BERITA BISNIS & ADMINISTRASI 5 Ide Content Marketing Bantu Bisnismu Bertumbuh!

5 Ide Content Marketing Bantu Bisnismu Bertumbuh!

Oleh Vincentius Dimas | Rabu, 13 Desember 2023

5 Ide Content Marketing Bantu Bisnismu Bertumbuh!

Di era digital ini, konten memiliki peran sentral dalam membangun kehadiran online sebuah bisnis. Salah satu pendekatan yang kian populer adalah content marketing. Oleh karena itu, pada artikel ini akan membagikan ide-ide yang menarik membuat konten.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Perkembangan digital yang kian pesat seperti memunculkan banyak jenis content marketing. Beberapa orang bahkan kerap menggunakan ide content marketing yang hampir serupa. Oleh karena itu, kita akan menelusuri tentang content marketing beserta ide-ide yang menarik hingga mencuri perhatian konsumen. 

Apa Itu Content Marketing?

Content marketing adalah pendekatan pemasaran digital yang berfokus pada pembuatan dan distribusi konten yang relevan agar dapat menarik perhatian audiens. Namun, di era sekarang, content marketing bukanlah sekadar trend atau strategi pemasaran sementara. Akan tetapi, menjadi bagian landasan utama untuk membangun dan menumbuhkan sebuah bisnis.

Hal yang Perlu Diperhatikan Content Marketing

Setelah mengetahui apa itu content marketing. Apakah kamu sekarang mempertanyakan apa saja yang perlu diperhatikan content marketing? Mari simak lebih lanjut agar konten yang dibagikan dapat dilihat oleh audiens. Berikut adalah strategi yang bisa kamu lakukan:

Membangun Kredibilitas dan Kepercayaan

Membangun kredibilitas dan kepercayaan adalah langkah mendasar. Sebuah bisnis dapat memantapkan kredibilitasnya yakni dengan menyajikan konten yang menarik dan terpercaya. Maka cara efektif untuk melibatkan audiens adalah dengan menciptakan content marketing yang akurat dan sesuai dengan kebutuhan mereka. Selain itu, menyertakan referensi data atau studi kasus juga memungkinkan untuk meningkatkan kepercayaan terhadap konten.

Memberikan Nilai Tambah yang Signifikan

Membagikan content marketing yang informatif dan menghibur juga akan memberikan nilai tambah yang signifikan pada bisnis. Jadi, caranya dengan melakukan identifikasi kebutuhan dan keinginan audiens melalui riset pasar terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar konten yang dibagikan relevan dengan audiens. 

Membimbing Pelanggan Menuju Keputusan Pembelian

Sejatinya content marketing bukan hanya tentang menciptakan brand awareness, tetapi juga membimbing pelanggan menuju ke keputusan pembelian. Maka sebisa mungkin berikan konten yang edukatif agar dapat memengaruhi keputusan pembelian. Misalnya, mengusung tema konten yang menjelaskan tahapan-tahapan memesan pembelian produk. Lalu, bisa juga gunakan call-to-action yang jelas pada akhir konten agar mendorong keputusan audiens untuk membeli 

Meningkatkan Visibilitas Online

Meningkatkan visibilitas online sangat penting pada content marketing. Hal ini bisa dimulai dengan penelitian keywords yang sesuai dengan produk terlebih dahulu. Jika sudah buat konten produk tersebut pada berbagai platform agar mudah ditemukan oleh audiens yang sedang membutuhkan.

Aktif Menggunakan Sosial Media

Peran sosial media sangat besar dalam distribusi content marketing. Oleh karena itu, pastikan terlebih dahulu media sosial yang ingin digunakan untuk pemasaran produk. Selanjutnya pahami karakteristik dan preferensi audiens serta memberikan tanggapan balik ketika mereka berkomentar pada konter.

Sumber: Freepik - Content Marketing

Baca Juga : Rahasia Tersembunyi, Strategi Email Marketing yang Meningkatkan Penjualan!

Ide-ide Content Marketing Menarik Perhatian

Tidak menutup kemungkinan kamu akan memiliki pesaing dalam ranah content marketing. Maka satu-satunya cara adalah dengan terus mengembangkan diri dengan mengeksplorasi ide-ide kreatif. Berikut ide konten yang bisa kamu terapkan dalam bisnismu:

Podcast

Podcast adalah format konten audio yang disiarkan secara daring, biasanya dalam bentuk episode. Jika kamu yang orang suka bercerita, mungkin podcast bisa menjadikan ide yang menarik dalam content marketing. Misalnya, kamu bisa membuat episode podcast setiap seminggu sekali dengan membahas topik-topik yang relevan dengan bisnismu. Dengan begitu, podcast akan memberikan kebebasan untuk menggali topik lebih mendalam dan menciptakan koneksi emosional melalui suara atau gaya percakapan.

Memes atau Humor Content

Memes atau humor content merupakan ide yang menarik karena ini bisa mencuri perhatian audiens. Ide yang satu ini seringkali bersifat ringan dan dapat menjadi cara yang efektif. Selain itu, ini memungkinkan juga content marketing menjadi viral di media sosial.

Infografis

Infografis adalah representasi visual dari suatu informasi atau data yang kompleks. Oleh karena itu, infografis memiliki kelebihan dalam merangkum data kompleks dengan elemen visual seperti grafik, ikon, dan teks singkat. Maka dengan begitu infografis berpotensi juga sebagai bagian dari content marketing karena bisa menjelaskan keunggulan bisnismu secara sederhana.

Email Newsletter

Email newsletter adalah saluran komunikasi yang dikirim ke daftar pelanggan atau prospek. Ini bisa mencakup berita terbaru tentang produk atau ada penawaran khusus dengan pelanggan. Oleh karena itu, email newsletter bisa menjadi ide yang menarik untuk content marketing karena memberikan kesan personal kepada pelanggan.

Video Animasi

Video animasi menggunakan elemen animasi untuk menyampaikan pesan atau cerita. Terkait ide yang ini memang perlu memiliki keahlian khusus. Namun, kamu bisa mengajak kolaborasi dengan animator untuk membuat content marketing yang menarasikan keungulan produk lewat animasi kreatif.

Penting untuk dipahami bahwa konten yang efektif dalam content marketing haruslah informatif, relevan, dan menarik. Sebab melibatkan identifikasi target audiens dan memahami kebutuhan serta keinginan mereka. Dengan begitu, proses ini memungkinkan pembuatan konten yang lebih personal dan sesuai dengan kepentingan audiens.

Gamelab Indonesia saat ini membuka kelas yang berhubungan dengan content marketing. Bagi kamu yang ingin menekuni bidang tersebut bisa langsung daftar pada kelas Belajar Branding dan Marketing untuk Pemula atau Menguasai Teknik Copywriting untuk Pemasaran Digital. Kedua kelas itu bisa kamu akses secara online dan nantinya akan diajarkan langsung oleh trainer yang expert. Yuk, gali potensi diri kamu di Gamelab Indonesia!


Sumber Referensi

Steimle, Josh. (2014). What Is Content Marketing?. Forbes.


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Rabu, 13 Desember 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI