BERITA UMUM Berikut 10 Jurusan Kuliah Menjanjikan Tahun 2024!

Berikut 10 Jurusan Kuliah Menjanjikan Tahun 2024!

Oleh Vincentius Dimas | Senin, 19 Februari 2024

Berikut 10 Jurusan Kuliah Menjanjikan Tahun 2024!

Sebenarnya memilih jurusan kuliah bukanlah hal yang mudah alias butuh pertimbangan banyak. Berikut 10 jurusan kuliah yang menjanjikan di tahun 2024!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Pendidikan tinggi menjadi salah satu investasi terpenting dalam mengamankan masa depan seseorang. Mak dengan memilih jurusan kuliah yang tepat, harapannya, seseorang dapat membuka peluang karir yang menjanjikan dan memenuhi keinginan serta minat pribadi. Oleh sebab itu, artikel kali ini akan membahas sepuluh jurusan kuliah yang diprediksi akan menjadi populer dan menjanjikan pada tahun 2024.

10 Jurusan Kuliah Menjanjikan Tahun 2024

Di tengah dinamika perkembangan sosial, ekonomi, dan teknologi, memilih jurusan kuliah menjadi langkah krusial dalam menentukan arah karir seseorang. Hal ini dikarenakan perkembangan industri dan kebutuhan pasar kerja yang terus berubah. Berikut 10 jurusan kuliah yang menjanjikan di tahun 2024:

1. Ilmu Komunikasi

Jurusan Ilmu Komunikasi tetap menjadi salah satu pilihan yang diminati karena pentingnya keterampilan komunikasi di berbagai industri. Mahasiswa Ilmu Komunikasi akan mempelajari tentang teori komunikasi, media massa, hubungan masyarakat, dan teknologi komunikasi terkini. Dengan perkembangan dunia digital, lulusan Ilmu Komunikasi memiliki peluang karir yang luas, termasuk di bidang media, periklanan, humas, dan pemasaran.

2. Hukum

Peminat untuk mempelajari hukum terus meningkat seiring kompleksitas peraturan dan tuntutan hukum yang berkembang di masyarakat. Jurusan Hukum menawarkan pemahaman mendalam tentang sistem hukum, prosedur pengadilan, dan etika hukum. Lulusan hukum memiliki beragam opsi karir, termasuk menjadi pengacara, hakim, notaris, atau pejabat hukum di perusahaan.

3. Sistem Informasi

Berkembangnya teknologi informasi, jurusan Sistem Informasi akan menjadi semakin relevan. Pada jurusan tersebut, mahasiswa akan mempelajari tentang pengembangan perangkat lunak, manajemen basis data, keamanan sistem, dan analisis data. Selain itu, lulusan Sistem Informasi sangat dibutuhkan di berbagai sektor industri, termasuk teknologi, perbankan, kesehatan, dan pemerintahan.

4. Manajemen

Jurusan Manajemen menawarkan pemahaman mendalam tentang prinsip manajemen, kepemimpinan, keuangan, dan pemasaran. Adanya gelombang perubahan dalam dunia bisnis, lulusan Manajemen akan memiliki banyak peluang untuk bekerja di berbagai sektor, mulai dari perusahaan swasta hingga organisasi nirlaba dan sektor publik.

5. Kedokteran

Profesi medis tetap menjadi salah satu pilihan paling bergengsi dan menjanjikan. Mahasiswa kedokteran akan mempelajari ilmu kedokteran dasar, diagnosis penyakit, penanganan medis, dan etika medis. Meskipun memerlukan komitmen dan waktu yang lama untuk menyelesaikan pendidikan kedokteran, lulusan ini memiliki kesempatan untuk menjadi dokter, spesialis medis, peneliti medis, atau dosen kedokteran.

Sumber Freepik: Jurusan Kuliah - Gamelab.ID

6. Psikologi

Kesehatan mental semakin menjadi perhatian utama, sehingga jurusan Psikologi menjadi akan semakin diminati. Mahasiswa Psikologi biasanya mempelajari seputar perilaku manusia, perkembangan psikologis, terapi psikologis, dan metodologi penelitian psikologi. Dengan begitu, lulusan Psikologi memiliki peluang karir di bidang kesehatan mental, pendidikan, sumber daya manusia, dan penelitian.

7. Ilmu Komputer

Jurusan Ilmu Komputer terus menjadi salah satu yang paling diminati karena perkembangan teknologi digital kian canggih. Sebab, dalam jurusan ini, mahasiswa akan mempelajari pemrograman komputer, jaringan, kecerdasan buatan, dan pengembangan perangkat lunak. Tak hanya itu, lulusan Ilmu Komputer juga memiliki kesempatan karir yang luas, misalnya menjadi pengembang perangkat lunak, analis sistem, ahli keamanan komputer, atau data scientist.

8. Akuntansi

Bidang akuntansi tetap menjadi tulang punggung keuangan perusahaan dan organisasi. Karena jurusan Akuntansi mengajarkan mahasiswa tentang pencatatan keuangan, audit, perpajakan, dan analisis laporan keuangan. Biasanya, lulusan Akuntansi memiliki peluang karir sebagai akuntan, auditor, konsultan keuangan, atau analis keuangan.

9. Desain Komunikasi Visual

Dengan meningkatnya permintaan akan konten visual yang menarik, jurusan Desain Komunikasi Visual menjadi sangat relevan. Di sini, mahasiswa akan belajar tentang desain grafis, ilustrasi, fotografi, dan animasi. Lalu untuk lulusannya dapat bekerja di industri kreatif, agensi periklanan, penerbitan, atau memulai bisnis desain mereka sendiri.

10. Teknologi Informasi

Jurusan Teknologi Informasi menawarkan pemahaman yang mendalam tentang infrastruktur IT, pengelolaan sistem, keamanan jaringan, dan integrasi teknologi. Adanya peran teknologi yang semakin dominan dalam berbagai aspek kehidupan, mengantarakan lulusan Teknologi Informasi memiliki peluang karir yang luas di berbagai industri, termasuk teknologi, keuangan, perusahaan ritel, dan pemerintahan.

Sumber Freepik: Jurusan Kuliah yang Menjanjikan - Gamelab.ID

Baca Juga : Mengetahui Tujuan Utama Akuntansi dan Prospek Karier Jurusan Sekolahnya!

Kampus Mitra Gamelab Indonesia

Jika tertarik untuk mengoptimalkan potensi dalam dunia industri game dan teknologi, maka Program Kampus Mitra Gamelab Indonesia adalah pilihan yang tepat. Sebab program ini merupakan kerja sama antara perguruan tinggi dan industri yang dirancang khusus untuk mencetak lulusan berkualitas sesuai dengan kebutuhan pasar. Berikut alasan mengapa mengadakan program tersebut: 

Terapkan Kurikulum Berbasis Industri

Program Kampus Mitra Gamelab Indonesia menekankan penggunaan kurikulum berbasis industri. Jadi, mahasiswa akan dibekali dengan pemahaman yang mendalam tentang kebutuhan dan tuntutan industri game dan teknologi, sehingga dapat memastikan apakah mereka sudah siap menghadapi tantangan di dunia kerja atau belum.

Dibimbing oleh Trainer Profesional di Bidangnya

Mahasiswa akan mendapatkan bimbingan langsung dari para profesional yang ahli di bidangnya masing-masing. Selain itu, mereka juga akan mendapatkan pengetahuan teoritis dan praktis serta wawasan yang relevan dengan industri game dan teknologi.

Mendekatkan Perguruan Tinggi dan Industri

Program ini bertujuan untuk mendekatkan perguruan tinggi dengan industri. Melalui kerja sama yang erat ini, mahasiswa bisa memiliki akses untuk magang, proyek kolaboratif, dan jaringan profesional. Dengan demikian, mereka dapat memperluas pemahamannya  tentang industri dan membangun koneksi yang berharga.

Mencetak Lulusan yang Siap ke Dunia Industri

Sejatinya tujuan utama dari program ini adalah mencetak lulusan yang siap untuk terjun langsung ke dunia industri. Maka dengan kombinasi kurikulum berbasis industri, bimbingan langsung dari para profesional, dan peluang praktik langsung di industri, mahasiswa secara tidak langsung akan memiliki keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman yang diperlukan untuk berhasil di dunia kerja.

Yuk, Jangan lewatkan kesempatan ini untuk mengembangkan potensi dan menjadi bagian dari industri yang sedang berkembang pesat melalui Kampus Mitra bersama Gamelab Indonesia. Apabila ada pertanyaan, silakan hubungi langsung Gamelab Indonesia.


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Senin, 19 Februari 2024

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI