lainnya yang memiliki minat dan keahlian yang sama. 

Kamu juga dapat terhubung dengan alumni program MSIB dan mencari tahu tentang karier dan pengalaman profesional mereka. Tentunya, ini dapat memperluas jaringan sosial yang bermanfaat bagi kamu di masa depan.

Meningkatkan Peluang Karier

Dengan memiliki keterampilan khusus dan sertifikat MSIB, mahasiswa dapat meningkatkan peluang karir dalam bidang yang diminati. Keterampilan dan pengetahuan yang diperoleh dari program MSIB dapat membuka peluang kerja baru atau promosi di perusahaan jika kamu sudah bekerja. Hal ini dapat memperbesar peluang untuk mencapai tujuan karier yang  kamu inginkan.

Menambah Pengetahuan

Program MSIB juga bertujuan untuk membantu mahasiswa memperdalam pengetahuan mereka. Dalam program MSIB, kamu memiliki kesempatan untuk mempelajari topik atau keterampilan khusus secara mendalam dan menjadi ahli dalam bidang tersebut. 

Sehingga, MSIB dapat meningkatkan kompetensi kamu. Selain itu, program ini juga membuat kamu lebih percaya diri dalam menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang telah kamu pelajari saat kamu terjun ke dunia industri atau kerja nanti. 

Program MSIB - GAMELAB.ID

Persyaratan MSIB: Siapa yang Bisa Ikut?

Sebagian besar program MSIB terbuka untuk semua mahasiswa perguruan tinggi yang memenuhi persyaratan tertentu. Misalnya seperti mahasiswa aktif pada jenjang D2/D3/D4/S1. 

Selain itu, ada juga persyaratan yang berhubungan dengan jenjang semester. Misalnya, jika kamu D2, maka minimal semester 3. Sedangkan jika kamu D3, maka minimal semester 4 dan jika kamu D4/S1, maka minimal semester 5 saat program MSIB dimulai.

Namun, terkadang program MSIB hanya terbuka untuk mahasiswa yang memenuhi persyaratan tertentu. Syarat-syarat untuk mengikuti program MSIB dapat bervariasi tergantung pada program dan lembaga yang menawarkannya. 

Beberapa syarat umum yang mungkin diperlukan untuk mengikuti program MSIB antara lain:

1. Status sebagai mahasiswa aktif di perguruan tinggi yang diakui secara resmi.

2. Minimal memiliki IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) yang ditentukan oleh program MSIB atau perguruan tinggi yang menawarkannya.

3. Mampu menguasai bahasa Inggris secara cukup baik, terutama jika program MSIB yang ditawarkan dalam bahasa Inggris.

4. Motivasi yang kuat untuk belajar dan mengembangkan keterampilan.

5. Memenuhi persyaratan khusus yang mungkin diberlakukan untuk program MSIB tertentu, seperti persyaratan teknis atau akademik.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu cek terlebih dahulu persyaratan yang ditetapkan oleh program MSIB yang kamu minati sebelum mendaftar. Sehingga, kamu dapat memenuhi persyaratannya dan mengikuti programnya dengan tanpa kendala.

Program MSIB - GAMELAB.ID

Baca Juga : SMKN 1 Miri Raih Pengalaman Berharga Berkat PKL Onsite bersama GAMELAB

Penutup

Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) adalah sebuah program yang sangat berharga bagi para peserta. Sebab, program ini dapat membantu kamu memperoleh pengalaman kerja dan meningkatkan keterampilan secara mandiri. 

Program ini menawarkan pengalaman belajar yang sangat berbeda dengan program akademik formal dan memberikan kesempatan bagi kamu untuk memperoleh sertifikat yang diakui. Selain itu, program MSIB dapat membuka banyak peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik di masa depan dan mencapai tujuan karier kamu. 

Oleh karena itu, jika kamu ingin meningkatkan keterampilan dan menambah pengalaman kerja, mengikuti program MSIB adalah pilihan tepat. Beruntungnya, sebentar lagi kamu bisa mengikuti program MSIB di GAMELAB.ID. Pastinya, program ini dapat membantu kamu optimasi skills. Yuk, persiapkan dirimu untuk join program MSIB di GAMELAB.ID. Informasi lebih lanjut, klik ini ya.


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Selasa, 16 Mei 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI