BERITA PRESS RELEASE Sinkronisasi Kurikulum SMKN 7 Batam dan Gamelab Indonesia

Sinkronisasi Kurikulum SMKN 7 Batam dan Gamelab Indonesia

Oleh Rifka Amalia | Rabu, 20 September 2023

Sinkronisasi Kurikulum SMKN 7 Batam dan Gamelab Indonesia

Gamelab Indonesia dan SMKN 7 Batam telah melakukan sinkronisasi kurikulum dalam program SMK Binaan. Agenda tersebut berjalan dengan lancar.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Kegiatan sinkronisasi kurikulum antara SMKN 7 Batam dan Gamelab Indonesia dilangsungkan pada 18 September 2023. Ini merupakan kelanjutan dari kerja sama SMK Binaan yang sebelumnya dilakukan kedua belah pihak.

Apa Itu Sinkronisasi Kurikulum?

Sinkronisasi kurikulum adalah proses menyelaraskan standar kualitas pendidikan antara pihak sekolah kejuruan dan industri. Tujuan sinkronisasi kurikulum yakni untuk mencapai tujuan yang sama dalam pendidikan sehingga dapat menciptakan output lulusan SMK yang berkualitas.

Dalam kegiatan sinkronisasi kurikulum, pihak Gamelab Indonesia memaparkan terlebih dulu kurikulum yang ke depannya akan digunakan oleh siswa-siswi jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) dengan kompetensi Animasi 3D.

Disampaikan pula mengenai tiga komponen pembentuk Kelas Industri, yakni industri, sekolah dan guru, dan siswa. Selaku mitra, Gamelab menyiapkan kurikulum pembelajaran yang sudah disesuaikan dengan standar industri.

Gamelab juga menyediakan pengajar atau trainer profesional yang sudah memiliki pengalaman matang di bidang Animasi 3D. Di sisi lain, sekolah dan guru akan memberi pendampingan, pengarahan, dan menyediakan fasilitas untuk pelaksanaan Kelas Industri.

Dalam prosesnya, siswa-siswi jurusan DKV SMKN 7 Batam akan dilatih oleh instruktur profesional dan diberi kesempatan menggarap projek-projek nyata kompetensi Animasi 3D.

Pelatihan-pelatihan dan proyek nyata yang dikerjakan akan membantu mereka dalam membangun portofolio untuk persiapan mencari kerja setelah lulus kuliah nanti. Siswa juga akan mendapat sertifikat, kesempatan magang di industri relevan, dan menjalin relasi dengan dunia usaha/dunia industri (DU/DI).

Sinkronisasi Kurikulum SMKN 7 Batam - GAMELAB

Pelaksanaan Kelas Industri

Sebelum melaksanakan Kelas Industri, SMKN 7 Batam bersama Gamelab perlu mempersiapkan beberapa hal. Di antaranya ketersediaan peserta, ruang laboratorium, metode sinkronisasi, hingga jadwal konsultasi.

Sekolah diharapkan memastikan beberapa hal seperti branding laboratorium, instalasi software, hingga publikasi. SMKN 7 Batam juga diberi kebebasan untuk memilih guru pendamping dan guru monitoring.

Kurikulum industri yang sudah disinkronisasi juga dipastikan akan berpengaruh terhadap nilai rapor siswa. Kelas Industri Gamelab sendiri menerapkan prinsip yang berfokus pada aksi-aksi kecil yang dilakukan secara konsiten untuk menghasilkan perubahan positif yang terus berkelanjutan.

Sebagai informasi, sebelumnya SMKN 7 Batam dan Gamelab telah sepakat menjalin kerja sama SMK Binaan yang diresmikan secara virtual sekira bulan Agustus 2023.

SMK Binaan Gamelab

Sebagai industri yang bergerak di bidang teknologi dan digital kreatif, Gamelab memiliki tiga tujuan, yakni meningkatkan kualitas SMK, mendekatkan SMK dan Industri, serta meningkatkan kualitas lulusan SMK.

Gamelab juga telah bekerja sama dengan lebih dari 185 SMK dalam program SMK Binaan. Menjadi siswa binaan Gamelab akan memberikanmu beberapa manfaat, antara lain:

  • Memperoleh pengalaman kerja nyata di sebuah industri yang meningkatkan persiapan bekerja setelah lulus nanti.
  • Mendapat pembelajaran dari instruktur atau trainer profesional yang sudah lama berkecimpung di bidangnya.
  • Menghasilkan siswa yang terampil, kompeten, dan siap terjun ke dunia kerja.
  • Menghasilkan sumber daya manusia (SDM) lulusan SMK yang berkualitas.
  • Kesempatan magang di industri dan menerapkan ilmu-ilmu praktikal.
  • Terjalinnya hubungan kerja sama dengan dunia usaha dan dunia industri.
  • Bisa langsung kerja.

Adapun SMK yang bisa bekerja sama dengan Gamelab adalah yang memiliki sejumlah jurusan berikut:

  • Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
  • Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim (PPLG)
  • Multimedia (MM)
  • Bisnis Daring Pemasaran (BDP)
  • Otomatisasi & Tata Kelola Perkantoran (OTKP)
  • Desain Komunikasi Visual (DKV)
  • Akuntansi Keuangan dan Lembaga (AKL)
  • Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)

Sinkronisasi Kurikulum SMKN 7 Batam - GAMELAB

Baca Juga : Memperkaya Ilmu Digital Accounting, SMK Gema Nusantara Melaksanakan UKK bersama Gamelab Indonesia

Penutup

Kerja sama antara Gamelab dan SMKN 7 Batam diharapkan berjalan lancar dan membuka pintu untuk kerja sama-kerja sama lainnya. Siswa-siswi yang menjalani program dengan bersungguh-sungguh akan menjadi lulusan yang tak cuma berkualitas, tetapi juga berani dan siap digunakan di pasar kerja.

Sejauh ini, siswa-siswi SMK Binaan Gamelab telah menelurkan beragam karya kreatif. Misalnya karya 3D, karya 2D, karya web frontend, game programming, dan karya-karya lainnya.

Jika sekolahmu ingin memberikan persiapan kerja yang baik, maka usulkan agar mereka bekerja sama dalam program SMK Binaan Gamelab. Kamu bisa menghubungi link ini ya.


Rifka Amalia

Rifka Amalia

Rabu, 20 September 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI