BERITA KUNJUNGAN INDUSTRI Kunjungan Industri SMK Tamtama Karanganyar Kebumen ke GAMELAB.ID

Kunjungan Industri SMK Tamtama Karanganyar Kebumen ke GAMELAB.ID

Oleh Rifka Amalia | Kamis, 7 September 2023

Kunjungan Industri SMK Tamtama Karanganyar Kebumen ke GAMELAB.ID

SMK Tamtama Karanganyar Kebumen melakukan Kunjungan Industri ke kantor GAMELAB.ID pada Kamis, 7 September 2023.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Pada Kamis, 7 September 2023, siswa-siswi SMK Tamtama Karanganyar Kebumen berkunjung ke kantor Gamelab Indonesia (GAMELAB.ID) dalam agenda Kunjungan Industri di Jalan Kalisombo No.18 Salatiga, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah. Kegiatan kunjungan ini berjalan dengan lancar.

Pengenalan Industri Kreatif

Dihadiri oleh siswa-siswi SMK Tamtama Karanganyar dan sejumlah guru pendamping, agenda diawali dengan pengenalan dunia industri kreatif kepada para para peserta Kunjungan Industri.

Pengenalan tersebut disampaikan oleh Kak Nia selaku perwakilan Gamelab Indonesia. Adik-adik SMK Tamtama Karanganyar yang hadir merupakan jurusan dari Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ).

Kunjungan Industri ini membuka peluang bagi siswa-siswi SMK untuk memperoleh gambaran nyata mengenai berjalannya sebuah industri di pasar kerja. Khususnya, pada kesempatan kali ini, mereka mendapat pengetahuan tambahan terkait pembuatan animasi dan pengembangan game.

Hidup di era digital, game dan animasi menjadi satu di antara sektor yang turut memajukan industri kreatif. PT Educa Sisfomedia Indonesia sebagai perusahaan yang membangun startup Educa Studio dan GAMELAB.ID juga bergerak di bidang kreatif, tepatnya industri kreatif digital.

Siswa-siswi SMK Tamtama Karanganyar pun dikenalkan dengan produk-produk Educa Studio dan GAMELAB.ID. Sebagai perusahaan pengembang media pendidikan, Educa Studio memiliki beberapa produk berbasis games, buku, dan animasi.

Kunjungan Industri SMK Tamtama Karanganyar Kebumen - GAMELAB.ID

Produk-produk Educa antara lain bernama Marbel (Mari Belajar Sambil Bermain), Riri (Cerita Anak Inspiratif), Kabi (Kisah Teladan Nabi), dan Kolak (Lagu Anak Indonesia). Produk-produk itu dikembangkan dengan tujuan memaksimalkan teknologi untuk menciptakan proses belajar yang cepat tepat, mudah murah, dan muenyenangkan (CEMUMU).

Di sisi lain, Gamelab memiliki produk yang berfokus pada pengembangan keterampilan anak SMK. Gamelab berkomitmen menjadi sebuah platform pendidikan, magang, dan pelatihan yang membantu mengoptimasi skill digital dengan materi yang disusun oleh profesional di bidangnya.

Proses pembelajaran di Gamelab berbasis pada 3 kebutuhan industri, yakni bidang teknologi, kreatif, dan bisnis. Produk-produk Gamelab antara lain kelas akademi, program magang/PKL, kelas Prakerja, Teaching Factory, dan SMK Binaan.

Pada Kunjungan Industri kali ini, Kak Nia memberikan bayangan terkait pekerjaan yang kelak bisa digeluti oleh adik-adik SMK Tamtama Karanganyar Kebumen. Sebagai jurusan yang juga belajar tentang komputer, siswa-siswi SMK Tamtama Karanganyar tentu sangat dekat dengan teknologi.

Kunjungan Industri SMK Tamtama Karanganyar Kebumen - GAMELAB.ID

Webinar dengan Expert Industri

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan webinar bersama expert industri. Webinar ini dipimpin oleh Kak Candra selaku expert game developer Educa Studio. Diskusi dengan Kak Candra membuka wawasan siswa-siswi SMK Tamtama Karanganyar tentang proses produksi game dan animasi dari tahap awal sampai akhir.

Showcase Animasi dan VR

Hal yang membuat siswa-siswi SMK Tamtama Karanganyar semakin antusias adalah karena mereka diizinkan untuk mencoba game Virtual Reality (VR) atau Augmented Reality (AR) buatan Educa. Terlihat antusiasme mereka saat satu per satu menjajal teknologi game tersebut.

Kunjungan Industri SMK Tamtama Karanganyar Kebumen - GAMELAB.ID

Mereka juga bersemangat saat menyaksikan showcase animasi yang dipamerkan di GAMELAB.ID. Pengalaman mencoba VR dan melihat hasil karya animasi ini tak cuma memberikan hiburan, tapi juga suntikan semangat agar kelak siswa-siswi SMK Tamtama Karanganyar dapat membuat karya serupa, atau justru lebih canggih dan kreatif.

Kunjungan Industri SMK Tamtama Karanganyar Kebumen - GAMELAB.ID

Baca Juga : SMK Delta Presiden Kunjungan Industri ke GAMELAB untuk Mendapatkan Materi yang Relevan Industri

Penutup

Kunjungan Industri merupakan agenda penting yang memberi kesempatan siswa-siswi SMK untuk melangsungkan pembelajaran di luar sekolah, sehingga bisa melihat secara langsung lingkungan industri yang sesuai dengan jurusan mereka di sekolah.

Wawasan terkait industri kreatif pembuatan game dan animasi diharapkan mampu memotivasi siswa-siswi SMK Tamtama Karanganyar Kebumen agar tidak menyerah dalam proses meraih mimpi untuk berkarir di bidang kreatif.

Kegiatan ini bisa menjadi pengalaman berharga agar anak-anak SMK semakin paham tentang gambaran dunia kerja, sehingga mereka semakin terdorong melakukan persiapan sedini mungkin untuk meningkatkan keterampilan di bidang relevan.

Apakah sekolahmu sudah melaksanakan Kunjungan Industri? Jika belum, yuk jalin kerja sama dengan GAMELAB untuk program Kunjungan Industri dengan menghubungi link ini.


Rifka Amalia

Rifka Amalia

Kamis, 7 September 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI