BERITA SMK Persipan Memasuki Universitas Untuk Siswa SMK

Persipan Memasuki Universitas Untuk Siswa SMK

Oleh Fauzia Eka Setianingrum | Selasa, 29 September 2020

Persipan Memasuki Universitas Untuk Siswa SMK

Mungkin untuk sebagian besar dari siswa SMK, setelah lulus dari bangku SMK berkeinginan untuk memasuki universitas mapun dunia kuliah. Maka mempersiapkan diri sejauh mungkin sebelumnya adalah hal yang harus dilalui.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Memasuki universitas setelah lulus dari sekolah menengah adalah impian bagi banyak orang begitu juga untuk siswa SMK. Untuk siswa SMK yang menginginkan untuk melanjutkan pendidikan di bangku kuliah, maka dibutuhan persiapan sejauh mungkin agar mudah untuk memasuki tahap pendidikan selanjutnya di duni kuliah. Nah, apa saja sih yang harus di persiapkan untuk siswa SMK sebelum memasuki Universitas, baik itu Perguruan Tinggi Negri maupun Swasta.

Baca Juga : Mendapatkan Pemahaman Proses Karya Kreatif, SMKN 1 Ketapang Kunjungan Industri ke Gamelab Indonesia

Yang Harus Disipkan Siswa SMK Sebelum Masuk Universitas

Berikut adalah bebrapa persiapkan untuk kalian siswa SMK sebelum memasuki universitas maupun dunia kuliah, di antaranya yaitu :

Pilih Kampus dan Jurusan Sesuai Rumpun

Meskipun SMK adalah jenjang pendidikan menengah yang menyiapkan siswa-nya untuk siap memasuki dunia kerja. Namun, tidak menepis kemungkinan untuk mereka memilih untuk melanjutkan pendidikan ke universitas dengan jurusan yang diharapkan. Dengan pemilihan yang tepat dan sesuai dengan kemapuan yang dimiliki makan akan mudah untuk kalian saat melalui tes maupun ujian yang nantinya akan dilalui sebelum di terima di uneversitas yang di harapkan.

Pilih Jalur Tempuh Untuk Memasuki Universitas

Nah, setelah memikirkan dan memilih tempat dan jurusan apa yang diinginkan. Kini lanjut ketahap pemilihan jalur yang nantinya akan ditempuh untuk memasiki universitas dengan jurusan yang diinginkan. Untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negri ( PTN ) biasanya ada 3 jalur yang nantinya bisa di tempeuh di antaranya jalur SNMPTN, SBMPTN dan jalur Mandiri, sedangkan universitas swasta biasanya hanya menyediakan jalur mandiri saja. Untuk ke-3 jalur tersebut tentu ada beberapa hal yang harus di persiapkan, di antara lainnya yaitu :

1. Untuk pemilihan jalur SNMPTN untuk siswa SMK

SNMPTN atau Seleksi Nasional Memasuki Perguruan Tinggi Negri ini memiliki beberapa syarat yaitu calon peserta memasuki perigkat terbaik di sekolah pada semester 3, 4 dan 5 dengan ketentuan berdasarkan akreditasi sekolah sebgai berikut :

  • Akreditasi A, 75% terbaik di sekolah
  • Akreditasi B, 50% terbaik di sekolah
  • Akreditasi C, 20% terbaik di sekolah
  • Akreditasi lainnya, 10% terbaik di sekolah
  • Memilih NISN dan terdaftar pada PDSS
  • Memilki nilai rapor semester 1 - 5 ( bagi siswa SMA mapun SMK)

Jadi untuk kalian yang menginginkan jalur SNMPTN ini, pastikan nilai akademis kalian sesuai dengan ketentuan ya. Perbanyak prestasi juga bisa jadi salah satu senjata andalan kalian loh untuk masuk PTN sebagai nilai tambahan yang akaan dapatkan nantinya.

2. Untuk Pemilihan Jalur SBMPTN dan Jalur Mandiri

Untuk Jalur SBMPTN ( Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negri ) dan juga Jalur Mandiri ini sebenarnya tidak berbedah jauh. Yang terpenting dari ke-dua jalur ini yaitu potensi yang dimiliki untuk mengerjakan soal-soal ujian yang di berikan oleh pihak universitas. Kalian bisa memanfaatkan buku seputar SMNPTN/SBMPTN yang berisi contoh-contoh soal yang biasanya akan muncul saat ujian dari tahun ketahun.

Cari Tahu Persebaran Alumni SMK di PTN

Untuk mengetahui hal ini kalian bisa mendatangi BK dan meminta daftar alumni yang ada, untuk mengetahui adakah alimni yang memasuki PTN yang di tuju, atau PTN mana yang paling banyak di isi oleh alumni yang ada. Dengan begitu, saat kamu memilih PTN dimana banyaknya alumni yang diterima, maka akan memudahkan kalian untuk dapat di terima di PTN tersebut.

Cari Tahu Peluang SMK disetiap PTN

Setiap tahunnya peneriaan siswa SMK disetiap PTN berbeda-beda dengan kalian mencari informasi terlebih dahulu maka akan memudahkan kalian untuk lebih optimal lagi dalam mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi memasuki PTN yang di tuju.

Sumber :

 

 


Fauzia Eka Setianingrum

Fauzia Eka Setianingrum

Selasa, 29 September 2020

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI