BERITA UMUM Ketahui Jenis Interview Kerja, Beserta Tips agar Lolos Perusahaan Ternama!

Ketahui Jenis Interview Kerja, Beserta Tips agar Lolos Perusahaan Ternama!

Oleh Vincentius Dimas | Minggu, 14 Januari 2024

Ketahui Jenis Interview Kerja, Beserta Tips agar Lolos Perusahaan Ternama!

Ada banyak jenis interview kerja di ranah dunia profesional. Yuk, ketahui apa saja konsepnya beserta tipsnya agar lolos tahap interview di artikel ini!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Interview atau wawancara kerja adalah tahapan penting dalam proses seleksi pekerjaan. Umumnya, ini merupakan kesempatan bagi calon karyawan untuk menunjukkan kemampuan, kepribadian, dan kecocokan dengan budaya perusahaan. Agar kamu dapat melewati tantangan ini dengan sukses, penting juga untuk memahami berbagai jenis wawancara, faktor-faktor yang harus diperhatikan, dan tips supaya dapat tampil prima.

Jenis Interview Kerja

Seperti yang sudah kita ketahui, jika interview kerja merupakan langkah yang wajib untuk memasuki dunia profesional. Maka untuk berhasil mengarungi proses ini, pemahaman mendalam tentang berbagai jenis wawancara kerja sangat diperlukan. Umumnya, pewawancara atau HRD perusahaan menggunakan pendekatan yang berbeda untuk mengukur kelayakan kandidat. Berikut penjelasannya:

Wawancara Konvensional

Wawancara konvensional adalah sesuatu yang paling umum dan biasa kita temui. Dalam format ini, seorang calon karyawan ditempatkan di hadapan pewawancara atau panel untuk menjawab serangkaian pertanyaan terkait pengalaman kerja, keterampilan, dan motivasi. Biasanya, ini melibatkan percakapan tatap muka langsung sehingga memungkinkan pihak perusahaan untuk menilai kemampuan komunikasi dan kesiapan seseorang.

Wawancara Kelompok atau FGD (Focus Group Discussion)

Pada intinya, wawancara kelompok ini betujuan untuk menguji kemampuan kandidat ketika bekerja dalam tim dan berinteraksi dengan sesama. Dalam situasi ini, beberapa calon karyawan nantinya akan diwawancarai bersamaan untuk mengamati bagaimana mereka berkolaborasi dan menyelesaikan tugas atau tantangan tertentu. Dengan begitu, terciptanya suasana wawancara yang berbeda serta menilai kemampuan interpersonal.

Wawancara Situasional atau Interview User

Wawancara situasional atau interview user adalah menempatkan calon karyawan dalam skenario tertentu atau situasi simulasi untuk mengukur cara mereka menyelesaikan masalah atau mengatasi tantangan. Di proses ini, biasanya pewawancara akan menciptakan kondisi yang mendekati situasi dunia nyata untuk menguji kemampuan adaptasi dan pengambilan keputusan.

Wawancara Telepon atau Video

Wawancara jarak jauh melibatkan interaksi melalui telepon atau video call. Ini biasanya digunakan pada tahap awal seleksi untuk menyaring kandidat sebelum wawancara langsung. Oleh karena itu, penting untuk mempersiapkan diri dengan baik karena ekspresi wajah dan kontak mata tetap harus relevan dalam wawancara video.

Sumber Freepik: Interview Kerja - Gamelab.id

Baca Juga : Tips Sukses Interview Melalui Vidio Conference

Tips Interview Kerja agar Lolos

Saat menghadapi wawancara, penting untuk memperhatikan beberapa aspek yang dapat memberikan kesan positif kepada pewawancara. Mengapa demikian? Agar kamu memiliki peluang untuk berhasil lolos ke tahap selanjutnya. Berikut adalah hal-hal yang wajib diperhatikan saat menjalani wawancara kerja:

Penampilan Fisik yang Profesional

Penampilan fisik merupakan langkah awalan yang wajib kamu perhatikan. Maka gunakanlah pakaian yang rapi atau sesuai dengan budaya perusahaan agar menciptakan kesan profesionalisme. Sebab dengan memilih pakaian yang sesuai dengan industri dan tingkat formalitas perusahaan dapat menunjukkan bahwa kamu telah melakukan riset.

Riset tentang Perusahaan

Sebelum wawancara, luangkan waktumu untuk melakukan riset tentang perusahaan yang akan kamu hadapi. Misalnya dengan mengetahui sejarah, visi, dan misi perusahaan. Dengan begitu, memungkinkan kamu untuk merancang jawaban yang lebih terfokus dan menunjukkan minat serta komitmenmu terhadap potensi kerja di perusahaan tersebut.

Pengetahuan Tentang Posisi yang Dilamar

Pastikan juga untuk memiliki pemahaman yang mendalam tentang posisi yang kamu lamar. Caranya adalah dengan merinci bagaimana pengalaman dan keterampilan kamu agar nantinya sesuai kebutuhan perusahaan. Lalu, menunjukkan pengetahuan yang spesifik tentang tanggung jawab pekerjaan juga tak kalah penting, karena ini dapat menambah nilai pada profil kamu sebagai kandidat.

Kontrol Diri dan Kecerdasan Emosional

Kontrol diri dan kecerdasan emosional adalah keterampilan yang sangat dihargai dalam lingkungan kerja. Maka hindari menunjukkan ketidakpastian atau kecemasan yang berlebihan. Kemudian jaga juga ekspresi wajah kamu, dan pastikan untuk merespons pertanyaan dengan tenang dan jelas. Sebab pewawancara mencari kandidat yang mampu mengatasi tekanan dan tetap tenang dalam situasi yang menantang.

Komunikasi Efektif

Kemampuan berkomunikasi dengan baik adalah kunci keberhasilan dalam setiap pekerjaan. Jadi, pastikan kamu mampu berbicara dengan jelas dan terstruktur. Lalu, hindari penggunaan kata-kata yang ambigu atau terlalu teknis jika pewawancara bukan dari latar belakang yang sama. Selain itu, dengarkan pertanyaan dengan baik sebelum memberikan jawaban dan hindari interupsi.

Jadi, sekarang kamu sudah tahu macam-macam konsep interview kerja dan tipsnya supaya lolos, kan? Semoga ulasan artikel ini dapat membantu kamu untuk mempersiapkan interview kerja. Yuk, optimasi skill kamu dengan ikuti kelas Communication: Meningkatkan Keterampilan Komunikasi untuk Menunjang Karir dari Gamelab Indonesia. Menariknya, kelas ini bisa kamu ikuti dari jarak jauh dan harganya murah banget!


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Minggu, 14 Januari 2024

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI