BERITA MSIB 7 Keuntungan dan Alasan Kenapa Kamu Harus Daftar MSIB

7 Keuntungan dan Alasan Kenapa Kamu Harus Daftar MSIB

Oleh Syamsul Arifin | Senin, 29 Mei 2023

7 Keuntungan dan Alasan Kenapa Kamu Harus Daftar MSIB

Apa saja keuntungan mengikuti MSIB? Berikut ini 7 keuntungan dan alasan kenapa kamu harus daftar MSIB mulai dari mendapatkan pengalaman kerja hingga mengasah keterampilan. Yuk, cari tahu di sini.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Magang dan Studi Independen Bersertifikat merupakan dua bentuk pendidikan non-formal yang memberikan banyak manfaat bagi pesertanya. Di artikel ini, kamu akan mengetahui 8 keuntungan dan alasan kenapa kamu harus segera daftar MSIB.

7 Keuntungan Daftar MSIB

Keuntungan MSIB adalah mendapatkan pengalaman dunia kerja yang berharga. MSIB memberikan kesempatan kepada individu untuk belajar dan terlibat secara langsung dalam lingkungan kerja nyata, yang sering kali sulit diperoleh melalui pendidikan formal saja. Beberapa manfaat atau keuntungan dari MSIB adalah sebagai berikut:

1. Pengalaman Kerja

Keuntungan pertama dari program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) adalah kamu akan memiliki pengalaman kerja secara profesional. Ya, program ini akan memberikan kesempatan untuk kamu terlibat langsung dalam kegiatan kerja di tempat kerja sebenarnya. 

Artinya, kamu dapat secara langsung terlibat dalam tugas-tugas dan aktivitas yang relevan dengan bidang pekerjaan yang kamu pilih. Melalui MSIB, kamu akan melihat dan merasakan bagaimana pekerjaan sebenarnya dilakukan, mengalami tantangan dan kegiatan sehari-hari di lapangan.

MSIB ini juga memberikan manfaat berupa wawasan yang berharga tentang berbagai aspek pekerjaan yang terkait. Kamu dapat belajar dari pengalaman praktis dan mendapatkan pengetahuan yang tidak mungkin diperoleh hanya melalui teori atau pembelajaran akademik. 

Sebagai peserta MSIB, kamu dapat mengamati proses kerja, berinteraksi dengan profesional di bidang tersebut dan memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang tugas, tanggung jawab dan persyaratan yang terkait dengan pekerjaan yang kamu geluti.

2. Pembelajaran Praktis

Selama mengikuti MSIB, kamu memiliki kesempatan untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang telah kamu peroleh selama masa pendidikan di perguruan tinggi. Kamu dapat mengambil apa yang dipelajari dalam lingkungan akademik dan menerapkannya dalam situasi nyata di tempat kerja. 

Sehingga, kamu akan belajar bagaimana mengatasi tantangan yang mungkin muncul di tempat kerja. Ini termasuk dalam menghadapi situasi nyata dan kamu pun akan belajar bertanggung jawab untuk menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan. 

Hal ini memungkinkan kamu untuk mengembangkan kemampuan dalam menghadapi tantangan dan memecahkan masalah dalam lingkungan kerja. Kamu juga dapat mengembangkan skills untuk bekerja secara efektif dalam tim atau lingkungan kerja yang sesungguhnya.

Pembelajaran praktis melalui MSIB Kampus Merdeka juga melibatkan pengembangan keterampilan sosial dan komunikasi yang penting dalam dunia kerja. Peserta MSIB akan berinteraksi dengan rekan kerja, atasan dan klien.

7 Keuntungan Mengikuti MSIB - GAMELAB.ID

3. Jaringan Profesional

MSIB Kampus Merdeka tidak hanya memberikan pengalaman kerja yang berharga, tetapi juga peluang untuk membangun jaringan profesional. Selama mengikuti MSIB, kamu memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan berbagai orang dalam industri yang sama. 

Misalnya, kamu dapat berhubungan dengan rekan kerja sejawat, supervisor, mentor dan profesional lainnya yang sudah berpengalaman. Membangun jaringan profesional ini dapat membawa berbagai manfaat. 

Pertama, kamu dapat memperoleh wawasan dan pengetahuan dari para profesional yang lebih berpengalaman. Contohnya, kamu dapat meminta nasihat, berbagi pengalaman dan belajar dari keahlian dan kisah sukses orang lain dalam bidang yang sama. 

Selain itu, berinteraksi dengan profesional ini dapat membuka peluang dan kesempatan kerja di masa depan. Para profesional yang telah berinteraksi dengan peserta MSIB dapat memberikan rekomendasi pelatihan untuk upgrade skills atau menginformasikan tentang lowongan pekerjaan yang relevan. 

Jaringan ini juga dapat memberikan akses ke sumber daya, informasi dan peluang yang mungkin tidak dapat diakses melalui kegiatan lainnya.

4. Kesempatan Kerja

MSIB Kampus Merdeka dapat menjadi pintu masuk yang baik untuk mendapatkan kesempatan kerja yang lebih besar. Selama mengikuti program MSIB, kamu memiliki kesempatan untuk membuktikan kemampuan mereka secara langsung kepada atasan dan rekan kerja

Ketika  kamu berhasil menunjukkan kinerja yang baik selama periode magang dan memiliki keterampilan yang relevan dengan kebutuhan perusahaan, ada kemungkinan akan ditawari pekerjaan penuh waktu setelah magang atau studi independen berakhir.

Ya, jika mampu menunjukkan dedikasi, tanggung jawab dan keterampilan yang diinginkan, perusahaan mungkin tertarik untuk mempertahankan kamu sebagai karyawan tetap setelah magang atau studi independen berakhir. 

Ini memberikan peluang kerja yang nyata bagi peserta MSIB untuk dapat melanjutkan karier di tempat yang sudah dikenal sebelumnya. Selain itu, MSIB juga memberikan kesempatan bagi kamu untuk membangun reputasi dan citra positif di dalam perusahaan.

Namun, penting untuk diingat bahwa kesempatan dapat bekerja di perusahaan tersebut setelah menyelesaikan MSIB belum dapat dipastikan. Hal ini tergantung pada kebutuhan perusahaan, ketersediaan posisi yang sesuai dan kompetisi dari peserta MSIB lainnya. 

7 Keuntungan Mengikuti MSIB - GAMELAB.ID

5. Peningkatan CV

Peningkatan CV (Curriculum Vitae) adalah salah satu manfaat utama dari pengalaman mengikuti MSIB. MSIB Kampus Merdeka menambahkan nilai yang signifikan pada CV atau resume kamu. Hal ini karena program ini menunjukkan kepada calon pemberi kerja bahwa kamu serius dalam belajar dan mengembangkan diri di luar konteks akademik.

Memiliki pengalaman mengikuti program MSIB mencerminkan dedikasi dan motivasi untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang bidang pekerjaan yang diminati. Ini menunjukkan bahwa individu tersebut telah melangkah lebih jauh dari pembelajaran teoritis di kelas dan telah berusaha untuk memperoleh pemahaman praktis dan pengalaman di lapangan.

Menambahkan pengalaman magang dan studi independen dalam CV juga dapat memberikan keunggulan kompetitif dalam mencari pekerjaan. Calon pemberi kerja sering mencari kandidat yang telah memiliki pemahaman langsung tentang dunia kerja dan dapat dengan cepat beradaptasi dengan lingkungan kerja yang sesungguhnya.

6. Pembelajaran Tentang Budaya Kerja

MSIB Kampus Merdeka memberikan kesempatan untuk mempelajari dan memahami budaya kerja di suatu perusahaan atau industri tertentu. Setiap perusahaan memiliki norma, nilai dan kebiasaan yang berbeda yang membentuk budaya kerja mereka. 

Melalui program MSIB ini, kamu dapat merasakan secara langsung bagaimana budaya kerja tersebut beroperasi dan bagaimana kamu harus beradaptasi untuk berhasil dalam lingkungan kerja yang spesifik.

Selama mengikuti program ini, kamu dapat mengamati dan berinteraksi dengan rekan kerja dan atasan yang merupakan bagian dari budaya kerja perusahaan. Kamu juga dapat memperhatikan bagaimana orang berkomunikasi, bekerja dalam tim dan menghadapi tantangan di lingkungan tersebut.

Mengenali dan memahami budaya kerja yang ada sangat penting dalam mencapai kesuksesan dalam karier. Dengan memahami ekspektasi dan kebiasaan yang dihormati dalam budaya kerja, individu dapat menyesuaikan perilaku dan kinerja mereka sehingga sesuai dengan lingkungan tersebut.

7. Pengembangan Keterampilan Lunak (Soft Skills)

MSIB memainkan peran penting dalam pengembangan keterampilan lunak atau soft skills. Soft skills merupakan keterampilan yang tidak terkait langsung dengan pengetahuan teknis atau keahlian tertentu.

Walau demikian, soft skills sangat penting dalam dunia kerja. Selama mengikuti MSIB, kamu memiliki kesempatan untuk mengasah keterampilan seperti kemampuan komunikasi, kerjasama tim, pemecahan masalah dan kepemimpinan.

Melalui interaksi dengan rekan kerja dan atasan, kamu dapat meningkatkan kemampuan komunikasi. Kamu akanbelajar untuk berkomunikasi secara efektif, baik secara lisan maupun tulisan, dalam konteks profesional. 

Komunikasi yang baik sangat penting dalam membangun hubungan yang kuat dan produktif di tempat kerja. Kemudian, melalui kolaborasi dalam proyek atau tugas tim, individu dapat mengembangkan keterampilan kerjasama tim. 

Kamu juga akan belajar untuk bekerja dalam tim yang beragam, membangun kepercayaan, memahami peran dan kontribusi setiap anggota tim, serta mencapai tujuan bersama. Tentunya, program MSIB ini dapat membantu kamu memecahkan masalah yang muncul di tempat kerja. 

Dalam situasi dunia nyata, kamu akan menghadapi tantangan yang memerlukan pemikiran kritis, analisis situasi dan kemampuan untuk menemukan solusi yang efektif. Proses ini membantu dalam mengasah keterampilan pemecahan masalah yang sangat berharga dalam dunia kerja.

7 Keuntungan Mengikuti MSIB - GAMELAB.ID

Baca Juga : SIB Gamelab Indonesia: Mengubah Mindset, Membangun Skill

Penutup

Mengikuti program MSIB (Magang dan Studi Independen Bersertifikat) memiliki banyak keuntungan yang berharga. Pertama, sebagai peserta, kamu mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman kerja praktis di bidang yang diminati. 

Kamu juga dapat mengembangkan keterampilan lunak yang sangat diperlukan dalam dunia kerja, seperti kemampuan komunikasi, kerjasama tim dan kepemimpinan. Selain itu, MSIB memberikan kesempatan untuk memperluas jaringan profesional melalui interaksi dengan rekan kerja, supervisor dan profesional lainnya. 

Program ini juga membantu meningkatkan CV dengan menambahkan pengalaman kerja. Selanjutnya, kamu dapat memperoleh pengetahuan dan pemahaman yang lebih mendalam tentang budaya kerja di perusahaan atau industri tertentu. 

Terakhir, program MSIB memberikan kesempatan untuk mendapatkan tawaran pekerjaan penuh waktu setelah program berakhir. Dengan semua manfaat ini, tidak mengherankan bahwa MSIB menjadi pilihan tepat.

Kamu bisa mengikuti program MSIB di GAMELAB.ID untuk mendapatkan semua keuntungan di atas. GAMELAB.ID merupakan lembaga pelatihan dan magang yang berpengalaman. Sehingga, kamu tidak perlu ragu, apalagi jika kamu punya minat di bidang Web Fullstack Developer.

Mau kan dapatkan 7 keuntungan dari program MSIB seperti di atas? Kamu bisa join program MSIB di GAMELAB.ID. Yuk, segera daftar sekarang dan jika ada pertanyaan, silakan klik di sini untuk terhubung langsung ke Tim GAMELAB.ID.

 


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Senin, 29 Mei 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI