BERITA MSIB Gamelab Indonesia dan Unika Soegijapranata Menjalin Kerjasama dalam Program Studi Independen Bersertifikat

Gamelab Indonesia dan Unika Soegijapranata Menjalin Kerjasama dalam Program Studi Independen Bersertifikat

Oleh Vincentius Dimas | Selasa, 5 Desember 2023

Gamelab Indonesia dan Unika Soegijapranata Menjalin Kerjasama dalam Program Studi Independen Bersertifikat

Gamelab Indonesia dan Unika Soegijapranata menjalin kerjasama untuk berpartisipasi pada program MSIB 2024. Melalui kerjasama ini keduanya siap berupaya menciptakan sinergi dunia pendidikan dan industri.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Gamelab Indonesia dan Unika Soegijapranata resmi mengukuhkan kemitraan strategis pada Senin, 4 Desember 2023. Kemitraan ini berlangsung karena sebagai langkah awal dalam partisipasi program Studi Independen Bersertifikat (Batch 6). Nantinya program tersebut akan dilaksanakan pada 16 Februari - 30 Juni 2024.

Dengan demikian, mahasiswa yang terlibat dalam program ini akan mendapatkan akses tidak hanya pada pengetahuan teoritis dari kurikulum universitas saja. Melainkan juga pengalaman praktis di Gamelab Indonesia. Jadi, harapannya lewat kemitraan ini tidak hanya memberikan manfaat bagi mahasiswa, tetapi juga membantu memenuhi kebutuhan industri yang terus berkembang.

Namun, dalam kesempatan ini, Unika Soegijapranata mengajukan jurusan kuliah Sistem Informasi. Maka nantinya para mahasiswa akan mengikuti kelas yang sudah dimiliki oleh Gamelab Indonesia. Kelas tersebut meliputi: Web Back-End, Web Front-End, dan Web Full Stack.

Apa Itu Studi Independen Bersertifikat?

Program Studi Independen Bersertifikat merupakan salah satu rangkaian dari MSIB (Magang dan Studi Independen Bersertifikat) yang diusung oleh Kampus Merdeka. Inisiatif ini dirancang dengan tujuan untuk menyiapkan karier secara menyeluruh dan memberikan peluang kepada mahasiswa untuk belajar di luar bidang studi mereka. Program ini juga menjamin konversi 20 SKS oleh perguruan tinggi, sehingga menciptakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih luas dan beragam.

Salah satu keunggulan program Studi Independen Bersertifikat adalah pemberian modul pembelajaran yang sangat relevan serta dibimbing oleh mentor profesional. Oleh karena itu, proses pembelajaran didesain dengan cermat agar mencakup aspek synchronous yang memungkinkan mahasiswa berinteraksi langsung dengan pengajar, mentor, dan sesama mahasiswa lainnya. Ditambah, program ini nantinya tidak hanya menitikberatkan pada pengembangan kompetensi teknis, tetapi juga melibatkan pengembangan soft skill yang terkait erat dengan bidang ilmu yang diajarkan.

Lalu, mahasiswa yang mengikuti program ini akan memiliki kesempatan untuk memperoleh sertifikasi setelah lulus dari evaluasi. Maka ini bisa menjadi bukti konkret atas pencapaian serta memberikan nilai tambah signifikan pada karier mereka di masa depan. Selain sertifikasi, mahasiswa juga diberikan peluang untuk mendapatkan rekomendasi kepada perusahaan atau organisasi mitra dari penyedia Studi Independen Bersertifikat.

Dok. Tim Gamelab - Gamelab Indonesia dan Unika Soegijapranata Resmi Jalin Kerjasama

Tujuan Kemitraan

Kemitraan ini tidak hanya berfokus pada kerjasama antara lembaga pendidikan dan industri, tetapi juga memberikan peluang luar biasa bagi mahasiswa. Ini berarti mahasiswa dapat mengembangkan diri dan mempersiapkan karier yang sukses melalui kerjasama ini. Sehingga membentuk generasi pelajar yang tidak hanya terampil secara akademis tetapi juga siap menghadapi tantangan dunia kerja dengan kepercayaan diri dan pengetahuan praktis yang mendalam.

Sebagai hasilnya, kemitraan ini dapat membuka peluang bagi pertumbuhan profesionalisme mahasiswa dan membentuk pondasi kokoh untuk meningkatkan daya saing industri. Maka adanya pemberdayaan sumber daya manusia yang terampil dan terlatih menjadikan langkah maju guna memberikan dampak positif pada dunia pendidikan dan industri di masa depan. Dengan demikian, terciptanya pondasi yang tangguh untuk mencetak generasi penerus yang siap menghadapi dinamika dunia kerja dengan kompetensi yang unggul.

Dok. Tim Gamelab - Gamelab Indonesia dan Unika Soegijapranata Siap Ikuti MSIB 2024

Mengenal Unika Soegijapranata

Saat ini Unika Soegijapranata memiliki 26 Program Sarjana, 6 Program Internasional, 7 Program Magister, 2 Program Doktor, dan 1 Program Profesi. Selain itu, Unika Soegijapranata baru saja meraih peringkat satu sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Terbaik di Jawa Tengah versi Unirank. Ditambah, Unika Soegijapranata telah menempuh predikat Perguruan Tinggi Unggul melalui proses akreditasi yang dilakukan oleh lembaga resmi yang berada di bawah naungan Kemendikbudristek, yakni Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Sebagai tambahan informasi, kini Unika Soegijapranata telah memiliki dua kampus. Kampus pertama di Jl. Pawiyatan Luhur IV/1, RT 04 RW V Kel. Bendan Duwur, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah. Sementara, untuk kampus kedua di Jl. RM. Hadi Soebeno Sosrowardojo No 2, Kec. Mijen, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Baca Juga : SIB Gamelab Indonesia: Mengubah Mindset, Membangun Skill

Mengenal Gamelab Indonesia

Gamelab Indonesia adalah sebuah lembaga pendidikan dan pelatihan yang digagas oleh Educa Studio (PT. Educa Sisfomedia Indonesia). Saat ini Gamelab Indonesia telah aktif beroperasi selama 12 tahun di sektor teknologi dan industri kreatif. Secara khusus dalam bidang pengembangan web, animasi, dan game.

Sebagai informasi, nantinya saat mahasiswa mengikuti Studi Independen Bersertifikat di Gamelab Indonesia akan berlangsung secara daring (online) selama 6 bulan. Kemudian untuk total durasi pembelajaran mencapai 900 jam dan dibimbing oleh mentor ahli industri. Agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan efekfif, Gamelab Indonesia mengajukan 1 mentor mengajar 25 mahasiswa.

Selain itu, Proyek Akhir sebagai bagian integral di Studi Independen Bersertifikat yang diberikan kepada mahasiswa, nantinya juga  diperbolehkan menjadi bahan portofolio guna memasuki dunia kerja masa mendatang. Dengan demikian, Gamelab Indonesia bisa menjadi tempat yang penuh tantangan dan peluang bagi kamu yang ingin mengukir karier di industri. Yuk, gelar masa depanmu dengan mengembangkan keterampilan teknis dan non-teknis di Gamelab Indonesia!


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Selasa, 5 Desember 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

TAGS

MSIB

KATEGORI