BERITA KUNJUNGAN INDUSTRI Kunjungan Industri SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta ke GAMELAB.ID

Kunjungan Industri SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta ke GAMELAB.ID

Oleh Syamsul Arifin | Selasa, 20 Juni 2023

Kunjungan Industri SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta ke GAMELAB.ID

Siswa-siswi SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta baru saja mengadakan Kunjungan Industri ke GAMELAB.ID. Kunjungan Industri ini terdiri dari berbagai kegiatan seperti pengenalan profil perusahaan hingga melihat produk secara langsung.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Pada Jumat, 16 Juni 2023, siswa-siswi SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta memiliki kesempatan emas untuk mengunjungi PT Educa Sisfomedia Indonesia. Kegiatan Kunjungan Industri ini berlangsung dari pukul 10:00 hingga 11:30 di gedung GAMELAB.ID yang terletak di Jl. Kalisombo No.18, Salatiga, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 5071.

Kegiatan Seminar Pengenalan Profil Perusahaan

Jika kegiatan Kunjungan Industri sebelumnya identik dengan Sekolah Menengah Kejuruan, tapi kali ini cukup berbeda. Sebab, pesertanya adalah siswa-siswi SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Walau demikian, mereka memang perlu mengetahui tentang informasi terkini terkait dunia industri kreatif.

Acara ini diadakan dengan tujuan memberikan wawasan tentang industri game dan animasi kepada para siswa. Kegiatan dimulai setelah siswa-siswi SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta memasuki area aula, tempat di mana seminar pengenalan profil dan produk perusahaan diselenggarakan. Seminar ini dipandu oleh Kak Nia, yang merupakan perwakilan dari PT Educa Sisfomedia Indonesia. 

Dalam seminar ini, Kak Nia memperkenalkan profil perusahaan kepada siswa-siswi SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Ia menjelaskan visi dan misi perusahaan dengan jelas, memberikan gambaran tentang tujuan dan fokus perusahaan dalam industri game dan animasi.

 

Kunjungan Industri SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta ke GAMELAB.ID

Tak hanya itu, Kak Nia juga memperlihatkan produk-produk unggulan dari GAMELAB.ID dan Educa Studio, yang merupakan bagian penting dari PT Educa Sisfomedia Indonesia. Para siswa dapat melihat berbagai game dan animasi yang telah dikembangkan oleh perusahaan ini. 

Contoh produk Educa Studio adalah game edukasi Marbel (Mari Belajar), Riri (Cerita Anak Interaktif), Kabi (Kisah Teladan Nabi), Emak-Emak Matik, Kolak (Koleksi Lagu Anak) serta Channel YouTube Riri dan Channel YouTube Kabi.

Sedangkan contoh produk GAMELAB.ID adalah berupa pelatihan online. Misalnya  Teaching Factory, Magang Online Bersertifikat, Kelas IndustriPelatihan Prakerja, Program SMK Binaan, Kelas Akademi dan banyak lagi.

 

Kunjungan Industri SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta ke GAMELAB.ID

Siswa-siswi SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta juga diberikan informasi tentang proses pembuatan game dan animasi, mulai dari perencanaan hingga tahap rilis. Kak Nia juga menjelaskan platform-platform pemasaran yang digunakan, seperti Google Play Store dan App Store untuk game, serta YouTube, Vidio dan platform lainnya untuk animasi.

Seminar ini menjadi semakin menarik ketika siswa-siswi SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta diberikan kesempatan untuk berinteraksi langsung dan mengajukan pertanyaan kepada Kak Nia. Sesi tanya jawab ini berlangsung dengan penuh antusiasme dan memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang industri game dan animasi.

 

Kunjungan Industri SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta ke GAMELAB.ID

Melihat Produk Game dan Animasi Secara Langsung

Selanjutnya, kegiatan Kunjungan Industri dilanjutkan dengan mengamati secara langsung produk-produk dari PT Educa Sisfomedia. Para siswa diberikan kesempatan untuk melihat dan memainkan game serta animasi yang telah dikembangkan di perusahaan ini. Mereka dapat mencoba game dan animasi tersebut melalui perangkat layar sentuh yang telah disediakan. 

Game dan animasi yang terdapat pada perangkat ini merupakan karya dari peserta Kelas Online di GAMELAB.ID, yang terdiri dari siswa-siswi SMK, mahasiswa dan masyarakat umum. Hal ini memperlihatkan keterlibatan dan partisipasi berbagai kelompok dalam mengembangkan produk-produk kreatif.

Selain itu, siswa-siswi SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta juga diberikan kesempatan khusus untuk mencoba game berbasis Virtual Reality (VR) atau Augmented Reality (AR) yang merupakan karya dari Educa Studio. Pengalaman ini memberikan siswa gambaran tentang perkembangan teknologi dan kemajuan di industri game dan animasi.

 

Kunjungan Industri SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta ke GAMELAB.ID

Baca Juga : UKK RPL SMK NU Dolopo Mendapat Sentuhan Industri dengan Kolaborasi Gamelab Indonesia

Penutup

Kunjungan Industri ini berjalan lancar dan memberikan manfaat yang besar bagi semua peserta. Para siswa mendapatkan akun GAMELAB.ID secara gratis sebagai bekal untuk mempersiapkan karier mereka di masa depan. 

Akun ini dapat digunakan untuk mengikuti berbagai pelatihan online yang tersedia di GAMELAB.ID, baik yang gratis maupun berbayar. Selain itu, mereka juga menerima e-sertifikat sebagai penghargaan atas partisipasi mereka dalam Kunjungan Industri ini.

Diharapkan Kunjungan Industri ini memberikan wawasan dan inspirasi kepada siswa-siswi SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta dalam mengembangkan minat dan bakat mereka di bidang game dan animasi. Semoga dengan adanya pengalaman ini, mereka mampu menjadikan potensi kreativitas mereka sebagai modal untuk masa depan yang cerah di industri yang semakin berkembang pesat ini.

Yuk, adakan Kunjungan Industri di GAMELAB.ID. Kegiatan ini dapat membantu kamu untuk menambah wawasan dan pengetahuan seputar dunia industri, terutama industri kreatif lebih dalam lagi. Untuk kerja sama kegiatan Kunjungan Industri ke GAMELAB.ID, klik link ini.


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Selasa, 20 Juni 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI