BERITA PRESS RELEASE Kelas Industri SMK CIPTA KARYA PREMBUN KEBUMEN Merupakan BINAAN GAMELAB

Kelas Industri SMK CIPTA KARYA PREMBUN KEBUMEN Merupakan BINAAN GAMELAB

Oleh Septi Yuliana | Jumat, 13 Oktober 2023

Kelas Industri SMK CIPTA KARYA PREMBUN KEBUMEN Merupakan BINAAN GAMELAB

Tak banyak yang tau manfaat dari Kelas Industri hingga sekolah benar-benar menerapkan dalam proses pembelajaran di sekolah.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Salatiga, 12 Oktober 2023 SMK Cipta Karya Prembun Kebumen, Jawa Tengah resmi bekerjasama dengan Gamelab. Sebagai bagian dari kontribusi nyata untuk dunia pendidikan vokasi, Gamelab berkomitmen untuk menyelenggarakan pembelajaran dengan kurikulum industri dalam program SMK Binaan yang akan di selenggarakan di SMK Cipta Karya Prembun Kebumen.

Kerja Sama SMK CIPTA KARYA PREMBUN KEBUMEN dan GAMELAB

Seperti diketahui, SMK merupakan satuan pendidikan formal yang membekali siswanya dengan beragam keterampilan untuk menciptakan lulusan yang siap kerja. Sebagai upaya mencetak alumni yang berdaya saing, SMK memiliki beragam program untuk dilaksanakan di sekolah, termasuk program kerja sama dengan industri seperti SMK Binaan.

Dalam program SMK Binaan, setiap sekolah dapat memilih rekanan industri yang sesuai dengan kompetensi dan jurusan di SMK. Hal itu tentu membuat sekolah menjadi mudah dalam mengembangkan pembelajaran di sekolah, salah satu bentuk pengembangan yang di lakukan SMK Cipta Karya Prembun Kebumen yakni kerja sama dengan Gamelab untuk mengembangkan Jurusan Desain Komunikasi Visual.

Untuk merealisasikan pengembangan tersebut, SMK Cipta Karya Prembun Kebumen mengambil langkah bekerjasama dengan Gamelab yang di SAH kan melalui prosesi penandatanganan kerja sama dilangsungkan di kantor Educa Studio yang beralamat di Jalan Gilingrejo Nomor 10, Gendongan, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga, Jawa Tengah.

SMK Cipta Karya Prembun Kebumen

Acara tersebut dihadiri langsung oleh CEO PT Educa Sisfomedia Indonesia sekaligus founder Educa Studio dan Gamelab Indonesia, Andi Taru Nugroho Nur Wismono, S.Kom., M.Cs.

Turut hadir pula manajemen dari SMK Cipta Karya Prembun Kebumen yakni Kepala Sekolah Joko Winarto, S.Pd., beserta staff jajaran sekolah dan Adit Berta Gloriana, S.Ikom., selaku tim Gamelab.

Penyelenggaraan Program Kelas Industri ini merupakan trobosan baru yang di tempuh oleh sekolah dalam upaya meningkatkan keterserapan lulusan ke dunia usaha maupun dunia industri dengan pembekalan kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri.

Program SMK Binaan

Program SMK Binaan merupakan pilihan yang tepat untuk diimplementasikan pada satuan pendidikan khususnya SMK.  Adapun SMK Binaan GAMELAB memiliki tujuan, yakni meningkatkan kualitas SMK, sehingga dapat mencetak lulusan yang siap untuk terjun dalam dunia industri maupun dunia usaha yang sesuai dengan kompetensinya.

Program SMK Binaan Gamelab akan dimulai dengan sinkronisasi kurikulum SMK dan kurikulum industri. Sinkronisasi kurikulum dimaksudkan untuk menyelaraskan antara kurikulum di pendidikan formal dan kurikulum di dunia industri, dalam hal ini Gamelab, agar tidak mengganggu kurikulum utama di SMK.

Setelah sinkronisasi kurikulum dilakukan, Pembekalan terhadap satuan pendidik yang terlibat dalam program ini akan dilakukan guna menjadi persiapan dalam pelaksanaan Program Kelas Industri untuk siswa. Siswa akan mengikuti Kelas Industri sesuai sesuai dengan program kerja yang sudah ditetapkan antara sekolah dan Gamelab.

Dalam pelaksanaannya, baik siswa maupun tenaga pendidik di SMK akan mendapatkan bimbingan langsung dari Expert Industri guna memastikan terlaksanakanya dan terwujudnya tujuan dari Program Kelas Industri ini.

SMK Cipta Karya Prembun Kebumen

Tujuan dari pelaksanaan Kelas Industri ini adalah untuk mencetak sumber daya manusia (SDM) berkualitas dari lulusan SMK. Pengelolaan yang dilakukan antara pihak sekolah dan industri diharapkan mampu menciptakan iklim belajar baru yang berkontribusi dalam menjamin mutu pendidikan siswa.

SMK yang bermitra dengan industri juga berkesempatan mengirim siswa-siswinya untuk melakukan magang/PKL di industri, sehingga mereka mendapatkan pengalaman nyata tentang bagaimana cara kerja dunia industri. Tentu, gambaran-gambaran semacam ini memberikan manfaat bagi para siswa untuk semakin mempersiapkan diri terjun ke dunia kerja.

Bahkan, jika dalam prosesnya siswa menunjukkan kompetensi dan keterampilan yang maksimal, bukan tidak mungkin pihak industri tertarik untuk melakukan rekrutmen langsung pada siswa tersebut. Kebijakan masing-masing industri berbeda-beda dalam hal ini.

 

Baca Juga : Memahami Figma dalam Dunia Desain UI/UX, Berikut Penjelasannya!

Penutup

Diharapkan, penandatanganan kerja sama ini menjadi pintu terjalinnya kerja sama lain di kemudian hari. Peserta juga diharapkan dapat mengikuti rangkaian kegiatan dalam program SMK Binaan dengan baik, sehingga bisa memaksimalkan penerapan pembelajaran yang didapatkan di sekolah agar semakin siap saat menghadapi dunia kerja pasca-lulus nanti.

Jika saat ini sekolahmu masih belum menjalin kerja sama dengan industri, maka ini saatnya kamu memberikan usulan kepada sekolahmu untuk bekerja sama dalam program SMK Binaan dengan GAMELAB. 

Sudah saatnya jalin kemitraan sekolah dan industri dengan GAMELAB dengan menghubungi link ini.


Septi Yuliana

Septi Yuliana

Jumat, 13 Oktober 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI