BERITA KARIR Skills Penunjang Karir di Era Digital

Skills Penunjang Karir di Era Digital

Oleh Fauzia Eka Setianingrum | Jumat, 25 September 2020

Skills Penunjang Karir di Era Digital

Tanpa kita sadari perubahan dunia terjadi dengan sangat drastis. Begitu juga dengan dunia kerja yang kini telah memasuki era digital.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Menghadapi era digital saat ini yang meningkat di setiap harinya, membuat kita harus mengikuti perkembangan tersebut. karena tanpa disadari perubahan yang ada dunia ini terjadi dengan sangat derastis, begitu pula dengan dunia kerja. Jika kita tak ikut serta untuk mengembangkan kemampuan maupun skills dalam diri kita, maka kita akan kesulitan untuk bersaing di zaman teknologi saat ini yang tentunya kelak akan semakin meningkat di setiap harinya.

 Karena itu Game Leb kini akan membahas tentang skills penunjang karir di era digital. Apa sajakah itu ?

Baca Juga : Manfaat dan Tips Efektif Membagi Waktu Untuk Bekerja Dengan Kuliah

Skills Penunjang Karir

Dengan berkembangnya dunia kerja saat ini, maka kita membutuhkan skills penunjang karir di era yang serba digital ini. Maka dari itu kita harus mempersiapkan diri untuk pekerjaan di masa depan yang tidak bisa diprediksi. Berikut adalah keahlian khusus maupun skills yang harus kamu kuasai agar mampu bersaing di dunia kerja di era digital saat ini.

1. Pengembangan Mental dan Kognutif

Pengembangan mental dan kognutif di perlukan untuk dapatmengkonsep berbagai macam ide yang kompleks sekaligius. Karena dengan semakin berkembangnyadunia digital saat ini menuntut kita untuk mengembangkan mental dan kognutif pada diri. Karena selain mampu mengambil peluang dan menangani tantangan yang besar dalam karir. Maka akan menjadi nilai tambah untuk diri kita sendiri untuk menunjang karir di dunia kerja.

2. Pengembangan Literasi Digital dan Komputasi

Literasi digital merupakan kemampuan menggunakan teknologi dan komunikasi untuk mengkomunikasikan konten maupun informasi dengan kecepatan kognutif dan teknikal. Dan juga respons terhadap perkembangan teknologi dalam menggunakan media untuk mendukung masyarakat memiliki kemampuan membaca serta meningkatkan keinginan masyarakat untuk membaca.

Karena dengan kondisi saat ini yang menyertakan berbagai hal denga digital, maka kita akan di hadapkan dengan teknologi digital seperti kecerdasan buatan (AI),  pembelajaran mesin, Internet Of Things (IoT),  dan ilmu komputasi. Maka dari itu dengan mengembakan literasi digital dan komputasi saat ini sangatlah membantu untuk menjenjang karir.

3. Profesional dalam Berkomunikasi Melalui Social Media

Mengapa berkomunikasi secara professional lewat social media sangat diperlukan?. Karena pada penerapannya, social media memang banyak digunakan untuk beberapa hal yang penting, mulai dari pekerjaan, dan lain-lain. Terlebih lagi, hampir semua profesi yang akan kamu jalani nantinya akan berhubungan dengan social media. Sehingga semakin profesionalnya kita dalam berkomunaksi akan memudahkan kita untuk menghadapi berbagai macam mengambil peluang maupun menghadapi probelm dalam dunia kerja.

4. Keahlian Analisis

Kemampuan analisis pada manusia mengimbangi cara kerja teknologi digital yang bekerja hanya menurut sistem saja. Disetiap pekerjaan kita harus bisa beradaptasi dengan segala perubahan yang terjadi, termasuk perubahan masalah. Di era digital ini, masalah yang muncul akan semakin kompleks dan dinamis, sehingga butuh penyelesaian yang tidak biasa.

Oleh karena itu, kita akan semakin dituntut untuk memiliki kemampuan kemampuan analisa untuk pemecahan masalah yang kompleks (Complex Problem Solving) yang nantinya akan muncul.

5. Kreatif dan Inovatif

Kecerdasan kreatifitas dan inovasi yang mumpuni sangat berpengaruh besar dalam pengembangan teknologi kedepannya. Maka dari itu dengan memanfaatkan kreatifitas dan inovatif yang ada dalam diri akan memudahkan kita untuk bersaing dalam dunia kerja di era digital saat ini. 

Nah, itulah keahlian-keahlian maupun skills yang harus diasah dengan baik guna mempersiapkan diri  di masa yang akan datang. Teknologi dan sumber daya manusia harus berjalan seimbang agar semua pekerjaan bisa teratasi dengan baik. 

Sumber :

 


Fauzia Eka Setianingrum

Fauzia Eka Setianingrum

Jumat, 25 September 2020

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI