BERITA MSIB 5 Alasan Kenapa Harus Ikut Program Studi Independen Kampus Merdeka Web Fullstack Developer

5 Alasan Kenapa Harus Ikut Program Studi Independen Kampus Merdeka Web Fullstack Developer

Oleh Syamsul Arifin | Senin, 5 Juni 2023

5 Alasan Kenapa Harus Ikut Program Studi Independen Kampus Merdeka Web Fullstack Developer

Setidaknya terdapat 5 alasan kenapa kamu harus mengikuti program Studi Independen web fullstack developer. Salah satunya adalah memiliki peluang kerja yang luas. Yuk, cari tahu apa saja alasannya di artikel ini.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Studi Independen Bersertifikat untuk menjadi seorang web fullstack developer adalah program di mana seorang mahasiswa dapat secara mandiri belajar dan mengembangkan keterampilan dalam pengembangan aplikasi web di kedua lapisan, yaitu frontend dan backend.

Studi Independen Kampus Merdeka

Program Studi Independen Kampus Merdeka adalah inisiatif pendidikan yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Indonesia. Program ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan diri di luar kurikulum formal universitas melalui kegiatan studi independen.

Studi Independen memungkinkan kamu memilih dan mengatur sendiri kegiatan belajar yang sesuai dengan minat, bakat dan kebutuhan. Program ini memberikan kebebasan untuk mengeksplorasi topik atau bidang studi tertentu yang mungkin tidak tercakup dalam kurikulum universitas.

Tujuan dari Studi Independen Kampus Merdeka adalah untuk mendorong mahasiswa agar lebih aktif dalam mengambil inisiatif dan tanggung jawab terhadap proses pembelajaran. Kamu dapat mengikuti kursus, pelatihan, seminar, magang atau kegiatan lain yang relevan dengan minat.

Salah satu aspek penting dari Studi Independen Kampus Merdeka adalah pemberian sertifikat sebagai pengakuan resmi terhadap kegiatan studi yang telah diselesaikan oleh mahasiswa. Sertifikat ini memberikan bukti konkret tentang kompetensi dan pencapaian yang telah kamu peroleh melalui program Studi Independen.

Studi Independen Web Fullstack Developer

Web fullstack developer adalah seorang profesional dalam pengembangan aplikasi web yang memiliki pengetahuan dan keterampilan di berbagai lapisan teknologi yang terlibat dalam pembuatan aplikasi web.

Sebagai seorang web fullstack developer, kamu memiliki kemampuan untuk bekerja pada bagian frontend (tampilan pengguna), backend (logika bisnis dan pengolahan data), serta pengaturan dan konfigurasi server.

Alasan Ikut Studi Independen Web Fullstack Devepoler - GAMELAB.ID

Berikut adalah penjelasan lebih detail tentang masing-masing lapisan yang dikuasai oleh seorang web fullstack developer:

1. Frontend Development

Seorang web fullstack developer memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam pengembangan tampilan pengguna atau antarmuka pengguna (User Interface/UI) yang interaktif dan menarik.

Kamu perlu menggunakan bahasa pemrograman seperti HTML, CSS dan JavaScript serta kerangka kerja (framework) seperti React, Angular, atau Vue.js untuk membangun komponen UI, mengatur tata letak dan mengelola interaksi pengguna.

2. Backend Development

Seorang web fullstack developer memiliki pengetahuan tentang pengembangan sisi server atau backend. Di sini, kamu akan menggunakan bahasa pemrograman seperti JavaScript (Node.js), Python atau PHP serta kerangka kerja seperti Express, Django atau Laravel.

Semua itu dapat digunakan untuk membangun logika bisnis, mengelola database dan menyediakan API (Application Programming Interface) untuk komunikasi antara frontend dan backend. Kamu juga dapat mengintegrasikan aplikasi web dengan layanan pihak ketiga dan mengelola autentikasi serta otorisasi pengguna.

3. Database Management

Seorang web fullstack developer juga perlu memiliki pengetahuan tentang manajemen basis data. Kamu akan merancang dan menggunakan database seperti MySQL, MongoDB atau PostgreSQL untuk menyimpan dan mengelola data aplikasi web.

Sebagai web fullstack developer, kamu juga perlu mengerti tentang bahasa query seperti SQL (Structured Query Language) untuk melakukan operasi CRUD (Create, Read, Update, Delete) terhadap data.

4. Server Configuration

Seorang web fullstack developer memiliki pemahaman tentang pengaturan dan konfigurasi server. Kamu perlu mengerti bagaimana mengelola hosting web, memahami konsep seperti domain, DNS (Domain Name System) dan pengaturan server seperti Apache atau Nginx.

Kamu juga perlu memiliki pengetahuan tentang keamanan web, pemantauan kinerja, dan skalabilitas aplikasi.  Selain itu, perlu menguasai teknologi dan alat-alat yang relevan di setiap lapisan pengembangan aplikasi web.

Sebagai seorang web fullstack developer, kamu harus bisa mengintegrasikan semua komponen ini secara harmonis untuk menciptakan aplikasi web yang fungsional, aman dan responsif.

Kemampuan kamu dalam beroperasi di kedua lapisan (frontend dan backend) memungkinkan untuk memahami secara menyeluruh tentang bagaimana aplikasi web berfungsi dan berinteraksi di berbagai tingkat.

Alasan Ikut Studi Independen Web Fullstack Devepoler - GAMELAB.ID

Alasan Kenapa Harus Ikut Web Fullstack Developer

Ada beberapa alasan mengapa belajar web fullstack developer dapat menjadi pilihan yang baik:

1. Kesempatan Kerja yang Luas

Web fullstack developer adalah salah satu bidang yang sangat diminati di industri teknologi saat ini. Dengan menguasai keterampilan ini, kamu akan memiliki banyak peluang karier yang tersedia, baik sebagai pekerja lepas (freelancer) maupun di perusahaan teknologi.

Permintaan untuk web fullstack developer terus meningkat seiring dengan perkembangan industri digital dan permintaan aplikasi web yang terus tumbuh.

2. Fleksibilitas dalam Proyek dan Tim

Dengan pengetahuan dan keterampilan dalam kedua lapisan pengembangan (frontend dan backend), kamu dapat dengan mudah beradaptasi dengan kebutuhan proyek yang berbeda.

Kamu juga bisa terlibat dalam proyek yang lebih luas, mulai dari pembuatan antarmuka pengguna yang menarik hingga pengelolaan logika bisnis dan database. Kemampuan untuk berkontribusi di berbagai aspek proyek membuat lebih fleksibel dalam tim pengembangan.

3. Pengembangan Aplikasi Secara End-to-End

Dengan menjadi web fullstack developer, kamu dapat mengembangkan aplikasi web dari awal hingga akhir. Bahkan, kamu mampu membangun tampilan pengguna yang menarik dan responsif, mengelola logika bisnis dan database, serta mengatur dan mengkonfigurasi server.

Kemampuan ini memungkinkan untuk memiliki kendali penuh atas pengembangan aplikasi dan memahami seluruh aliran kerja secara keseluruhan.

4. Peningkatan Kolaborasi Tim

Sebagai web fullstack developer, kamu dapat dengan mudah berkomunikasi dengan anggota tim lainnya, seperti frontend developer, backend developer dan desainer UI/UX.

Kamu akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang tuntutan dan tantangan yang dihadapi oleh setiap anggota tim dan ini akan membantu meningkatkan kolaborasi dan efisiensi tim dalam mengembangkan aplikasi web.

5. Kesempatan untuk Mandiri

Web fullstack developer memberikan kebebasan untuk membuat dan mengelola proyek web sendiri. Kamu dapat mengembangkan aplikasi web, membangun portofolio pribadi dan bahkan memulai bisnis sendiri sebagai web developer.

Dengan memiliki keterampilan fullstack, kamu juga dapat memiliki kontrol penuh atas proyek sendiri dan mengubah ide kreatif menjadi kenyataan.

Belajar web fullstack developer memberikan fondasi yang kuat dalam pengembangan aplikasi web modern. Ini membuka pintu untuk menjadi seorang profesional yang sangat dicari dan menghadapi tantangan yang berbeda dalam pengembangan aplikasi.

Terlebih lagi, teknologi dan tren terus berkembang, sehingga belajar web fullstack developer memungkinkan untuk tetap relevan dan selalu siap mengikuti perkembangan terbaru di industri teknologi.

Alasan Ikut Studi Independen Web Fullstack Devepoler - GAMELAB.ID

Baca Juga : SIB Gamelab Indonesia: Mengubah Mindset, Membangun Skill

Penutup

Studi Independen web fullstack developer merupakan kesempatan berharga bagi kamu yang tertarik dan ingin menguasai keterampilan yang komprehensif dalam pembuatan aplikasi web. 

Dengan program ini, kamu dapat mengembangkan keterampilan frontend dan backend, membangun aplikasi web dari awal hingga akhir. Program ini juga akan didampingi oleh trainer profesional dengan materi sesuai kurikulum industri. 

Dengan Studi Independen ini, kamu dapat belajar secara mandiri, mengeksplorasi minat dan menjadi pengembang web yang kompeten. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengikuti Studi Independen Web Fullstack Developer di GAMELAB.ID.

Yuk, segera daftar program Studi Independen Bersertifikat Web Fullstack Developer di GAMELAB.ID. Pendaftaran program ini paling lambat tanggal 30 Juni 2023. Info lengkapnya, kamu bisa tanyakan ke Tim GAMELAB.ID di link ini.


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Senin, 5 Juni 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI