BERITA UMUM Kemendikbudristek Menyatakan Gamelab Indonesia sebagai Mitra MSIB yang Cekatan dan Responsif

Kemendikbudristek Menyatakan Gamelab Indonesia sebagai Mitra MSIB yang Cekatan dan Responsif

Oleh Vincentius Dimas | Senin, 26 Februari 2024

Kemendikbudristek Menyatakan Gamelab Indonesia sebagai Mitra MSIB yang Cekatan dan Responsif

Ditjen Dikti, Kemendikbudristek, dan Gamelab Indonesia (perwakilan PT. Educa Sisfomedia Indonesia) resmi menandatangani surat kerja sama dalam Studi Independen Bersertifikat Cycle 6. Yuk, ketahui lebih lanjut tujuan kerja sama ini!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), dan Gamelab Indonesia (perwakilan PT. Educa Sisfomedia Indonesia) telah resmi menandatangani surat kerja sama Program Studi Independen Bersertifikat Cycle 6 pada Selasa, 20 Februari 2024 di Ruang Auditorium Gedung D Lantai 2, Kompleks Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

Menariknya, dalam perjumpaan tersebut, Gamelab Indonesia mendapat sanjungan sebagai mitra industri yang cekatan dan responsif mengenai persoalan administrasi. Sanjungan ini tidak lain karena dedikasi dan komitmen Gamelab Indonesia dalam menjalin hubungan yang solid dan profesional dengan para mitranya. Lebih lanjut, sanjungan ini juga dapat dinyatakan sebagai bukti nyata kepercayaan dan kepuasan para mitra terhadap kinerja Gamelab Indonesia. 

Tentang MSIB Kampus Merdeka

Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) yang digagas oleh Kampus Merdeka hadir sebagai solusi inovatif bagi mahasiswa yang ingin memperkaya pengalaman dan keahlian mereka di luar bangku kuliah. Program ini menawarkan dua jalur utama, yaitu Magang Bersertifikat dan Studi Independen Bersertifikat, yang dirancang khusus untuk mempersiapkan mahasiswa memasuki dunia kerja yang sesungguhnya.

Magang Bersertifikat Kampus Merdeka memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk terjun langsung dalam proyek nyata di berbagai perusahaan dan organisasi ternama. Melalui program ini, mahasiswa tidak hanya mendapatkan pengalaman magang yang dipercepat dan diakselerasikan, tetapi juga mengikuti program pembelajaran yang dirancang dengan baik untuk memaksimalkan proses belajar mereka.

Di sisi lain, Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka menghadirkan kelas-kelas khusus yang dirancang dan disesuaikan dengan kebutuhan nyata mitra/industri. Dalam program ini, mahasiswa akan berkolaborasi dengan para pakar dan praktisi untuk menyelesaikan permasalahan aktual yang dihadapi oleh mitra.

Dok. Istimewa: Andi Taru NNW S.Kom, M.Cs. (CEO PT. Educa Sisfomedia Indonesia)

Benefit MSIB Gamelab Indonesia

Apakah kamu tertarik untuk menjadi peserta MSIB selanjutnya? Kabar baiknya, sebentar lagi MSIB Cycle 7 akan diadakan namun untuk waktu seleksinya sekitar 13 Juni - 12 Juli 2024. Mari persiapkan dirimu sejak sekarang dengan mengetahui benefit yang diberikan oleh Gamelab Indonesia sebagai salah satu mitra industri yang berkompeten.

Salah satu benefit utama mengikuti MSIB bersama Gamelab Indonesia adalah kamu akan mendapatkan pembelajaran berbasis proyek nyata. Di sini, kamu akan terlibat langsung dalam pengerjaan proyek riil, sehingga kamu dapat menerapkan ilmu yang telah kamu pelajari dan mendapatkan pengalaman berharga dalam dunia kerja. Terlebih hasil proyemu nanti juga bisa dijadikan sebagai bahan portofolio juga.

Selain itu, Gamelab Indonesia juga memberikan bantuan biaya hidup dan biaya transportasi (khusus para peserta Magang Bersertifikat). Hal ini bertujuan untuk membantu meringankan beban finansial para peserta magang dan memastikan mereka dapat fokus belajar dan berkarya selama magang.

Benefit selanjutnya adalah tergabung dalam talent pool/golden ticket. Artinya, setelah menyelesaikan program MSIB, kamu akan masuk ke dalam database talenta Gamelab Indonesia dan berkesempatan untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan atau industri ternama.

Sesuai dengan aturan yang berlaku dari MSIB Kampus Merdeka, Gamelab Indonesia akan memberikan durasi belajar 900 jam yang setara dengan konversi hingga 20 SKS bagi peserta Studi Independen Bersertifikat. Tak hanya itu, seluruh peserta MSIB juga mendapat kesempatan berharga dan membawa ilmu melimpah berkat mentor expert trainer dari Gamelab Indonesia

Studi Independen Bersertifikat Cycle 6

Pentingnya Kerja Sama Perguruan Tinggi dan Industri

Di era yang penuh dengan dinamika dan perubahan ini, kerja sama antara perguruan tinggi dan industri menjadi kunci untuk menciptakan ekosistem pendidikan yang unggul dan menghasilkan lulusan yang siap pakai. Kolaborasi strategis ini bagaikan simbiosis mutualisme, di mana kedua pihak mendapatkan keuntungan dan manfaat yang signifikan.

Bagi perguruan tinggi, kerja sama dengan industri membuka peluang untuk memperbarui kurikulum dan materi pembelajaran agar lebih relevan dengan kebutuhan industri terkini. Industri dapat memberikan masukan dan saran terkait keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan di lapangan, sehingga perguruan tinggi dapat menyesuaikan program studinya dengan tepat.

Di sisi lain, industri mendapatkan manfaat dari kerja sama ini dengan memperoleh akses kepada talenta-talenta muda yang potensial dan berbakat. Dengan begitu Perguruan tinggi dapat menjadi sumber rekrutmen bagi industri untuk mencari karyawan yang memiliki kualifikasi dan kompetensi yang dibutuhkan.

Dok. Istimewa: Studi Independen Bersertifikat Cycle 6

Baca Juga : SIB Gamelab Indonesia: Mengubah Mindset, Membangun Skill

Tentang PT. Educa Sisfomedia Indonesia

PT. Educa Sisfomedia Indonesia saat ini memiliki tiga unit bisnis: Educa Studio, Gamelab Indonesia, dan Educa Academy. Ketiga unit bisnis tersebut memiliki misi yang senada yakni mengembangkan sektor pendidikan dan teknologi digital.

Perlu diketahui, Gamelab Indonesia telah memiliki sejumlah program seperti Magang/PKL, Prakerja, Kelas Industri, Teacher Factory (TeFa), Uji Kompetensi Keahlian (UKK), dan Bootcamp. Sementara itu, Educa Studio memiliki tanggung jawab dalam menciptakan konten kreatif seperti permainan digital dan animasi edukatif, termasuk produk-produk seperti Marbel (Mari Belajar), Kabi (Kisah Teladan Nabi), Kolak (Lagu Anak Indonesia), dan Riri Cerita Anak Interaktif. Di sisi lain, Educa Academy berfokus pada pelatihan dan pengembangan kompetensi bagi para pendidik atau guru.

Tertarik untuk optimasi skill bersama industri kompeten? Yuk, segera tentukan apa minat dan bakatmu supaya masa depanmu bisa cerah dan gemilang. Apabila ada pertanyaan atau ingin konsultasi, langsung hubungi saja Gamelab Indonesia!


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Senin, 26 Februari 2024

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI