BERITA PRESS RELEASE Sinkronisasi Kurikulum Kelas Industri SMK Al Islam Surakarta dan GAMELAB.ID

Sinkronisasi Kurikulum Kelas Industri SMK Al Islam Surakarta dan GAMELAB.ID

Oleh Rifka Amalia | Kamis, 31 Agustus 2023

Sinkronisasi Kurikulum Kelas Industri SMK Al Islam Surakarta dan GAMELAB.ID

SMK Al Islam Surakarta dan Gamelab Indonesaia (GAMELAB.ID) melaksanakan sinkronisasi kurikulum Kelas Industri sebagai bagian dari program SMK Binaan.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Dalam upaya tercapainya kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri, pada Kamis, 15 Agustus 2023, Gamelab Indonesia atau GAMELAB.ID melaksanakan sinkronisasi kurikulum Kelas Industri dengan SMK Al Islam Surakarta.

Tujuan Sinkronisasi Kurikulum

Kegiatan sinkronisasi kurikulum ini dipandu oleh Ancilla Adjeng selaku perwakilan tim kurikulum dari Gamelab Indonesia. Kepada Bapak/Ibu Guru SMK Al Islam Surakarta, Adjeng memaparkan kurikulum yang sudah disinkronisasikan nantinya akan digunakan oleh siswa Kelas Industri, sehingga siswa menjadi lebih kompeten dan sesuai dengan kebutuhan industri.

Dalam hal ini, terdapat tiga komponen utama yang membentuk Kelas Industri, yaitu industri itu sendiri, sekolah dan guru, serta siswa. GAMELAB.ID selaku mitra industri mempersiapkan kurikulum standar industri dan pengajar profesional di bidang Web Front End untuk mengisi Kelas Industri.

Sementara kurikulum telah diselaraskan, dalam pelaksanaannya, pihak sekolah dan guru nantinya akan memberikan pendampingan, mengarahkan, dan memfasilitasi pelaksanaan Kelas Industri SMK Al Islam Surakarta dan GAMELAB.ID.

Di sisi lain, para siswa akan menerima pelatihan dari trainer profesional. Mereka akan diberi kesempatan untuk mengerjakan proyek dan melaksanakan magang di industri guna mendapatkan pengalaman nyata yang dapat melengkapi portofolio.

Kolaborasi antara sekolah dan industri akan mengasilkan siswa yang kompeten dan siap kerja. Siswa juga mendapatkan setifikat, pengalaman magang, serta portofolio yang akan mempermudah dalam proses mencari kerja seusai merampungkan pendidikan formal di SMK.

Sinkronisasi Kurikulum Kelas Industri SMK Al Islam Surakarta - GAMELAB.ID

Kurikulum Kelas Industri GAMELAB.ID

Sebagai informasi, para siswa SMK Al Islam Surakarta yang terlibat dalam Kelas Industri GAMELAB.ID adalah siswa jurusan Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (TJKT) dengan fokus kompetensi Kelas Industri Web Front End dan metode belajar Active Learning.

Kurikulum industri Gamelab dimulai dari kelas onboarding sebagai pengenalan di awal, dilanjutkan dengan kompetensi HTML dan CSS, kemudian kompetensi Bootstrap dan SASS, JavaScript dan jQuery, lalu kompetensi terakhir adalah Vue JavaScript Framework.

Disampaikannya kurikulum industri dari GAMELAB.ID memberi kesempatan kepada pihak SMK Al Islam Surakarta untuk menyesuaikannya dengan kurikulum sekolah. Dalam hal ini, SMK Al Islam Surakarta memasukkan kurikulum industri ke mata pelajaran pilihan, sehingga tidak menggantikan mata pelajaran utama di kurikulum sekolah.

Keputusan memasukkan kurikulum GAMELAB ke mapel pilihan dikarenakan adanya keleluasaan 4 jam bagi sekolah untuk mengatur sendiri mata pelajaran pilihan mereka. Sehingga SMK Al Islam Surakarta bisa menggunakan 2 jam waktunya untuk melaksanakan program Kelas Industri.

Persiapan dan Pelaksanaan Kelas Industri GAMELAB.ID

Ada beberapa hal yang perlu disiapkan untuk melaksanakan Kelas Industri yakni meliputi peserta, ruang laboratorium, jadwal konsultasi, dan metode sinkronisasi.

Sekolah diminta untuk memastikan kelengkapan data peserta Kelas Industri, terlibat dalam WhatsApp Group, melakukan test login dan melengkapi data-data di sistem untuk kelancaran program.

Sekolah juga perlu memastikan branding laboratorium, instalasi software, dan publikasi. Untuk jadwal konsultasi, sekolah akan menentukan mengenai guru pendamping, guru monitoring (PIC) hingga jadwal laboratorium sekolah. Di sisi lain, metode sinkronisasi akan diblend ke mata pelajaran, dan dipastikan kurikulum industri akan mempengaruhi nilai rapor untuk memotivasi para siswa.

Untuk pelaksanaan Kelas Industri, GAMELAB.ID menerapkan prinsip Kaizen, yakni prinsip yang fokus pada perubahan dan aksi-aksi kecil yang dilakukan secara konsisten sehingga nantinya akan menghasilkan satu perubahan positif yang berkelanjutan.

Siswa Kelas Industri akan mendapatkan materi dan mengerjakan tugas praktik di setiap minggunya secara terus-menerus sampai program Kelas Industri berakhir. Sehingga siswa di akhir program memperoleh kompetensi baru sebagai persiapan terjun ke dunia kerja.

Kerja Sama SMK Al Islam Surakarta dan GAMELAB.ID

Sebelum agenda sinkronisasi kurikulum industri dan sekolah, Gamelab Indonesia dan SMK Al Islam Surakarta sempat melangsungkan acara launching Kelas Industri pada 8 Agustus 2023 di Surakarta, Jawa Tengah. Demi memaksimalkan keterampilan para siswanya, sekolah memutuskan untuk menjalin kerja sama di bidang Web Front End melalui Kelas Industri. 

Acara Launching dibuka dengan sambutan dari Kepala Sekolah SMK Al Islam, Kurnia Aprianto, S.Pd. Pendandatangan piagam kerja sama kemudian dilakukan oleh perwakilan Gamelab, Septi Yuliana dan Bapak Kurnia.

Dengan mengikuti kelas Web Front End, siswa-siswi SMK Al Islam Surakarta jurusan TJKT semakin dekat dengan prospek kerja sebagai seorang Web Frontend Developer, yakni profesional yang bertugas mengembangkan, membuat, dan memelihara antarmuka pengguna sebuah website. Web Front End merupakan satu dari sekian banyak peluang karier yang bisa digeluti oleh siswa jurusan TJKT.

Sinkronisasi Kurikulum Kelas Industri SMK Al Islam Surakarta - GAMELAB.ID

Baca Juga : Inovasi Pendidikan di SMKN 1 Simpang Empat Melalui Kelas Industri GAMELAB

Penutup

Diharapkan, siswa SMK Al Islam Surakarta selaku peserta Kelas Industri mengikuti program dengan maksimal dan mendapatkan nilai yang baik di akhir program. Adapun selain Web Front End, GAMELAB.ID memiliki bidang kompetensi lain di bidang teknologi, kreatif/multimedia, dan bisnis.

Jika SMK-mu masih belum melaksanakan Kelas Industri untuk mempersiapkan lulusan yang kompeten dan berdaya saing, maka ini saatnya kamu mengajak sekolahmu untuk menjalin kerja sama Kelas Industri dengan GAMELAB.ID. Yuk, bergabung dengan Kelas Industri Gamelab dengan cara menghubungi link ini.


Rifka Amalia

Rifka Amalia

Kamis, 31 Agustus 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI