BERITA SMK SMK Jurusan OTKP : Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran

SMK Jurusan OTKP : Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran


#smk #otkp #vokasi
SMK Jurusan OTKP : Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran

Jurusan OTKP atau dulunya Administrasi Perkantoran (AP) akan membekali siswa dengan kemampuan pada bidang administrasi  baik secara pengetahuan, keterampilan, dan sikap.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Mengenal SMK Jurusan OTKP

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) saat ini memiliki berbagai jurusan yang yang dapat dipilih oleh siswa sesuai bakat dan minatnya masing-masing. Salah satu jurusan yang masih banyak diminati saat ini adalah SMK Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran atau sering disingkat OTKP. Dengan adanya perkembangan teknologi saat ini, tata kelola perkantoran pun dibuat secara otomatisasi. Artinya bahwa pekerjaan perkantoran akan dipermudah dengan bantuan teknologi yang sudah terkomputerisasi. Maka siswa akan dibekali dengan kemampuan tersebut.

Jurusan OTKP atau dulunya Administrasi Perkantoran (AP) merupakan salah satu Kompetensi Keahlian dari Program Keahlian Manajemen Perkantoran pada Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen. Jurusan OTKP akan membekali siswa dengan kemampuan pada bidang administrasi  baik secara pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan perusahaan atau kantor. Secara teknis SMK Jurusan OTKP akan mempelajari segala jenis kegiatan kantor. Mulai dari pembukuan, pengarsipan, hingga public relations dengan memanfaatkan pengetahuan keterampilan teknologi informasi.

Mata Pelajaran Muatan Peminatan Kejuruan

Selain Muatan Nasional dan Muatan Kewilayahan, para siswa SMK juga akan dibekali dengan Mata Pelajaran Muatan Peminatan Kejuruan sesuai Kompetensi Keahlian yang diambil. Berikut adalah mata pelajaran Muatan Peminatan Kejuruan pada SMK Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran :

  • Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian
    Pokok bahasan pada mata pelajaran ini adalah tentang administrasi kepegawaian, perencanaan kebutuhan pegawai, prosedur pengadaan pegawai,  hingga penilaian kinerja pegawai. 
  • Otomatisasi Tata Kelola Keuangan
    Pada mata pelajaran otomatisasi tata kelola keuangan, siswa diajarkan untuk dapat memahani tentang ruang lingkup administrasi keuangan, mengidentifikasikan fungsi administrasi keuangan, menguraikan tujuan administrasi keuangan, hingga mengemukakan dasar administrasi keuangan berdasarkan kondisi nyata di tempat kerja.
  • Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana
    Sesuai dengan judulnya, mata pelajaran ini membekali siswa dengan pengetahuan tentang administrasi dan regulasi sarana prasarana kantor, dan K3 (Kemananan, Kesehatan, dan Keselataman kerja) perkantoran. Siswa juga akan diajarkan tentang penggunaan mesin-mesin kantor dan mesin komunikasi kantor hingga penataan interior dan tata ruang kantor.
  • Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan
    Pokok bahasan pada mata pelajaran ini antara lain adalah pengetahuan dan keterampilan tentang regulasi bidang kehumasan beserta etika dan kode etiknya hingga perencanaan program kehumasan.
  • Produk Kreatif dan Kewirausahaan
    Pada mata pelajaran ini para siswa SMK dibentuk untuk menjadi pribadi yang siap kerja. Materi yang dibahas antara lain bagaimana memahami karakteristik wirausahawan, memahami peluang usaha produk dan jasa, hingga proses pengajuan hak atas kekayaan intelektual.

Prospek Kerja SMK Jurusan OTKP

Selain mendapatkan pengetahuan tentang teori tata kelola perkantoran, para siswa juga dibekali dengan keterampilan dengan kegiatan Prakerin. Prakerin (Praktek Kerja Industri) adalah kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan di dunia usaha atau dunia industri. Para siswa jurusan OTKP akan ditempatkan di kantor atau perusahaan untuk mempraktekkan secara langsung teori-teori yang sudah mereka dapatkan di sekolah. Harapannya kegiatan Prakerin ini dapat meningkatkan mutu para siswa dan sebagai bekal untuk memasuki dunia kerja. Berikut ini adalah beberapa peluang kerja untuk para lulusan SMK Jurusan OTKP :

  • Sekretaris
    Seorang sekretaris bertugas untuk mengurus segala hal yang berhubungan dengan perusahaan, termasuk juga mengatur jadwal atasan. 
  • Asisten Sekretaris
    Tugas sebagai seorang asisten sekretaris, adalah menerima berbagai panggilan telepon dan jadwal pertemuan pimpinan serta mengatur jadwal pertemuan, konferensi, hingga pemesanan perjalanan untuk para staff kantor.
  • Resepsionis
    Seorang resepsionis harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Seorang resepsionis pasti akan banyak dicari karena setiap perusahaan yang bergerak di bidang apapun pasti akan membutuhkan posisi resepsionis untuk menjadi bagian front office perusahaan mereka.
  • Staff Personalia
    Jabatan staff personalia berbeda dengan HRD. Staff personalia bertanggung jawab untuk hal-hal seperti database karyawan, payroll, atau pembayaran-pembayaran lainnya. Staff personalia juga bertugas untuk mengelola hal-hal seperti absensi karyawan, pinjaman karyawan, atau pencatatan cuti tahunan setiap karyawan.
  • Staff Operasional Pameran
    Seorang staff operasional pameran bertugas untuk menjaga kelancaran acara atau pameran.
  • Personal Assistant
    Personal Assistant atau Asisten Pribadi adalah orang yang bertugas untuk mengurus urusan pekerjaan dan bahkan urusan pribadi atasan mereka.
  • Seksi Hubungan Massa
    Seksi hubungan massa bertugas untuk menjembatani komunikasi antar perusahaan dengan dunia luar.
  • Wirausaha
    Dengan pengetahuan dan keterampilan yang didapatkan selama tiga tahun pembelajaran, para lulusan SMK Jurusan OTKP tidak harus bekerja di perusahaan. Mereka bisa membuka peluang kerja sendiri, misalnya dengan membuka jasa event organizer. Berbekal kemampuan multitasking, ketelitian, dan kemampuan mengorganisir yang baik, mereka bisa mengembangkannya dengan membuka usaha sendiri.

Meskipun SMK Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran ini masih banyak diminati, tidak perlu khawatir jika peluang kerja akan menjadi sedikit dengan persaingan tinggi. Pada kenyataannya, setiap perusahaan atau kantor pasti akan membutuhkan karyawan untuk mengelola administrasi perusahaannya. Bahkan para lulusan SMK Jurusan OTKP dapat membuka peluang usahanya sendiri. 

Nah, dengan sloga "SMK Bisa!", siswa dipersiapkan agar kapabel, kompetitif dan siap kerja. Siswa SMK tidak hanya disuguhkan teori, akan tetapi juga praktek lapangan sesuai dengan bidang kejuruannya. Kami dari GAMELAB memiliki berbagai program kerjasama dengan SMK seperti pelatihan guru, pelatihan siap kerja, magang, kelas industri dan job matching. Adapun kami telah bekerja sama dengan lebih dari 30 SMK di seluruh Indonesia. Silakan jika SMK Anda berminat untuk kerjasama dengan kami, email ke support@gamelab.id atau WhatsApp ke https://wa.me/6281232596412

 

Sumber :

https://siedoo.com/berita-29958-otkp-di-smk-bukan-merupakan-jurusan-terminal/

https://www.markombur.com/2020/03/mata-pelajaran-jurusan-otomatisasi-dan.html

https://www.quantumbook.id/wp-content/uploads/2019/08/Otomatisasi-Tata-Kelola-Humas-dan-Keprotokolan-C3-Kelas-XI.pdf

https://www.renesia.com/10-peluang-atau-prospek-kerja-otkp/

https://image.cermati.com/q_70,w_1200,h_800,c_fit/rrfi9huwo8kxlakgthoi


Admin Kelas Industri

Admin Kelas Industri

Senin, 30 November 2020