BERITA CREATIVE, DESAIN & MULTIMEDIA Tips dan Langkah-Langkah Belajar CorelDRAW untuk Desain Grafis Pemula

Tips dan Langkah-Langkah Belajar CorelDRAW untuk Desain Grafis Pemula

Oleh Rifka Amalia | Kamis, 27 Juli 2023

Tips dan Langkah-Langkah Belajar CorelDRAW untuk Desain Grafis Pemula

Apakah kamu ingin belajar CorelDRAW? Berikut langkah-langkah dasar yang bisa kamu lakukan jika ingin memulai belajar mengoperasikan CorelDRAW.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Bagi yang tertarik dengan desain grafis, mempelajari CorelDRAW bak sebuah keharusan. CorelDRAW diketahui merupakan software desain grafis yang populer dan serbaguna. Banyak pemula maupun ahli yang menggunakan software tersebut.

Namun, untuk seorang pemula, memulai belajar CorelDRAW mungkin menjadi tantangan tersendiri. Oleh karenanya artikel ini akan memaparkan beberapa tips atau langkah-langkah yang diharapkan dapat mempermudah proses belajar CorelDRAW bagi pemula.

1. Kenali Antarmuka CorelDRAW

Tips dan langkah pertama yang perlu dilakukan oleh pemula yang ingin ahli menggunakan CorelDRAW adalah dengan mengenali antarmuka CorelDRAW. Mengenali setiap elemen dan bagian dalam tampilan software sekaligus memahami fungsi dari masing-masing tools akan membantumu mempercepat proses belajar CorelDRAW. 

2. Pelajari Dasar-dasar Desain Grafis

Sebelum masuk ke dalam detail CorelDRAW, penting untuk memahami dasar-dasar desain grafis. Hal- hal yang perlu kamu pelajari di antara lain yakni komposisi, warna, tipografi, dan prinsip desain lainnya. Memiliki pemahaman yang kuat tentang prinsip-prinsip dan dasar-dasar CorelDRAW akan membantu kamu dalam proses membuat desain yang menarik dan estetis.

3. Eksplorasi Tools

Setelah kamu mengenal antarmuka CorelDRAW, mulailah eksplorasi dan bermain-main dengan berbagai tools yang tersedia. Cobalah untuk membuat proyek kecil seperti membuat desain logo sederhana atau membuat kartu ucapan sederhana.

Proyek 'main-main' semacam itu akan membantumu meningkatkan kemampuan dan memahami cara kerja masing-masing tools pada software CorelDRAW. Pahami pula letak dan fungsi tools-tools CorelDRAW untuk meningkatkan efektivitas dalam mendesain.

4. Pelajari Shortcuts (Pintasan Keyboard)

Shortcuts atau pintasan keyboard merupakan kombinasi tombol yang disediakan komputer untuk memberikan kemudahan dan kecepatan bagi pengguna. Mempelajari shortcuts yang kerap digunakan dalam CorelDRAW turut meningkatkan efisiensi dalam proses mendesain.

Beberapa shortcuts yang sering dipakai saat mendesain menggunakan CorelDRAW antara lain:

  • CTRL + A: Memilih semua objek.
  • CTRL + B: Menebalkan objek.
  • CTRL + C: Mengcopy suatu objek.
  • CTRL + D: Duplikat objek
  • CTRL + E: Ekspor file.
  • CTRL + G: Menambahkan group objek.
  • CTRL + I: Mengimport suatu file.
  • CTRL + J: Menampilkan opsi tambahan.
  • CTRL + N: Membuat lembar kerja baru.
  • CTRL + O: Membuka file dari perangkat.
  • CTRL + Q: Membuat dan menampilkan curva.
  • CTRL + S: Menyimpan hasil kerja.
  • CTRL + T: Mengubah format text.
  • CTRL + U: Memisahkan format group.
  • CTRL + V: Menempel suatu objek copy.
  • CTRL + X: Memotong suatu objek
  • CTRL + Z: Membatalkan perintah (undo).
  • dll

Tips Langkah-Langkah Belajar CorelDRAW - GAMELAB.ID

5. Rajin Praktik dan Latihan

Praktik dan latihan secara teratur merupakan kunci pasti untuk menguasai CorelDRAW. Setelah sempat membuat proyek 'main-main', coba lanjutkan dengan mmebuat proyek desain secara berkala untuk meningkatkan keterampilan.

Latihan secara konsisten bukan hanya membantumu familiar dengan alat-alat CorelDRAW, tapi juga akan meningkatkan kreativitas dan keahlianmu dalam mendesain.

6. Manfaatkan Sumber Belajar Online

Cobalah untuk memanfaatkan sumber belajar online. Hal ini bisa dilakukan dengan menonton konten YouTube, membaca artikel, hingga bergabung dengan forum online yang secara khusus membahas tentan CorelDRAW.

7. Ikut Kelas dengan Profesional

Jika masih kebingungan saat sedang belajar sendiri, ikutlah kelas dan pelatihan yang disediakan oleh pihak ketiga atau pelatih profesional. Bimbingan dari ahlinya akan membantumu mendapatkan panduan yang lebih terarah dalam belajar CorelDRAW.

8. Sering Bereksperimen

Sama halnya ketika mengeksplorasi tools CorelDRAW agar memahami fungsinya dengan baik, kamu juga perlu bereksperimen terhadap proyek desain yang kamu buat. Coba gunakan efek, tekstur, dan temukan gaya desain yang cocok untukmu. Hal ini akan semakin membangun kreativitasmu dalam desain grafis.

9. Pelajari Format File dan Ekspor

Saat menggunakan CorelDRAW, kamu harus memahami tentang format file dan ekspor yang sesuai dengan tujuan. Misalnya cetak, web, atau media sosial. Kamu juga perlu memahami proses ekspor yang benar untuk memastikan kualitas desain yang optimal ketika digunakan pada platform lain.

10. Jangan Malu untuk Bertanya

Apabila menemukan kebingungan dalam proses belajar CorelDRAW, jangan pernah malu untuk mencari bantuan dan bertanya kepada teman maupun profesional. Hal ini akan semakin membantumu dalam proses belajar.

Tips Langkah-Langkah Belajar CorelDRAW - GAMELAB.ID

Baca Juga : Mengupas Esensi dan Pentingnya Navigasi Desain UI/UX untuk Pengalaman Pengguna yang Lebih Baik

Penutup

Tidak ada proses belajar yang instan. Tantangan dan kendala saat mempelajari hal baru adalah sesuatu yang lumrah, termasuk ketika kamu belajar cara mengoperasikan software desain grafis CorelDRAW.

Namun perlu diingat, hasil tidak akan menghianati usaha. Oleh karena itu, jika kamu memang serius ingin menggeluti bidang desain grafis dan ingin ahli menggunakan CorelDRAW, terusalah belajar dan jangan menyerah.

Apabila membutuhkan bantuan profesional, kamu bisa mengikuti kelas Mahir Menggunakan Corel Draw dan Menguasai CorelDRAW dari Dasar sampai Ahli di GAMELAB.ID. Yuk, jadikan dirimu ahli menggunakan CorelDraw dengan mengikuti kelas di GAMELAB.ID. Bingung cara daftar kelasnya? Tanyakan melalui link ini ya.


Rifka Amalia

Rifka Amalia

Kamis, 27 Juli 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI