BERITA KARIR Tips Sukses Fresh Graduate Memasuki Dunia Kerja

Tips Sukses Fresh Graduate Memasuki Dunia Kerja


#karir #pekerjaan
Tips Sukses Fresh Graduate Memasuki Dunia Kerja

Untuk memasuki dunia kerja adalah sebuah pengalaman dan tantangan baru bagi para fresh graduate. Lalu, bagaimana menyiapkan diri agar sukses memasuki dunia kerja?

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY harga lebih murah, bisa belajar kapan saja dan di mana saja. Kelas ditulis oleh professional dari industri berkolaborasi dengan praktisi pendidikan. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Dunia kerja dipenuhi dengan beragam hal-hal baru dan dari kebanyakan orang pasti akan mengalami tantangan serius saat memasuki dunia kerja untuk pertama kalinya, terutama untuk para Fresh Graduate. Istilah fresh graduate mengacu pada orang-orang yang baru saja lulus entah itu SMK/SMA atau Perguruan tinggi dan menginginkan untuk segera bekerja (tidak melanjutkan sekolah/kuliah).

Yang kerap dikhawatirkan biasanya tentang kesiapan diri sendiri untuk memulai mamasuki dunia kerja, baik itu bagaimana nanti akan bertemu dengan lingkungan dan orang baru, bagaimana mengahadapi kendala saat bekerja dan masih banyak lainnya, yang mungkin kini sedang kalian khawatirkan.

Nah, Kali ini Tim Game Lab akan memberikan beberapa kiat-kiat agar para frash graduate sukses memasuki dunia kerja.

Yang Harus Disiapkan Sebelum Mencari Pekerjaan

Sebelum kalian memikirkan untuk mencari pekerjaan dan memasuki duni kerja, ada beberapa hal yang harus disiapkan sebelumnya. Agar kalian siap dengan rintangan apa yang akan kalian hadapi nantinya. Adapun yang harus disaiapkan antara lainnya yaitu :

1. Kedisiplinan Diri

Kunci sukses yang pertama agar bisa diterima dengan baik di dunia kerja yaitu dengan memiliki kedisiplinan yang tinggi. Masih bangun telat setelah lulus dan dapat pekerjaan sehingga pergi ke kantor dalam keadaan mepet? Ini punya pengaruh buruk untuk pekerjaanmu. Jadi mulai sekarang biasakan untuk lebih disiplin ya.

2. Kenali Potensi di Dalam Diri

Sebelum mencari dan melamar untuk suatu pekerjaan di sebuah perusahaan, sebaiknya kenali dulu potensi diri sendiri.

Hal ini bertujuan agar posisi yang kamu lamar sudah sesuai dengan passion, dan ketika sudah diterima bekerja, kamu dapat mengerjakan segala tugas dengan senang hati, sehingga hasilnya lebih optimal. Atau minimal, lamarlah pekerjaan yang memang kamu punya skill di situ. 

3. Membuat List dan Fokus untuk Menetapkan Target

Setelah mengenali potensi yang dimiliki, hal yang harus  dilakukan terlebih dahulu sebelum melamar pekerjaan adalah menentukan jenis pekerjaan apa yang kamu inginkan. Kemudian berusahalah untuk fokus untuk mencapai target yang telah ditentukan.

4. Kuasai Keterampilan Tertentu

Karena perkembangan teknologi kini semakin maju, sehingga harus juga diimbangi dengan sumber daya manusia yang berkualitas juga. Untuk itu, para fresh graduate dituntut untuk menguasai keterampilan tertentu, tidak hanya untuk mengalahkan para pesaing, tapi juga melibas teknologi yang mulai menggantikan peran manusia dalam kegiatan operasional perusahaan.

5. Mampu Membangun Relasi 

Membangun relasi dengan orang lain maupun yang sudah berpengalaman dalam dunia kerja, karena dengan membangun relasi adalah sebuah kunci kesuksesan dalam memasuki dunia kerja yang krusial.

Fleksibel dan juga easy going dapat membuatmu lebih dikenal orang dan mampu membangun relasi dengan banyak orang. Sehingga nantinya saat sudah memasuki duni kerja kamu mampu menjaga baik dengan rekan kerja lainnya.

6. Mempersiapkan Mental yang Kuat untuk Menghadapi Dunia Kerja

Hal yang paling penting dalam memasuki dunia kerja dan mengawali karir sesuai yang diharapkan, yaitu dengan menyiapkan mental yang kuat untuk menghadapi kenyataan saat memulai karir baik secara fisik maupun pikiran.

Karena terkadang saat memulai suatu hal yang baru kita akan menghadap berbai macam halangan, misalnya seperti tertekan dengan adanya deadline, tugas yang menumpuk, dimarahi oleh atasan, atau bahkan tidak cocok dengan rekan kerja. 

Mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja memang penting adanya, dengan kita mempersiapkan diri sejak awal maka akan memudahkan kita untuk mencapai apa yang di harpakan.

Nah, untuk para frash graduate yang sedang mempersiapkan diri untuk memulai memasuki dunia kerja, semangat ya. Jangan lupa untuk menerapkan ulasan di atas. 


Sumber :

  • www.liputan6.com
  • www.topkarir.com
  • mediakonsumen.com

Fauzia Eka Setianingrum

Fauzia Eka Setianingrum

Kamis, 24 September 2020