BERITA CREATIVE, DESAIN & MULTIMEDIA Serunya Membuat Game Berbasis Cerita Menggunakan Visual Novel Maker

Serunya Membuat Game Berbasis Cerita Menggunakan Visual Novel Maker

Oleh Andi Taru | Kamis, 16 Agustus 2018

Serunya Membuat Game Berbasis Cerita Menggunakan Visual Novel Maker

VN Maker adalah sebuah perangkat lunak pengembangan game yang ditujukan untuk pembuatan game berjenis Visual Novel. Bagi kamu yang suka banget sama Visual Novel Games atau lebih fokus pada sisi cerita dan artwork, maka perangkat lunak ini cocok banget bua

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

vnmaker-logo-620x226

Mengenal Visual Novel Games

Novel visual termasuk salah satu jenis permainan petualangan, yang difokuskan di bagian penceritaan, sehingga pemain seringkali hanya membaca novel di komputer pribadi yang menampilkan gambar beserta teks dan suara. Seringkali pemain diharuskan untuk memilih di antara pilihan-pilihan yang ada untuk melanjutkan ke jalan cerita selanjutnya, dan setiap pilihan yang diambil dapat memengaruhi jalan cerita dari Visual Novel yang sedang dimainkan. Istilah lain untuk novel visual adalah novel game atau sound novel (novel bersuara). (Sumber : Wikipedia).

Apa itu VN Maker? 

VN Maker adalah sebuah perangkat lunak pengembangan game yang ditujukan untuk pembuatan game berjenis Visual Novel. Bagi kamu yang suka banget sama Visual Novel Games atau lebih fokus pada sisi cerita dan artwork, maka perangkat lunak ini cocok banget buat kamu. VN Maker tidak mewajibkan penggunanya harus bisa atau menguasai bahasa pemrograman tertentu. Dengan VN Maker, siapapun kamu bisa membuat game visual nove. Maka kalau kamu fokus pada 2D Game Artwork atau Game Story cocok sekali perangkat lunak ini kamu pakai untuk belajar dan mengembangkan game kamu sendiri. 

Kelebihan dan Kemudahan VN Maker

Paling tidak ada 4 kelebihan dan kemudahan yang ditawarkan oleh VN Maker sebagai berikut: 

  1. Friendly, flexible and Powerful 
    • pengguna tinggal melakukan drag and drop untuk melayout tampilan
    • memanipulasi grafis dengan mudah
    • live preview, apa yang kamu lihat adalah yang pemain lihat
  2. Live2D and Voice Sync Support
    • mendukung animasi Live2D sehingga tampilan game kamu menjadi lebih hidup
    • gunakan Live2D tanpa harus membayar lisensi tambahan
  3. Movie and Audio Layering
    • mendukung berbagai jenis film dan audio
    • gunakan film dan audio layaknya layer dan mudah untuk diintegrasikan
  4. Multi-Language Support
    • mendukung berbagai bahasa untuk diimplementasikan di dalam game
    • mendukung kolaborasi untuk export dalam bentuk file CSV


StARs

StARs sendiri adalah singkatan dari Standard Asset Resources yang  berguna untuk membantu kamu yang sedang belajar membuat game visual novel. StARs sendiri terdiri dari berbagai aset gambar karakter, latar belakang, musik dan sound efek yang gratis digunakan apabila kita telah melakukan pembelian software Visual Novel Maker.

Multi Platform

VN Maker sendiri dapat digunakan untuk menghasilkan game di berbagai platform seperti Windows, Linux Ubuntu, Mac OSX, Android, iOS, SteamOS dan Web!

Scripting

Bagi kami yang mau membuat game lebih dinamis bisa mempelajari scripting yang didukung oleh VN Maker. Kalaupun kamu kesulitan dalam hal pemrograman, sebenarnya scripting tidaklah terlalu sulit. Bisa saja kamu berkolaborasi dengan temanmu yang jago pemrograman untuk membantumu. Sedikit informasi bahwa VN Maker mendukung 2 jenis scripting yaitu CoffeeScript dan JavaScript. Kelebihan apabila kita menggunakan scripting adalah kita bisa menambahkan fungsi-fungsi dinamis yang sesuai dengan keinginan perancang game. Kita bisa membuat plugin atau extension, bahkan dengan scripting kita bisa melakukan modifikasi editor dan akses terhadap basis data secara penuh.

Informasi Tambahan

Untuk melakukan instalasi VN Maker ada baiknya kita melihat dulu kebutuhan minimal untuk perangkat lunak ini. Persyaratan Minimum Software VN Maker adalah sebagai berikut: 

  • MINIMUM: Membutuhkan prosesor dan sistem operasi 64-bit
  • OS: Windows 7 / 8.1 / 10 (64bit)
  • PROCESSOR: Intel Core 2 Duo atau lebih baik
  • MEMORI: RAM 4 GB
  • GRAPHICS: DirectX 9 / OpenGL yang berkemampuan GPU
  • DIRECTX: Versi 9.0c
  • PENYIMPANAN: 3 GB ruang yang tersedia
  • CATATAN TAMBAHAN: 1280x768 atau Tampilan lebih baik

Untuk melihat berbagai macam contoh game visual novel hasil dari VN Maker, bisa dilihat di link ini. Untuk belajar lebih lengkap, panduan VN Novel sudah bisa diakses di link ini. Selanjutnya jika kamu suka bersosial, kamu bisa bergabung dengan komunitas VN Maker di sini.


Seru sekali bukan? Memang membuat game itu menyenangkan, tidak kalah serunya dengan memainkan game. Jangan lupa untuk membaca artikel kami yang lain di sini ya: Yuk, Intip Berbagai Pekerjaan di Studio Game.

 


Andi Taru

Andi Taru

Kamis, 16 Agustus 2018

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI