BERITA KUNJUNGAN INDUSTRI Memahami Alur Produksi Industri, SMK Insan Nasional Bekasi Kunjungan Industri ke Gamelab Indonesia

Memahami Alur Produksi Industri, SMK Insan Nasional Bekasi Kunjungan Industri ke Gamelab Indonesia

Oleh Vincentius Dimas | Rabu, 6 Maret 2024

Memahami Alur Produksi Industri, SMK Insan Nasional Bekasi Kunjungan Industri ke Gamelab Indonesia

SMK Insan Nasional Bekasi Kunjungan Industri ke PT. Educa Sisfomedia Indonesia. Lewat kegiatan ini, mereka memperoleh pengetahuan baru melalui seminar industri, berdiskusi dengan expert industri, serta eksplorasi karya Educa dan Gamelab.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Memahami alur produksi industri, SMK Insan Nasional Bekasi mengadakan Kunjungan Industri ke Gamelab Indonesia pada Rabu, 6 Maret 2024. Dalam kesempatan ini, sekolah tersebut mendatkan siswa-siswinya pada jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Lalu yang menghadiri kegiatan ini sebanyak 21 siswa dan 5 guru.

Penting untuk diketahui, Kunjungan Industri ini bertujuan untuk mengurangi kesenjangan antara dunia pendidikan dan industri dengan memberikan pemahaman yang lebih komprehensif tentang industri serta memperkenalkan kegiatan dan proses kreatif yang sedang diimplementasikan oleh industri saat ini. Selain itu, tujuan lainnya lagi adalah agar siswa SMK dapat memiliki gambaran yang lebih terperinci tentang prospek masa depan mereka jika memilih untuk berkarier di dalam industri tersebut.

Seminar Industri

Ketika tiba di Gamelab Indonesia, SMK Insan Nasional mengikuti Seminar Industri yang dipimpin oleh Kak Nia. Dalam acara tersebut, mereka diperkenalkan dengan gambaran menyeluruh tentang industri. Kak Nia menyampaikan visi, misi, dan budaya kerja yang diterapkan oleh PT. Educa Sisfomedia Indonesia. Setelah memahami visi dan misi industri, mereka juga diberikan pemahaman tentang kebutuhan dan keterampilan yang dibutuhkan dalam industri game dan animasi.

Selain itu, mereka diajari tentang konsep dan proses produksi terkini dalam industri tersebut. Selanjutnya, Kak Nia memberikan studi kasus untuk memberikan gambaran konkret tentang tantangan dan pencapaian yang dihadapi oleh industri. Dengan demikian, diharapkan mereka dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam dan relevan tentang perkembangan terbaru dalam industri game dan animasi.

Dok. Tim Gamelab: Seminar Industri - Gamelab.ID

Diskusi dengan Trainer Expert dari Industri

Setelah seminar, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi bersama Kak Samsul Huda, seorang trainer expert dari Gamelab Indonesia. Dalam sesi diskusi tersebut, peserta diberi kesempatan untuk memahami industri game dan animasi secara menyeluruh karena Kak Huda memberikan penjelasan komprehensif dari tahap awal hingga produk akhir.

Proses-proses yang disebutkan meliputi perencanaan, desain, pengkodean, pengujian, dan peluncuran produk. Tujuannya adalah agar melalui diskusi ini, peserta dapat memperoleh pemahaman tentang berbagai tahapan yang menjadi fokus utama industri dalam menciptakan produk, serta pengetahuan praktis yang dapat diterapkan untuk mengejar karier di bidang pilihan mereka masing-masing.

Dok. Tim Gamelab: Diskusi dengan Trainee Expert - Gamelab.ID

Eksplorasi Karya Game Educa dan Gamelab Indonesia

Setelah berdiskusi dengan Kak Huda, peserta Kunjungan Industri melanjutkan acara dengan menikmati hasil game industri atau bisa disebut dengan Eksplorasi Karya. Pada kesempatan tersebut, mereka dapat menjelajahi karya Virtual Reality (VR) dari Educa Studio dan juga karya animasi dari peserta Program Magang/PKL serta Kelas Industri di Gamelab Indonesia.

Dengan demikian, dalam sesi eksplorasi ini, mereka dapat merasakan pengalaman bermain sambil mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang keterampilan dan inovasi dalam industri animasi dan game. Selain itu, mereka juga memiliki kesempatan untuk mengevaluasi kreativitas dan kualitas karya yang dihasilkan oleh industri, yang dapat menjadi sumber inspirasi dan panduan bagi mereka dalam mengembangkan bakat mereka sendiri.

Dok. Tim Gamelab: Eksplorasi Karya - Gamelab.ID

Tentang SMK Insan Nasional Bekasi

SMK Insan Nasional terletak di Jalan Kp. Sawah RT. 001/RW 008, Desa Cikarageman, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Menariknya, sekolah ini tidak hanya melakukan Kunjungan Industri saja melainkan juga sudah mengikuti Kelas Industri Gamelab Indonesia. Dengan begitu, SMK Insan Nasional Bekasi siap mencetak siswa-siswinya menjadi pribadi yang berani berkompetisi di dunia industri pada masa mendatang. 

Dok. Tim Gamelab: SMK Insan Nasional Bekasi - Gamelab.ID

Baca Juga : Mempelajari Proses Pembuatan Game, SMKN 2 Demak Seminar Industri bersama Gamelab Indonesia

Tentang PT. Educa Sisfomedia Indonesia

PT. Educa Sisfomedia Indonesia kini mengelola tiga unit bisnis utama, yaitu Educa Studio, Gamelab Indonesia, dan Educa Academy. Perlu diketahui, ketiga bisnis tersebut memiliki tujuan sejalan dalam mengikuti perkembangan dunia pendidikan dan teknologi digital.

Kini, Gamelab Indonesia telah berhasil memperkenalkan beberapa program seperti Magang/PKL, Prakerja, Kelas Industri, Teacher Factory (TeFa), Uji Kompetensi Keahlian (UKK), dan Bootcamp. Di samping itu, Educa Studio bertanggung jawab atas kreativitas dalam menciptakan permainan digital dan animasi edukatif untuk anak-anak, termasuk Marbel (Mari Belajar), Kabi (Kisah Teladan Nabi), Kolak (Lagu Anak Indonesia), dan Riri Cerita Anak Interaktif. Sementara itu, Educa Academy berfokus pada pelatihan dan peningkatan kompetensi bagi pendidik atau guru.

Apakah kamu tertarik untuk melakukan Kunjungan Industri? Jika kamu ingin mengalami pengalaman serupa dengan SMK Insan Nasional Bekasi, kamu bisa mengajak sekolah atau kampus  untuk bekerja sama dengan Gamelab Indonesia. Kerja sama ini tentu saja menawarkan berbagai keuntungan, termasuk pemahaman mendalam tentang dunia industri, wawasan baru mengenai peralatan industri modern, dan manfaat lainnya. Ayo, segera atur Kunjungan Industri yang menarik dan bermanfaat bersama Gamelab Indonesia!


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Rabu, 6 Maret 2024

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI