BERITA KARIR Untung dan Rugi Bekerja Sesuai dengan Passion

Untung dan Rugi Bekerja Sesuai dengan Passion


#karir #wirausaha #pekerjaan
Untung dan Rugi Bekerja Sesuai dengan Passion

Banyaknya tuntutan di dunia kerja, terkadang membuat pegawai kantoran merasa tertekan akan hal tersebut. Akhirnya, ada yang resign dan memilih mencoba peruntungan dengan mengikuti kata hatinya, yaitu bekerja sesuai passion atau minatnya.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, desain, coding, 3D artwork, art dan illustrasi dan digital music hanya di GAMELAB.ID!

Bagi sebagian orang, ada yang mencari pekerjaan karena gaji yang ditawarkan sangat besar. Mencari pekerjaan, terkadang menjadi dilema bagi sebagian orang. Ada pekerjaan dengan gaji besar, namun pekerjaan tidak sesuai dengan keinginan. Ada pula pekerjaan yang gajinya sedikit, tapi dia menyukainya karena sesuai dengan minat yang dia sukai.

Passion adalah sesuatu hal yang sangat kuat, sehingga mendorong seseorang untuk bekerja sesuai dengan minatnya. Misal seseorang minat di bidang bercocok tanam, dan tanaman yang dia rawat dapat tumbuh dengan subur. Lalu banyak orang yang minat dengan sayurannya. Akhirnya dia pun keluar dari pekerjaannya dan menekuni minatnya hingga berkembang.

Tidak ada salahnya kita bekerja sesuai dengan passion. Banyak orang mengira, bahwa passion adalah hobi yang kita tekuni. Menurut KBBI, dikutip dari insight talenta Passion adalah keinginan seseorang yang sangat kuat dan antusias, maka dari itu dia akan selalu berusaha bekerja lebih baik lagi sesuai passion. Sedangkan jika hobi, hanya suatu kegiatan yang kita lakukan ketika waktu senggang, meskipun hal tersebut bisa saja menghasilkan uang.

Keuntungan Bekerja Sesuai Passion

  • Dapat mengatur jam kerja sesuai keinginan. Ketika kita bekerja sesuai dengan passion, maka kita dapat bekerja sesuai dengan keinginan kita. Kita dapat mengatur jam kerja,
  • Tidak ada tekanan. Bekerja sesuai dengan passion, akan menghindarkan kita dari tekanan pekerjaan yang ada di kantor. Pada saat tidak ada tekanan dalam bekerja, maka kita lebih semangat untuk bekerja. 
  • Muncul ide-ide baru. Pada saat bekerja di kantoran, terkadang banyak tuntutan kerja yang mau tidak mau harus kita kerjakan. Ketika bekerja tidak sesuai dengan suasana hati, maka daya kreativitas dan ide seseorang tidak dapat berkembang. Beda halnya jika bekerja sesuai dengan passion, maka kita lebih bersemangat, dan ide-ide baru pun akan bermunculan karena kita berpikir positif. 

Kerugian Bekerja sesuai Passion.

  • Kurangnya pemasukan. Jika kita memutuskan bekerja sesuai passion, pendapatan kita belum tentu stabil seperti pada saat bekerja di kantoran. Di kantor setiap sebulan sekali kita mendapatkan gaji, jika menuruti passion belum tentu kita mendapatkan pendapatan per bulannya.
  • Tidak ada yang membantu. Menuruti bekerja sesuai passion, maka kita harus siap bekerja sendiri. Hanya kita yang tahu, apa saja yang diperlukan dalam bisnis tersebut. Sehingga kadang kita kewalahan, ketika mendapat tawaran pekerjaan karena semua kita kerjakan sendiri.
  • Kurangnya waktu Istirahat. Bekerja sesuai dengan minat yang kita suka, maka akan membuat kita selalu bersemangat bekerja. Karena terlalu bersemangat untuk bekerja, sampai membuat kita lupa untuk beristirahat. Cobalah berikan sedikit ruang, supaya tubuh dan pikiranmu dapat santai sejenak.

Jika kalian memang serius menekuni pekerjaan sesuai passion, perbanyaklah mempelajari hal yang sedang kalian tekuni, sehingga wawasan kalian tentang passion kalian pun bertambah. Jangan pernah berhenti untuk belajar. Perluas jaringan pertemanan, siapa tahu kalian bisa belajar dari orang yang berpengalaman. 


Sumber :

  • www.enervon.co.id/article/740/apakah-bekerja-harus-sesuai-passion-berikut-ini-jawabannya/
  • www.enervon.co.id/news/768/ini-5-keuntungan-bekerja-sesuai-passion/

Hanifah prandita

Hanifah prandita

Kamis, 24 September 2020