BERITA SMK Nyata! Manfaat Ikut Kelas Industri Bagi Siswa SMK

Nyata! Manfaat Ikut Kelas Industri Bagi Siswa SMK

Oleh Rifka Amalia | Kamis, 31 Agustus 2023

Nyata! Manfaat Ikut Kelas Industri Bagi Siswa SMK

Mengikuti program Kelas Industri memberikan manfaat nyata bagi siswa SMK. Kelas Industri bukan sekedar mengenalkan dunia industri kepada para siswa.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Manfaat Ikut Kelas Industri Bagi Siswa SMK - Di tengah perkembangan dunia industri yang semakin cepat, persiapan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) harus sejalan dengan kebutuhan industri. Pasalnya, siswa SMK memang disiapkan untuk langsung terjun ke dunia kerja pasca-lulus sekolah. Satu di antara cara untuk memastikan siswa memiliki keterampilan dan pengetahuan yang relevan adalah dengan mengikuti Kelas Industri.

Apa Itu Kelas Industri?

Kelas Industri adalah program pendidikan pengadaan kelas khusus di lingkungan sekolah yang melibatkan kolaborasi antara institusi pendidikan dan industri. Masing-masing Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) diberi kebebasan dalam menentukan partner atau rekanan industri yang sesuai dengan kompetensi dan jurusan yang tersedia di sekolah.

Adapun tujuan dibentuknya Kelas Industri adalah untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) SMK yang berkualitas, kompeten, terampil, dan sesuai dengan kebutuhan industri saat ini. Ini tentu langkah yang sangat dibutuhkan sebagai persiapan terjun ke dunia kerja yang kompetitif.

Melalui program Kelas Industri, siswa SMK memiliki kesempatan untuk belajar secara praktis di lingkungan industri sesuai dengan bidang kejuruan yang mereka pilih. Kelas Industri dapat membantu menghubungkan pemahaman teori yang didapatkan siswa di sekolah dengan pengalaman nyata di lapangan kerja, sehingga siswa dapat lebih siap menghadapi tuntutan dunia kerja setelah lulus.

Manfaat Kelas Industri Bagi Siswa SMK - GAMELAB.ID

Manfaat Ikut Kelas Industri Bagi Siswa SMK

Kelas Industri dapat dilaksanakan jika pihak sekolah dan industri telah membuat kesepakatan untuk bekerja sama. Dengan mengikuti Kelas Industri, siswa SMK bisa memperoleh beberapa manfaat berikut ini:

1. Implementasi Pembelajaran

Kelas Industri memungkinkan siswa mengimplementasikan secara langsung apa yang mereka pelajari di kelas dalam situasi nyata di industri. Ini membantu mereka memahami konsep-konsep dengan lebih baik karena melihat bagaimana teori diterapkan dalam praktik.

Nantinya, pihak sekolah dan industri juga perlu melakukan penyesuaian atau sinkronisasi kurikulum untuk menyempurnakan kurikulum yang selaras antara dunia pendidikan dan industri.

Sinkronisasi ini melibatkan penambahan materi yang lebih praktis dan aplikatif, pengurangan aspek teori yang kurang relevan, serta penyesuaian jadwal pembelajaran agar tidak mengganggu kurikulum reguler di sekolah yang wajib dirampungkan siswa SMK.

2. Meningkatkan Keterampilan

Diketahui, program Kelas Industri memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan keterampilan praktis yang relevan dengan bidang kejuruan yang mereka pilih. Di Kelas Industri, siswa bisa belajar bagaimana menggunakan alat, mesin, atau perangkat lunak yang sesuai dengan industri tersebut.

Dalam konteks ini, meningkatkan keterampilan mengacu pada proses di mana siswa memperoleh, mengasah, dan mengaplikasikan gagasan serta pengetahuan ke dalam keterampilan teknis serta soft skills yang diperlukan untuk sukses di dunia kerja.

3. Menjadi SDM Berkualitas

Manfaat signifikan lainnya yang bisa didapatkan oleh siswa SMK setelah mengikuti Kelas Industri adalah terbentuknya individu atau Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan siap kerja.

Kesempatan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan praktis telah memberikan peluang agar siswa tumbuh menjadi individu yang memiliki nilai tambah di pasar kerja.

4. Kerja Sama dengan Industri

Tentu saja, dilaksanakannya program Kelas Industri turut serta dalam membangun hubungan yang erat antara dunia pendidikan dan industri. Industri dapat memberikan masukan langsung tentang apa yang dibutuhkan dalam tenaga kerja. Hubungan antara industri dan sekolah akan memberikan keuntungan pula bagi para siswa dan lulusannya.

5. Kompetensi Standar Industri

Kelas industri membantu siswa mencapai kompetensi yang diakui dalam industri. Siswa akan belajar tentang standar dan praktik di industri, mempersiapkan mereka untuk langsung terlibat dalam proyek-proyek dan pekerjaan yang lebih kompleks.

6. Langsung Kerja

Salah satu manfaat paling signifikan mengikuti Kelas Industri adalah bahwa siswa memiliki peluang lebih besar untuk langsung bekerja di industri yang relevan setelah lulus.

Beberapa Kelas Industri mungkin saja menawarkan program rekrutmen langsung untuk siswa yang terlibat dalam kelas. Siswa-siswa yang menunjukkan kinerja dan keterampilan yang baik selama program memiliki peluang lebih tinggi untuk dilirik oleh industri.

Manfaat Kelas Industri Bagi Siswa SMK - GAMELAB.ID

Baca Juga : Siapkan Generasi Kompeten, Siswa SMK Cipta Karya Prembun Lulus On Boarding Kelas Industri

Penutup

Penjelasan di atas mengukuhkan bahwa Kelas Industri merupakan jembatan penting antara dunia pendidikan dan industri. Bagi siswa SMK, program Kelas Industri bukan sekedar meningkatkan keterampilan, tetapi juga membuka peluang kerja yang lebih cepat setelah lulus.

Jika sekolah kamu belum mengadakan Kelas Industri atau sedang mengidentifikasi calon rekaan untuk menjalankan program tersebut, maka ini saatnya kamu mengajak sekolahmu untuk bekerja sama dengan GAMELAB.ID.

Saat ini, GAMELAB.ID telah bermitra dengan 141 SMK di Seluruh Indonesia dan mungkin akan terus bertambah. Bidang kompetensi apa saja yang bisa bekerja sama dalam Kelas Industri dengan GAMELAB.ID? Cari tahu informasi selengkapnya dengan menghubungi link ini ya.


Rifka Amalia

Rifka Amalia

Kamis, 31 Agustus 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI