BERITA UMUM Gamelab Indonesia dan Universitas Tidar Magelang Menjalin Kerjasama dalam Program Studi Independen Bersertifikat

Gamelab Indonesia dan Universitas Tidar Magelang Menjalin Kerjasama dalam Program Studi Independen Bersertifikat

Oleh Fransisca Gracelly | Selasa, 2 Januari 2024

Gamelab Indonesia dan Universitas Tidar Magelang Menjalin Kerjasama dalam Program Studi Independen Bersertifikat

Gamelab Indonesia dan Universitas Tidar Magelang menjalin kerjasama untuk berpartisipasi pada program MSIB dari Kampus Merdeka. Program ini akan berlangsung secara daring dengan waktu selama 6 bulan.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Gamelab Indonesia dan Universitas Tidar Magelang resmi mengukuhkan kemitraan strategis pada Kamis, 28 Desember 2023. Kemitraan ini berlangsung karena sebagai langkah awal dalam partisipasi program Studi Independen Bersertifikat (Batch 6). Nantinya program tersebut akan dilaksanakan pada 16 Februari - 30 Juni 2024.

Dengan demikian, mahasiswa yang terlibat dalam program ini akan mendapatkan akses tidak hanya pada pengetahuan teoritis dari kurikulum universitas saja. Melainkan juga pengalaman praktis di Gamelab Indonesia. Maka harapannya, lewat kemitraan ini dapat memberikan manfaat bagi mahasiswa serta membantu memenuhi kebutuhan industri yang terus berkembang.

Oleh karena itu Gamelab Indonesia hadir untuk merealisasikan program Studi Independen Bersertifikat (SIB). Universitas Tidar Magelang secara resmi menjadi kampus mitra diharapkan dapat membekali mahasiswa-mahasiswi dengan keterampilan menghadapi dunia kerja dan juga kesempatan untuk menerapkan pembelajaran yang didapatkan di secara online.

Dok. Tim Gamelab - Gamelab Indonesia dan Universitas Tidar Magelang Resmi menjadi Mitra

Apa Itu Studi Independen Bersertifikat?

Program Studi Independen Bersertifikat merupakan salah satu rangkaian dari MSIB (Magang dan Studi Independen Bersertifikat) yang diusung oleh Kampus Merdeka. Inisiatif ini dirancang dengan tujuan untuk menyiapkan karier secara menyeluruh dan memberikan peluang kepada mahasiswa untuk belajar di luar bidang studi mereka. Program ini juga menjamin konversi 20 SKS oleh perguruan tinggi, sehingga menciptakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih luas dan beragam.

Salah satu keunggulan program Studi Independen Bersertifikat adalah pemberian modul pembelajaran yang sangat relevan serta dibimbing oleh mentor profesional. Oleh karena itu, proses pembelajaran didesain dengan cermat agar mencakup aspek synchronous yang memungkinkan mahasiswa berinteraksi langsung dengan pengajar, mentor, dan sesama mahasiswa lainnya. Ditambah, program ini nantinya tidak hanya menitikberatkan pada pengembangan kompetensi teknis, tetapi juga melibatkan pengembangan soft skill yang terkait erat dengan bidang ilmu yang diajarkan.

Lalu, mahasiswa yang mengikuti program ini akan memiliki kesempatan untuk memperoleh sertifikasi setelah lulus dari evaluasi. Maka ini bisa menjadi bukti konkret atas pencapaian serta memberikan nilai tambah signifikan pada karier mereka di masa depan. Selain sertifikasi, mahasiswa juga diberikan peluang untuk mendapatkan rekomendasi kepada perusahaan atau organisasi mitra dari penyedia Studi Independen Bersertifikat.

Tujuan Kemitraan

Kemitraan ini tidak hanya berfokus pada kerjasama antara lembaga pendidikan dan industri, tetapi juga memberikan peluang luar biasa bagi mahasiswa. Ini berarti mahasiswa dapat mengembangkan diri dan mempersiapkan karier yang sukses melalui kerjasama ini. Sehingga membentuk generasi pelajar yang tidak hanya terampil secara akademis tetapi juga siap menghadapi tantangan dunia kerja dengan kepercayaan diri dan pengetahuan praktis yang mendalam.

Sebagai hasilnya, kemitraan ini dapat membuka peluang bagi pertumbuhan profesionalisme mahasiswa dan membentuk pondasi kokoh untuk meningkatkan daya saing industri. Maka adanya pemberdayaan sumber daya manusia yang terampil dan terlatih menjadikan langkah maju guna memberikan dampak positif pada dunia pendidikan dan industri di masa depan. Dengan demikian, terciptanya pondasi yang tangguh untuk mencetak generasi penerus yang siap menghadapi dinamika dunia kerja dengan kompetensi yang unggul.

Dok. Tim Gamelab - Gamelab Indonesia dan Universitas Tidar Magelang

Mengenal Universitas Tidar Magelang

Universitas Tidar Magelang beralamat di Jl. Kapten Suparman No.39, Potrobangsan, Kec. Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah 56116. Dalam kesempatan ini, Universitas Tidar Magelang mengajukan jurusan Teknik Informatika untuk mengikuti kelas Web Full Stack. Pada kelas Web Full Stack, mahasiswa Universitas Tidar Magelang akan mendapatkan 10 kompetensi (6 hard skill dan 4 soft skill). Terkait hard skill meliputi: Logika dan Algoritma Pemrograman, HTML, CSS, JavaScript dan jQuery, Bootstrap dan SASS, PHP dan MySQL, dan Laravel Framework. Sementara untuk soft skill: Critical Thinking, Creativity, Communication, dan Collaboration.

Ditambah, program ini nantinya tidak hanya menitikberatkan pada pengembangan kompetensi teknis, tetapi juga melibatkan pengembangan soft skill yang terkait erat dengan bidang ilmu yang diajarkan. Mahasiswa yang mengikuti program ini akan memiliki kesempatan untuk memperoleh sertifikasi setelah lulus dari evaluasi.  Selain mendapat sertifikasi, mahasiswa juga diberikan peluang untuk mendapatkan rekomendasi kepada perusahaan atau organisasi mitra dari penyedia Studi Independen Bersertifikat.

Baca Juga : SIB Gamelab Indonesia: Mengubah Mindset, Membangun Skill

Mengenal Gamelab Indonesia

Gamelab Indonesia adalah lembaga pendidikan dan pelatihan yang diinisiasi oleh Educa Studio (PT. Educa Sisfomedia Indonesia). Saat ini Gamelab Indonesia telah beroperasi selama 12 tahun di sektor teknologi dan industri kreatif. Secara khusus di bidang web developer, animasi, dan game. 

Sebagai tambahan informasi, Studi Independen Bersertifikat di Gamelab Indonesia akan diselenggarakan secara daring (online) selama 6 bulan. Lalu, untuk total durasi pembelajaran mencapai 900 jam dan tentunya setara dengan 20 SKS. Ditambah, Gamelab Indonesia juga berkomitmen memberikan pendekatan intensif yang didukung oleh mentor ahli industri. Oleh karena itu, nantinya setiap 1 mentor akan mengajar 25 mahasiswa yang bertujuan memberikan bimbingan yang efektif.

Menariknya lagi, Proyek Akhir sebagai bagian integral Studi Independen Bersertifikat, yang diberikan kepada mahasiswa diperkenankan untuk dijadikan bahan portofolio guna memasuki dunia kerja nanti. Dengan begitu, Gamelab Indonesia bisa menjadi tempat yang penuh tantangan dan peluang bagi mereka yang ingin mengukir karier di industri. Yuk, gelar masa depanmu dengan mengembangkan keterampilan teknis dan non-teknis di Gamelab Indonesia.


Fransisca Gracelly

Fransisca Gracelly

Selasa, 2 Januari 2024

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI