BERITA SMK Inilah Prospek Kerja Bidang Industri Kreatif Bagi Lulusan SMK

Inilah Prospek Kerja Bidang Industri Kreatif Bagi Lulusan SMK

Oleh Rifka Amalia | Jumat, 21 Juli 2023

Inilah Prospek Kerja Bidang Industri Kreatif Bagi Lulusan SMK

Simak prospek kerja industri kreatif bagi lulusan SMK berikut ini. Bidang industri kreatif menjadi salah satu program atau jurusan yang dipelajari di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Apakah kamu lulusan SMK bidang industri kreatif yang ingin langsung kerja? Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memang jalur pendidikan yang sangat relevan dengan dunia kerja. Dalam pembelajarannya, kamu sebagai siswa SMK tentu dibekali keterampilan-keterampilan agar bisa bersaing di dunia kerja.

Adapun salah satu jurusan yang dewasa ini banyak diminati oleh siswa SMK adalah bidang industri kreatif. Artikel ini akan mengulas mengenai pentingnya SMK bidang industri kreatif dan prospek kerja apa saja yang bisa digeluti lulusannya.

Pentingnya SMK Bidang Industri Kreatif

SMK bidang industri kreatif memiliki peran penting dalam mengembangkan potensi kreativitas siswa. Melalui program-program ini, siswa diperkenalkan dengan berbagai disiplin ilmu dan keterampilan kreatif, seperti desain grafis, multimedia, fotografi, animasi, seni teater, dan lain sebagainya.

Hal ini membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreativitas, serta keahlian teknis yang dibutuhkan dalam dunia industri kreatif.

Saat ini, kita hidup di era digital di mana inovasi berkembang sangat pesat. Hal ini berpengaruh terhadap kebutuhan akan tenaga kerja yang kreatif dan terampil.

Jenis Program di SMK Bidang Industri Kreatif

SMK bidang industri kreatif menawarkan berbagai program yang dapat dipilih oleh siswa. Beberapa program yang umumnya tersedia diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Desain Grafis: Program ini mengajarkan siswa tentang pembuatan desain visual yang kreatif menggunakan perangkat lunak desain seperti Adobe Photoshop, Illustrator, dan CorelDRAW.
  2. Multimedia: Program ini menggabungkan elemen desain, audio, dan video untuk menciptakan produk multimedia interaktif, seperti presentasi, website, animasi, dan video editing.
  3. Fotografi: Program ini mengajarkan siswa tentang teknik fotografi, pengeditan gambar, dan penggunaan peralatan fotografi profesional.
  4. Seni Teater: Program ini mengembangkan bakat siswa dalam seni pertunjukan, termasuk akting, naskah, pengaturan panggung, dan produksi teater.
  5. Animasi: Program ini mengajarkan siswa tentang teknik animasi 2D dan 3D, pemodelan karakter, dan penggunaan perangkat lunak animasi seperti Adobe Animate dan Blender.

Perlu diingat, program-program industri kreatif antar satu SMK dan SMK lainnya bisa saja berbeda. Meski yang dipelajari sama, terkadang nama jurusannya pun bisa berbeda, seperti Desain Komunikasi Visual atau Broadcasting dan Film yang termasuk ke dalam lingkup multimedia. Ada pula SMK yang memiliki jurusan seni musik, seni tari, seni rupa, dan lainnya.

Prospek Kerja Industri Kreatif bagi Lulusan SMK - GAMELAB.ID

Prospek Kerja di Bidang Industri Kreatif

Dalam dunia digital dan kreatif seperti saat ini, lulusan SMK bidang industri kreatif memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Beberapa prospek karir yang dapat dikejar oleh lulusan SMK bidang industri kreatif antara lain sebagai berikut.

1. Desainer Grafis

Pekerjaan desainer grafis saat ini dibutuhkan oleh hampir seluruh perusahaan. Beberapa di antaranya adalah agensi kreatif, perusahaan penerbitan, perusahaan periklanan, dan lainnya. Dengan keahlian desain grafis, kamu juga bisa menjadi pekerja lepas atau bahkan membangun jasa dan usahamu sendiri.

2. Game Desainer

Jurusan industri kreatif dengan fokus pada desain permainan dapat membuka peluang kerja sebagai desainer permainan alias game desainer. Pada pekerjaan ini, kamu bisa menciptakan konsep permainan yang menarik dan menghibur.

3. Multimedia Developer

Dalam perusahaan teknologi dan media, lulusan SMK bidang industri kreatif dapat bekerja sebagai multimedia developer, menciptakan konten interaktif untuk website, aplikasi, atau presentasi bisnis.

4. Fotografer

Keterampilan menggunakan kamera yang dipelajari selama sekolah dapat menjadikanmu fotografer profesional. Belakangan, jasa fotografi juga membludak karena banyaknya permintaan. Selain bekerja secara mandiri, kamu bisa menjadi fotografer untuk studio foto, perusahaan periklanan, atau media.

5. Animator

Keahlian membuat animasi bisa menjadikanmu sebagai animator 2D atau 3D. Kamu bisa bekerja di bidang  produksi film, video game, televisi, iklan, maupun industri kreatif lainnya. Kamu juga bisa bekerja sebagai freelancer untuk pasar kerja di dalam maupun luar negeri.

6. Pengembang Web

Jika kamu memiliki keahlian dalam desain web dan pengembangan, maka kamu bisa bekerja sebagai pengembang web atau UI/UX designer di perusahaan teknologi atau agensi digital. Pentingnya keberadaan website di semua sektor usaha membuat banyak perusahaan membutuhkan UI/UX designer.

7. Produser Konten Multimedia

Kamu juga bisa menjadi produser konten multimedia, loh. Pekerjaan ini belakangan santer dilakukan berbagai kalangan mulai dari artis sampai orang biasa. Kamu bisa menciptakan konten kreatif seperti video, podcast, atau konten interaktif lainnya untuk keperluan pemasaran atau hiburan.

Prospek Kerja Industri Kreatif bagi Lulusan SMK - GAMELAB.ID

Baca Juga : Menilik Dapur Industri, SMA ABBS Surakarta Adakan Seminar Industri ke Gamelab Indonesia

Penutup

Lulusan SMK bidang industri kreatif tak terbatas pada pekerjaan yang telah disebutkan di atas saja. Kamu juga bisa menjadi pekerja seni, music desainer, freelancer, entrepreneur, bekerja di industri periklanan, dan pekerjaan-pekerjaan spesifik sesuai jurusan yang diambil lainnya. Untuk mencapai pekerjaan-pekerjaan di bidang ini, kamu perlu memiliki keterampilan dan pengalaman yang relevan dengan perusahaan impian.

Mulailah mencari pengalaman dan mengembangkan keterampilan dengan mengikuti Magang Online atau Kelas Online di GAMELAB.ID. Tersedia berbagai pilihan kelas dan materi yang bisa kamu ikuti, termasuk bidang kreatif dan desain. Daftar sekarang yuk, jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan hubungi link ini ya.

 


Rifka Amalia

Rifka Amalia

Jumat, 21 Juli 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI