BERITA KARIR Membangun usaha sampingan dengan Modal kecil

Membangun usaha sampingan dengan Modal kecil

Oleh Hanifah Prandita | Jumat, 25 September 2020

Membangun usaha sampingan dengan Modal kecil

Membangun usaha sampingan bagi pegawai kantoran, tentunya sangat menguntungkan. Cukup menguasai suatu ketrampilan khusus, maka bisnis dengan modal kecil pun, dapat berkembang dan mendatangkan untung besar.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Mulai Usaha Sampingan

Memulai sebuah usaha sampingan bagi pegawai kantoran, tentunya akan sedikit mengurangi waktu istirahat anda selepas pulang kerja. Tapi, jika usaha sampingan yang anda kelola dapat berkembang dengan baik, maka dapat memberikan sedikit pemasukan bagi keluarga anda. 

Biasanya bagi pemula yang ingin coba membangun bisnis sampingan, akan ada keraguan dan ketakutan. Mereka akan memikirkan berapa biaya pokok yang harus dikeluarkan, fasilitas apa yang harus dibeli, serta berapa harga produk atau jasa yang akan anda jual. Tapi jika anda benar-benar mempunyai niat yang kuat untuk memulai usaha sampingan, maka usaha tersebut bisa menguntungkan anda.

Mengapa Memerlukan Usaha Sampingan?

  • Dapat Mengasah Kreativitas. Dengan membuat sendiri content marketing usaha yang sedang anda bangun, maka orang-orang pun tertarik dengan usaha yang anda tawarkan. Usaha sampingan yang sedang anda kelola dapat berkembang. Bonusnya, usaha sampingan anda menjadi besar, jika dikelola dengan baik.
  • Sebagai Tabungan. Suatu saat, harga bahan pokok, biaya pendidikan dan yang lainnya dipastikan akan melonjak. Jika anda hanya mengandalkan pendapatan dari kantor yang kecil, maka anda tidak akan punya tabungan untuk biaya pendidikan buah hati anda. Tabung keuntungan usaha anda untuk kebutuhan di masa yang akan datang.
  • Mempersiapkan Dana setelah pensiun kerja. Untuk pekerja kantoran dengan pendapatan pas-pasan, tentunya akan sangat melegakan jika kalian sudah mempunyai usaha sampingan. Anda akan tenang, karena setelah keluar dari kerjaan, anda tetap bisa mempunyai penghasilan dari usaha sampingan anda.
  • Tentukan usaha yang akan dikelola. Ketika akan membuka suatu usaha sampingan, pastikan anda telah benar-benar paham akan usaha yang akan anda rintis. Jangan sampai ketika memulai usaha, anda kewalahan dan tidak tahu apa yang harus dikerjakan. Dan jangan memilih usaha yang booming, karena usaha seperti itu hanya akan laku sesaat.
Baca Juga : Sebuah Tips Lulusan SMK Bisa Tembus Perusahaan IT Multinasional, Berikut 10 Penjelasannya!

Kegagalan yang dialami ketika Membangun Usaha Sampingan.

  • Menekuni usaha yang sedang trend. Seiring berkembangnya waktu, usaha sampingan jadi beraneka ragam. Ketika ada salah satu usaha makanan yang sedang trend, lantas anda juga ikut-ikutan membuka usaha tersebut. Ternyata setelah anda merintis usaha tersebut, tak lama kemudian, produk tersebut sudah tidak laku di pasaran. Maka, pilihlah usaha sampingan, yang dapat laku terjual tanpa adanya trend. 
  • Kurang mampu memperluas relasi. Perluaslah hubungan relasi anda, karena ketika relasi anda tahu, maka mereka akan menjadi tim marketing secara tak langsung. Mereka akan membicarakan usaha anda, dari mulut ke mulut. Maka usaha anda akan menyebar secara luas.
  • Lokasi yang kurang strategis. Pilihlah lokasi yang strategis untuk memulai usaha anda, karena lokasi yang kurang strategis akan membuat calon pembeli kebingungan dan merasa kecewa. Akibatnya, calon pembeli pun pulang.
  • Tidak bisa mengelola keuangan. Ketika pertama kali mengelola usaha, anda pasti kebingungan untuk mengelola keuangan. Secara tidak langsung, anda tidak dapat membagi uang untuk membeli bahan pokok, menyisihkan keuntungan, dan mengambil sedikit uang untuk ditabung. Akibatnya, uang tersebut jadi tercampur, dan anda kebingunan, berapa keuntungan yang di dapat dari usaha anda.

Meskipun usaha sampingan anda kecil-kecilan, tapi jika dikelola dengan baik, maka suatu saat akan menjadi besar. Dan sekecil apapun usaha sampingannya, pasti mempunyai resiko yang sama, seperti beberapa masalah yang dialami oleh pengusaha besar lainnya.

Sumber :


Hanifah Prandita

Hanifah Prandita

Jumat, 25 September 2020

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI