BERITA UMUM Penandatangan Perjanjian Kerjasama Gamelab Indonesia dan Universitas Semarang dalam Program Studi Bersetifikat

Penandatangan Perjanjian Kerjasama Gamelab Indonesia dan Universitas Semarang dalam Program Studi Bersetifikat

Oleh Fransisca Gracelly | Selasa, 19 Desember 2023

Penandatangan Perjanjian Kerjasama Gamelab Indonesia dan Universitas Semarang dalam Program Studi Bersetifikat

Universitas Semarang resmi menjadi Kampus Mitra Gamelab dalam program SIB Cycle 6

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Semarang, 12 Desember 2023 Universitas Semarang resmi bekerjasama dengan Gamelab. Sebagai Kampus Mitra dari bentuk kerjasama perguruan tinggi dengan industri dalam serangkaian program khusus yang diadakan untuk mencetak lulusan perguruan tinggi yang berkualitas. Kemitraan ini berlangsung sebagai langkah awal dalam partisipasi program Studi Independen Bersetifikat (Batch 6). Nantinya program tersebut akan dilaksanakan pada 16 Februari sampai 30 Juni 2024. 

Apa Studi Independen Bersertifikat?

Program Studi Independen Bersertifikat merupakan salah satu rangkaian dari MSIB (Magang dan Studi Independen Bersertifikat) yang diusung oleh Kampus Merdeka. Inisiatif ini dirancang dengan tujuan untuk menyiapkan karier secara menyeluruh dan memberikan peluang kepada mahasiswa untuk belajar di luar bidang studi mereka. Program ini juga menjamin konversi 20 SKS oleh perguruan tinggi, sehingga menciptakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih luas dan beragam.

Salah satu keunggulan program Studi Independen Bersertifikat adalah pemberian modul pembelajaran yang sangat relevan serta dibimbing oleh mentor profesional. Oleh karena itu, proses pembelajaran didesain dengan cermat agar mencakup aspek synchronous yang memungkinkan mahasiswa berinteraksi langsung dengan pengajar, mentor, dan sesama mahasiswa lainnya. Ditambah, program ini nantinya tidak hanya menitikberatkan pada pengembangan kompetensi teknis, tetapi juga melibatkan pengembangan soft skill yang terkait erat dengan bidang ilmu yang diajarkan.

Lalu, mahasiswa yang mengikuti program ini juga akan memiliki kesempatan untuk memperoleh sertifikasi setelah lulus dari evaluasi. Maka ini bisa menjadi bukti konkret atas pencapaian serta memberikan nilai tambah signifikan pada karier mereka di masa depan. Selain sertifikasi, mahasiswa juga diberikan peluang untuk mendapatkan rekomendasi kepada perusahaan atau organisasi mitra dari penyedia Studi Independen Bersertifikat.

Dok. Tim Gamelab - Kedua Belah Pihak Sedang Menandatangani Kesepakatan Kerjasama

Tujuan Kemitraan

Adanya Studi Independen Bersertifikat ini menciptakan simbiosis mutualisme antara Universitas Semarang dengan Gamelab Indonesia. Sebab nantinya mahasiswa Universitas Semarang akan mendapatkan kesempatan unik untuk mendalami praktek dunia kerja di industri. Selain itu, mereka juga memiliki akses langsung ke lingkungan industri sehingga memungkinkan untuk dapat mengembangkan keterampilan praktis serta memahami dinamika industri secara mendalam.

Maka lewat kemitraan ini akan membuka peluang bagi pengembangan profesionalisme mahasiswa dan membentuk pondasi kuat untuk meningkatkan daya saing di dunia industri. Selain itu, pemberdayaan sumber daya manusia yang terampil dan terlatih akan mewakili langkah maju yang signifikan serta membawa dampak positif pada lanskap pendidikan dan industri di masa mendatang. Dengan begitu, fokus pada pertumbuhan kompetensi dan kolaborasi yang berkelanjutan akan membentuk visi positif bagi kemajuan bersama.

Studi Independen Bersertifikat (SIB) Cycle 6 merupakan bagian dari program Kampus Merdeka yang bertujuan untuk menghasilkan talenta berstandar tinggi yang sesuai dengan standar Industri. Proses pembelajaran yang dilakukan adalah online learning, dimana peserta harus mengimplementasikan materi yang diperolehnya secara langsung melalui project dan tugas-tugas yang harus diselesaikan untuk menyelesaikan setiap materinya. Program ini juga menjamin konversi  20 SKS oleh perguruan tinggi, sehingga menciptakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih luas dan beragam. Dengan tujuan untuk mempersiapkan karir secara menyeluruh dan memberikan peluang kepada mahasiswa untuk belajar di luar bidang studi mereka.

Program ini menerapkan pembelajaran dengan kurikulum berbasis industri agar nantinya mahasiswa dapat mengoptimalkan kompetensi di bidangnya dan dapat mencapai standar kelulusan sesuai dengan kebutuhan industri. Ada banyak sekali pilihan bidang kompetensi yang bisa dipilih, dan pastinya dengan kurikulum yang sesuai standar industri.

Dok. Tim Gamelab - Gamelab dengan Universitas Semarang Resmi Bermitra

Mengenal Universitas Semarang

Saat ini memiliki 16 Program Studi dan sebanyak lebih dari 22.000 mahasiswa memilih menuntut ilmu di USM pada pendidikan akademik maupun vokasi. Dengan kesempatan ini, Universitas Semarang mengajukan Teknologi Informatika dan Sistem Informasi. Nantinya para mahasiswa ini akan memilih kelas apa yang mereka minati di Gamelab Indonesia. Kelas tersebut meliputi: Web Back-End, Web Front-End, dan Web Full Stack. Dengan Demikian mahasiswa yang terlibat dalam program ini akan mendapatkan akses tidak hanya pada pengetahuan teori. Namun juga pengalaman praktis melalui magang di Gamelab Indonesia. Dengan harapan lewat kemitraan ini tidak hanya memberikan manfaat bagi mahasiswa, tetapi juga membantu memenuhi kebutuhan industri yang terus berkembang.

Baca Juga : SIB Gamelab Indonesia: Mengubah Mindset, Membangun Skill

Tentang Gamelab

Gamelab Indonesia adalah sebuah lembaga pendidikan dan pelatihan yang digagas oleh Educa Studio (PT. Educa Sisfomedia Indonesia). Saat ini Gamelab Indonesia telah aktif beroperasi selama 12 tahun di sektor teknologi dan industri kreatif. Secara khusus dalam bidang pengembangan web, animasi, dan game. GAMELAB.ID membantu siswa SMK, mahasiswa, dan pencari kerja untuk optimasi skill digital melalui program pelatihan, magang (PKL), dan intensif bootcamp sehingga siap kerja siap wirausaha.

Sebagai informasi, nantinya saat mahasiswa mengikuti Studi Independen Bersertifikat di Gamelab Indonesia akan berlangsung secara daring (online) selama 6 bulan. Kemudian untuk total durasi pembelajaran mencapai 900 jam dan dibimbing oleh mentor ahli industri. Agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan efekfif, Gamelab Indonesia mengajukan 1 mentor mengajar 25 mahasiswa.

 


Fransisca Gracelly

Fransisca Gracelly

Selasa, 19 Desember 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI