BERITA BISNIS & ADMINISTRASI Memahami Mekanisme Dasar Pembuatan Laporan Keuangan, Hanya di GLOW!

Memahami Mekanisme Dasar Pembuatan Laporan Keuangan, Hanya di GLOW!

Oleh Hafizhan Fathu Radifan | Minggu, 16 Juli 2023

Memahami Mekanisme Dasar Pembuatan Laporan Keuangan, Hanya di GLOW!

GLOW ( GAMELAB.ID Online Webinar) kali ini membahas seputar dunia akuntansi yang pasti seru dan bermanfaat buat kamu. Yuk kita simak keseruannya.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Halo Sobat GAMELAB.ID! Kali ini MinLab akan menceritakan beberapa keseruan dalam acara GLOW ( GAMELAB.ID Online Webinar) yang dilaksanakan pada tanggal 30 Juni 2023 tentang Memahami Mekanisme Dasar Pembuatan Laporan Keuangan (2). Yuk, kita simak!

Serunya Kegiatan GLOW

GLOW (GAMELAB.ID Online Webinar) kali ini berlangsung dengan judul Memahami Mekanisme Dasar Pembuatan Laporan Keuangan dan dibawakan oleh Kak Verlina Anggita Kartika Putri, Co-Trainer Administrasi dan Akuntansi di GAMELAB.ID.

GLOW kali ini bertujuan untuk memberikan wawasan mendalam dan skill baru dalam dunia akuntansi untuk para peserta. Agenda GLOW dirancang dengan baik, menawarkan materi dan sesi tanya jawab yang memperkaya pemahaman peserta. Trainer yang dihadirkan menyampaikan materi laporan keuangan dengan jelas dan terstruktur, membahas aspek-aspek kunci dari topik yang dibahas. Materi yang disajikan meliputi membuat laporan keuangan untuk kinerja keuangan lebih baik untuk bisnis.

“Akuntansi adalah pelajaran yang sangat membantu saya.” —Julian Robertson

Salah satu aspek menarik dari GLOW kali ini adalah partisipasi aktif peserta dalam sesi tanya jawab. Para peserta dengan antusias memberikan pertanyaan, berbagi pandangan mereka, dan mendiskusikan isu-isu yang relevan. Keterlibatan ini menciptakan suasana interaktif dan memperkaya nilai GLOW kali ini.

GLOW juga memberikan manfaat yang signifikan bagi peserta dalam mendapatkan wawasan dan skill baru, dan pemahaman yang lebih dalam tentang dunia akuntansi. Secara keseluruhan, GLOW yang berlangsung kurang lebih 1 jam tersebut sukses dalam menyebarkan pengetahuan dan skill baru untuk para peserta. Materi yang disampaikan oleh trainer sangat berharga, dan partisipasi aktif peserta mencerminkan minat yang tinggi dalam topik yang dibahas.

Pentingnya Laporan Keuangan Untuk Bisnis

Dalam dunia bisnis yang kompetitif, laporan keuangan menjadi alat yang sangat penting untuk menggambarkan kesehatan keuangan suatu perusahaan. Laporan keuangan menyediakan informasi yang akurat dan terperinci tentang kinerja keuangan, posisi keuangan, dan arus kas perusahaan. Maka dari itu GLOW(GAMELAB.ID Online Webinar) kali ini akan membahas mengapa dalam dunia akuntansi membuat laporan keuangan secara teratur sangat penting untuk kesuksesan bisnis kamu.

1. Mengukur Kinerja Keuangan

Laporan keuangan memungkinkan kamu untuk mengukur kinerja keuangan bisnis kamu. Melalui laporan laba rugi, kamu dapat melihat apakah perusahaan menghasilkan laba atau mengalami kerugian dalam periode waktu tertentu. Neraca akan memberikan gambaran tentang aset, kewajiban, dan ekuitas perusahaan pada saat tertentu. Dengan membandingkan laporan keuangan dari periode ke periode, kamu dapat mengidentifikasi tren dan pola yang muncul serta mengukur kemajuan keuangan perusahaan.

2. Membantu dalam Perencanaan dan Pengendalian

Laporan keuangan membantu dalam perencanaan keuangan jangka panjang dan pengendalian bisnis. Dengan menganalisis laporan keuangan, kamu dapat mengidentifikasi tren dan pola, mengantisipasi risiko keuangan, dan membuat keputusan yang lebih tepat tentang alokasi sumber daya. Laporan keuangan juga membantu dalam mengendalikan biaya, mengoptimalkan pendapatan, dan mencapai tujuan keuangan yang telah ditetapkan.

3. Memenuhi Kewajiban Hukum dan Perpajakan

Membuat laporan keuangan secara teratur adalah keharusan hukum dalam banyak yurisdiksi. Laporan keuangan yang disusun dengan benar dan sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku memastikan kepatuhan terhadap persyaratan hukum dan perpajakan. Laporan keuangan yang akurat dan lengkap membantu menghindari masalah hukum dan denda yang mungkin timbul akibat ketidakpatuhan.

Baca Juga : Mengetahui Tujuan Utama Akuntansi dan Prospek Karier Jurusan Sekolahnya!

Penutup

Membuat laporan keuangan secara teratur adalah kegiatan yang penting dan diperlukan untuk keberhasilan kinerja keuangan di bisnis kamu. Laporan keuangan menyediakan informasi yang penting untuk pengambilan keputusan yang informasional, mengukur kinerja keuangan, dan memenuhi kewajiban hukum. Dengan memanfaatkan laporan keuangan dengan baik, kamu dapat mengelola bisnis dengan lebih efektif, mengidentifikasi peluang pertumbuhan, dan membangun kepercayaan dengan pemangku kepentingan.

Ada informasi menarik, nih! GAMELAB.ID mempunyai kelas bisnis yang pasti sangat berguna buat kamu yaitu kelas Akuntansi untuk UMKM. Dengan mendaftar sekarang kamu akan dapat skill baru, bisa tanya jawab melalui Whatsaap Grup dan E-Sertifikat. Yuk gabung sekarang klik disini dan dapatkan diskon 50% ayo buruan sebelum harga naik.

Jangan lupa juga untuk mengikuti GLOW ( GAMELAB.ID Online Webinar) setiap harinya karena akan membawakan judul yang menarik buat kamu dari bidang teknologi dan bisnis. Untuk informasi lebih lanjut bisa kunjungi media sosial Instagram di @gamelab.id

Jadi, tunggu apalagi? Segera mendaftar ya! MinLab tunggu kamu di GLOW selanjutnya.

 


Hafizhan Fathu Radifan

Hafizhan Fathu Radifan

Minggu, 16 Juli 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI