BERITA UMUM Membedah 10 Skill Digital Marketing yang dibutuhkan di Tahun 2024!

Membedah 10 Skill Digital Marketing yang dibutuhkan di Tahun 2024!

Oleh Vincentius Dimas | Jumat, 19 April 2024

Membedah 10 Skill Digital Marketing yang dibutuhkan di Tahun 2024!

Digital marketing terus mengalami evolusi, oleh sebab itu perlunya adaptasi dan terus belajar agar konten yang dibagikan terus relevan. Berikut 10 skill digital marketing yang perlu kamu kuasai!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Dunia digital terus berkembang dengan pesat, dan kini kemampuan dalam bidang pemasaran digital menjadi semakin penting bagi para profesional di berbagai industri. Ditambah, dinamika pasar dan perubahan perilaku konsumen yang dinamis seperti menuntut para digital marketer untuk terus relevan agar bisa bersaing dan memenangkan pasar. Yuk, simak artikel ini sampai habis, karena akan membahas sepuluh skill digital marketing yang paling penting untuk dikuasai pada tahun 2024!

Baca Juga : Strategi Dinamis: Membangun Keberhasilan dalam Digital Marketing Bagi Pemula!

10 Skill Digital Marketing Terpenting di Tahun 2024

Memasuki tahun 2024, landskap digital marketing akan terus berkembang dengan pesat. Para profesional marketing yang ingin sukses tentunya harus terus belajar dan mengembangkan skillset mereka untuk mengikuti tren terbaru dan teknologi yang muncul. Berikut 10 skill yang membuat digital marketer bisa maju:

1. AI dan Machine Learning

Di era digital yang serba data ini, AI dan Machine Learning menjadi kunci untuk memahami perilaku konsumen, memprediksi tren pasar, mengotomatisasi tugas marketing, dan menciptakan konten yang dipersonalisasi. Tak hanya itu, platform AI marketing seperti Google Marketing Platform dan Adobe Sensei kini bagaikan kompas handal karena dapat membantu digital marketer untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas strategi para digital marketer.

2. Content Marketing

Content marketing adalah raja di era digital. Menjadi storyteller yang memikat dan mengubah konten menjadi magnet bagi pelanggan merupakan kunci utama. Maka, digital marketer perlu memiliki kemampuan untuk meriset audiens, merajut berbagai format konten yang menarik dan informatif, memilih platform yang tepat, mempromosikan konten dengan cerdas, serta mengukur performanya.

3. SEO (Search Engine Optimization)

Menembus lautan digital tanpa SEO bagaikan berenang tanpa kompas. Dalam konteks ini, digital marketer perlu memahami cara kerja mesin pencari, mengoptimalkan website, membangun backlink berkualitas, dan menciptakan pengalaman mobile yang prima. Sementara itu, Google Search Console dan Google Analytics bagaikan peta harta karun, yang nantinya akan membantu digital marketer melacak performa dan mencapai puncak visibilitas website.

4. Social Media Marketing

Dunia digital tak lengkap tanpa media sosial. Karena social media marketing bagaikan jembatan interaksi untuk membangun brand awareness, meningkatkan engagement, dan mendorong traffic. Oleh karena itu, digital marketer perlu memilih platform yang tepat, membuat konten yang menarik, membangun interaksi dengan audiens, dan mengukur performa. Maka dengan Facebook Insights, Twitter Analytics, atau alat analitik media sosial lainnya, digital marketer akan dengan mudah mengoptimalkan strategi social media mereka.

5. Email Marketing

Jalin hubungan erat dengan pelanggan melalui email marketing. Membangun email list yang tertarget, menciptakan email yang menarik dan informatif, segmentasi audiens, dan pengukuran performa adalah kunci untuk email marketing yang sukses. Ada banyak alat yang membantu untuk digital marketer membangun, mengirim, dan melacak campaign email dengan mudah dan efektif yakni Mailchimp atau ActiveCampaign.

Sumber Freepik: Skill Digital Marketing - Gamelab.ID

6. Video Marketing

Video marketing bagaikan magnet yang menarik perhatian, membangun brand awareness, dan mendorong konversi. Pada skill ini, digital marketer perlu memiliki kemampuan untuk membuat video yang kreatif dan informatif, memilih format yang tepat, dan mendistribusikannya di platform yang sesuai. Salah satu platform yang terpopuler untuk menghasilkan ini adalah video marketing.

7. Influencer Marketing

Dalam era di mana pengaruh sosial memiliki peran besar dalam keputusan pembelian, influencer marketing telah menjadi salah satu strategi pemasaran yang paling efektif. Kemampuan untuk mengidentifikasi, berkolaborasi, dan mengelola hubungan dengan influencer yang relevan target audiens menjadi keterampilan yang sangat berharga. Maka dengan memanfaatkan pengaruh dan kepercayaan yang dibangun oleh para influencer, brand dapat meningkatkan kesadaran, keterlibatan, dan konversi secara signifikan.

8. Analytics dan Data Marketing

Ubah data menjadi wawasan berharga dengan analytics dan data marketing. Alat seperti Google Analytics dan Adobe Analytics akan sangat membantu digital marketer. Mengapa demikian? Karena dapat melacak performa website, campaign, dan perilaku konsumen.Dengan begitu, bisnis akan mencapai target karena adanya pemahaman data dan pengukuran ROI.

9. Marketing Automation

Tingkatkan efisiensi dan efektivitas dengan marketing automation. Otomatisasi tugas berulang, personalisasi interaksi dengan pelanggan, dan ciptakan customer journey yang mulus adalah kunci untuk marketing automation yang sukses. Platform seperti Marketo dan HubSpot Marketing Automation membantu digital marketer dalam menghemat waktu dan meningkatkan hasil.

10. Kreativitas dan Inovasi

Terakhir, di tengah persaingan yang semakin ketat, kemampuan untuk berpikir kreatif dan berinovasi dalam strategi marketing menjadi kunci. Oleh karena itu, perlunya mengembangkan ide-ide yang unik dan berani, serta mampu menguji dan menyesuaikan strategi secara cepat agar membantu dalam membedakan brand di pasar yang ramai.

Itu dia beberapa skill digital marketing yang perlu diperhatikan di tahun 2024 sekarang. Yuk, optimasi skill kamu seputar marketing dengan cara ikuti Kelas Bisnis di Gamelab Indonesia. Ada banyak pilihan kelas di sana, dan harganya MURAH banget alias nggak sampai 100 ribu rupiah! Langsung saja pilih kelas yang sesuai minat dan bakatmu, namun bila kamu ingin konsultasi bisa hubungi di sini ya!


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Jumat, 19 April 2024

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI