BERITA UMUM Kelas Industri SMKN 1 Lais Mendapat Binaan dari Gamelab Indonesia untuk Mempersiapkan Lulusan Menjadi Animator 3D

Kelas Industri SMKN 1 Lais Mendapat Binaan dari Gamelab Indonesia untuk Mempersiapkan Lulusan Menjadi Animator 3D

Oleh Vincentius Dimas | Kamis, 1 Februari 2024

Kelas Industri SMKN 1 Lais Mendapat Binaan dari Gamelab Indonesia untuk Mempersiapkan Lulusan Menjadi Animator 3D

Siswa SMKN 1 Lais telah mengikuti Kelas Industri yang fokus pada animasi 3D bersama Gamelab Indonesia. Mari kita ketahui program kerja sama ini melalui artikel berikut.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Saat ini lulusan SMK diajak untuk tidak hanya paham mengenai teori saja, melainkan mereka juga diharapkan memiliki keterampilan praktis yang relevan. Toh, melalui ajakan ini siswa SMK nantinya juga akan merasakan dampak positif yakni siap bekerja di industri guna keberlangsungan pribad dan ekonomi negara. Salah satu program yang dapat mewadahi itu semua adalah penerapan Kelas Industri di sekolah.

Kelas Industri adalah suatu konsep yang mengintegrasikan pembelajaran di lingkungan sekolah dengan pengalaman praktis yang diperoleh dari sektor industri. Lebih lanjut, ide ini berkembang sebagai respons terhadap perubahan global yang menuntut agar lulusan SMK memiliki keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.

SMKN 1 Lais, sebagai sekolah vokasi, tentu telah mengambil langkah maju karena menyelenggarakan Kelas Industri bersama Gamelab Indonesia. Selain itu, melalui program ini siswa dan guru juga memperoleh pengetahuan yang mendalam seputar animasi 3D dari trainer yang sudah berpengalaman di industri lebih dari lima tahun. Oleh karena itu, harapannya, para siswa SMKN 1 Lais dapat menjadi animator 3D profesional dan siap beradaptasi di industri.

Pentingnya Kelas Industri

Kelas Industri merupakan terobosan cemerlang dalam sektor pendidikan karena menggabungkan pengalaman praktis dari industri dengan proses pembelajaran di lingkungan sekolah. Dengan demikian, setelah mengikuti Kelas Industri bersama Gamelab Indonesia, SMKN 1 Lais akan memperoleh pengetahuan yang melimpah. Berikut adalah beberapa tujuan mendasar program ini:

Integrasi Kurikulum

Tujuan utama Kelas Industri adalah menggabungkan kurikulum sekolah dengan kebutuhan industri. Jadi ini bukan hanya menambahkan materi pelajaran, melainkan menciptakan keseimbangan yang hati-hati antara teori dan penerapan praktis. Oleh karena itu, melalui integrasi ini akan terjalinnya hubungan erat antara apa yang diajarkan di kelas dan kebutuhan dunia kerja.

Trainer dari Industri

Trainer dari industri memiliki peran yang signifikan dalam Kelas Industri. Sebab trainer yang dipilih telah profesional dan berpengalaman dalam industri terkait dengan jurusan SMK. Oleh sebab itu, mereka tidak hanya memberikan panduan teknis, tetapi juga berbagi wawasan mengenai praktik industri dan membantu siswa dalam mengatasi kesenjangan antara teori dan praktik.

Evaluasi Berbasis Kinerja

Evaluasi di Kelas Industri tidak hanya bersifat akademis, melainkan juga melibatkan penilaian berdasarkan kinerja siswa di lingkungan industri. Ini mencakup sejauh mana mereka dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh di sekolah ke dalam situasi nyata industri. Dengan demikian, evaluasi ini memberikan gambaran yang lebih holistik tentang kesiapan siswa untuk memasuki dunia kerja.

Dok. Tim Gamelab: Kelas Industri - Gamelab.ID

Keuntungan Mengadakan Kelas Industri

Tentu dengan mengikuti Kelas Industri memberikan sejumlah keuntungan yang berguna untuk masa depan siswa. Mulai dari pengalaman praktis hingga memiliki koneksi langsung dengan pelaku di industri. Berikut beberapa keuntungan yang bisa diperoleh:

Pengalaman Praktis yang Relevan

Salah satu manfaat utama dari Kelas Industri adalah pengalaman praktis yang diperoleh siswa. Dalam lingkungan industri, siswa dapat mengaplikasikan teori yang telah mereka pelajari di kelas dalam situasi dunia nyata. Dengan begitu, siswa akan terbantu untuk memperdalam pemahaman materi dan mengasah keterampilan praktis yang dibutuhkan di dunia kerja.

Networking

Mengikuti Kelas Industri memberikan koneksi (networking) siswa dengan industri yang berharga. Sebab melalui kolaborasi perusahaan dan profesional industri memungkinkan siswa membangun hubungan yang dapat menjadi pintu gerbang untuk peluang magang, kerja sama proyek, atau bahkan pekerjaan penuh waktu di masa depan. Dengan kata lain, koneksi ini bisa menjadi aset berharga terhadap karir mereka.

Mengatarkan ke Jenjang Karir yang Lebih Baik

Dengan mengenal dunia industri sejak dini, siswa dapat membuat keputusan karir yang lebih reflektif. Pada program ini, mereka dapat mengeksplorasi berbagai bidang industri dan memahami persyaratan dan tantangan yang terlibat. Sehingga mereka dapat membuat keputusan yang tepat sesuai dengan minat dan keterampilan pribadi.

Dok. Tim Gamelab: SMK - Gamelab.ID

Tentang SMKN 1 Lais

SMKN 1 Lais teletak di Jalan Lais, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. Saat ini sekolah tersebut telah memiliki beberapa program studi untuk siswa. Sebagai berikut:

  •  AKL (Akuntansi dan Keuangan Lembaga)
  • OTKP (Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran)
  • TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan)
  • Multimedia
  • BDP (Bisnis Daring dan Pemasaran)
  • TBSM (Teknik dan Bisnis Sepeda Motor)

Dok. Tim Gamelab: SMKN 1 Lais - Gamelab.ID

Baca Juga : Siapkan Generasi Kompeten, Siswa SMK Cipta Karya Prembun Lulus On Boarding Kelas Industri

Kelas Industri di Gamelab Indonesia

Salah satu mitra industri yang bersedia berkontribusi dalam meningkatkan mutu lulusan SMK adalah Gamelab Indonesia. Saat ini Gamelab Indonesia telah aktif selama 12 tahun dan berdedikasi untuk menyediakan pendidikan yang merata di seluruh wilayah Indonesia. Berikut adalah sekolah kejuruan yang dapat melaksanakan program Kelas Industri bersama Gamelab Indonesia:

Bidang Teknologi

  • Games Development
  • Web Front End Development
  • Web Back End Development
  • Apps Programming

Bidang Kreatif

  • 2D Design
  • 3D Design

Bidang Manajemen Bisnis

  • Digital Administration
  • Digital Marketing
  • Digital Accounting

Mari kita bersama-sama membentuk pengalaman belajar yang lebih unggul dan sesuai dengan kebutuhan industri saat ini. Tentu kolaborasi ini tidak hanya akan memperkaya proses pembelajaran siswa serta guru, tetapi juga akan memberikan dampak positif pada perkembangan pendidikan kejuruan di Indonesia. Ayo, bergandengan tangan untuk membentuk masa depan pendidikan kejuruan yang lebih baik melalui SMK Binaan. Jika ada pertanyaan, jangan ragu untuk menghubungi tim Gamelab Indonesia.


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Kamis, 1 Februari 2024

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI