BERITA KARIR Berencana Mengikuti Job Fair ? Yuk, Ikuti Tips Suksesnya

Berencana Mengikuti Job Fair ? Yuk, Ikuti Tips Suksesnya

Oleh Fauzia Eka Setianingrum | Kamis, 1 Oktober 2020

Berencana Mengikuti Job Fair ? Yuk, Ikuti Tips Suksesnya

Berencana untuk mengikuti job fair ? Yuk, ikuti beberapa tips berikut agar keikutsertaan dalam event Job Fair ini berjalan dengan lancar, dan sukses mendapatkan pekerjaan.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Di era sekarang ini mencari informasi untuk mencari pekerjaan atau lowongan pekerjaan di suatu perusahan, bukanlah hal yang terbilang susah lagi. Banyak dari pihak perusahaan mencari calon-calon karyawan baru dengan berbagai cara yang menarik, dari mulai menyebarkan info lowongan pekerjaan melalui media sosial maupun mengadakan event seperti job fair.

Apa itu Job Fair ?

Job Fair atau yang juga bisa disebut dengan pesta lowongan pekerjaan adalah suatu wadah tempat bertemunya pihak HRD ( sebagai pihak rekrutmen ) dan pihak pelamar ( sebagai pencari pekerjaan ) pada suatu tempat yang telah ditentukan oleh pihak penyelenggara. Yang bertujuan supaya dapat menjaring maupun  mengurangi angka pengangguran yang ada dalam suatu kota atau wilayah tertentu. Job fair biasanya akan berlangsung selama 3 sampai 7 hari di kota-kota besar Indonesia yang diikuti oleh perusahaan-perusahaan berbagai bidang  maupun lembaga sosial yang sudah memiliki nama yang cukup besar.

Nah, untuk kalian para pencari pekerjaan yang hendak mengikuti event Job Fair ini. Ada beberapa tips yang akan diberikan oleh Game Leb, agar rencana kalian dapat berjalan dengan lancar dan sukses dalam mendapatkan pekerjaan. Apa sajakah itu ?

Baca Juga : Manfaat dan Tips Efektif Membagi Waktu Untuk Bekerja Dengan Kuliah


Tips Mengikuti Job Fair Agar Sukses Mendapatkan Pekerjaan

Dalam rangka mencari suatu pekerjaan dibutuhkan suatu strategi agar pihak perusahaan yang diincar yakin bahwa pihak pelamar memanglah calon karyawan yang cari untuk mengisi posisi yang dibutuhkan. Berikut adalah tips agar sukses dalam keikutsertaan job fair untuk mendapatkan pekerjaan, diantaranya yaitu ?

Buat list perusahaan yang diincar dan pelajari

Mengetahui terlebih dulu perusahaan yang available untuk  ikut serta dalam job fair, dan list perusahaan apa saja yang akan kamu hadiri dalam job fair tersebut.  Kemudian pelajari tentang perusahaan yang diincar agar persiapan semakin matang jika kelak muncul pertanyaan apa yang diketahui pihak pelamar tentang perusahaan yang dilamar.

Tentukan Rute Paling Efektif

Menentukan rute yang paling efektif, dalam sebuah acara job fair adalah persiapan yang penting. Kamu akan bertemu dengan berbagai stan perusahaan. Kamu juga mungkin akan menghadapi situasi yang amat crowded bersama para jobseeker lainnya.Kamu bisa melihat denah yang biasanya sudah disediakan oleh penyelenggara di pintu masuk atau datang H-1 sebelum acara dimulai. 

Pastikan Kelengkapan Dokumen 

Menyiapkan dokumen-dokumen penting untuk melamar pekerjaan, sebaiknya juga disiapkan jauh hari saat berencana mencari pekerjaan. Seperti Surat lamaran pekerjaan, CV yang menarik, transkrip nilai maupun sertifikat penunjang, dll yang dibutuhkan saat melamar pekerjaan. Siapkan juga alat tulis ya, untuk persiapan jika nantinya diminta untuk mengisi formulir dari perusahaan yang dituju.

Berpenampilan Semenarik Mungkin Namun Formal

Berpenampilan menarik namun formal dan bersih juga hal penting yang harus diperhatikan dalam mengikuti job fair. Karena seperti halnya datang saat interview kerja, hal yang pertama kali diperhatikan dari pihak perekrut adalah penampilan dari si pelamar. Karena dengan begitu pihak rekrutmen akan tahu bagaimana karakter dari si pelamar.

Tetap Gali Potensimu

Dengan menggali potensimu sebelum melamar pekerjaan, tentunya kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa potensi yang bisa kamu tunjukkan, begitu juga ketika melamar kerja di job fair. Kamu harus mempersiapkan perkenalan singkat tentang dirimu dan latar belakangmu. Dalam perkenalan yang singkat tersebut, kamu harus bisa membuat perekrut tertarik dengan keunikan dan potensi yang ada dalam dirimu. Latihlah gaya bicaramu agar kamu terlihat luwes dan percaya diri ketika memperkenalkan diri.

Jaga Kesehatan Sebelum Menghadiri Job Fair

Karena saat menghadiri event job fair, biasanya tidak hanya satu stan perusahaan yang akan dikunjungi. Maka dari itu istirahat dan jaga kondisi kesehatan sebelum menghadiri job fair juga penting adanya. Jangan sampai saat kamu mengunjungi stan kamu terlihat lesu dan tidak bersemangat ya. 

Sumber :


Fauzia Eka Setianingrum

Fauzia Eka Setianingrum

Kamis, 1 Oktober 2020

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI