BERITA KISAH SUKSES Kisah Sukses Krisna Guru SMK Membuat Animasi 3D Keris Jambi

Kisah Sukses Krisna Guru SMK Membuat Animasi 3D Keris Jambi


Kisah Sukses Krisna Guru SMK Membuat Animasi 3D Keris Jambi

Bagaimana Pak Krisna Agung Pambudi seorang guru di SMK Negeri Matesih Karanganyar mendapatkan pengalaman membuat animasi 3D keris Jambi

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, desain, coding, 3D artwork, art dan illustrasi dan digital music hanya di GAMELAB.ID!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Bapak Krisna Agung Pambudi atau yang biasa disapa Pak Krisna adalah seorang guru produktif di SMK Negeri Matesih Karanganyar. Beliau merupakan lulusan STMIK AUB Surakarta Jurusan Sistem Informasi dan terjun ke bidang multimedia sebagai profesi pengajar di SMK. 

Saya tertarik magang di gamelab karena melihat kurikulum yang bagus dan sesuai dengan bidang saya mengajar di SMK

Pak Krisna Guru Multimedia SMK Negeri Matesih

Bapak Krisna, bisa diceritakan awal mula bagaimana bisa magang di GAMELAB?

Pertama, saya melihat ternyata gamelab memiliki banyak prestasi dan penghargaan. Kemudian saya melihat orang-orang di balik gamelab yang ternyata pengalaman di bidangnya sudah dalam waktu yang lama. Setelah itu pertimbangan berikutnya adalah kurikulum. 

Sebelum mengambil program magang, saya diberikan penjelasan yang lengkap oleh admin benefit apa yang saya dapatkan ketika magang dan apakah cocok dengan kesibukan saya sebagai guru di SMK. Ternyata, program magang guru gamelab sangat menarik dan juga program ini didukung oleh sekolah kami. 

Apa saja yang dilakukan keseharian magang di GAMELAB sebagai guru?

Setiap harinya saya harus melakukan absensi pagi dan sore. Kemudian siang saya mengerjakan proyek yang diberikan oleh trainer di sela-sela saya mengajar. Kemudian yang paling menantang adalah saya hanya bisa belajar melalui LMS di malam harinya. Karena siang hari mayoritas kegiatan saya adalah mengajar. 

Kalau dipikir-pikir, modul yang diberikan melalui LMS sangat bermanfaat juga. Karena bisa diakses 24 jam. Rekan-rekan guru yang magang yang saya tahu ada yang sampai bangun jam 3 pagi untuk mengakses dan belajar. Walau benar-benar membutuhkan ekstra waktu, karena seru magangnya jadi tidak terasa.

Apa yang paling berkesan dari program magang online GAMELAB?

Membagi waktu. Karena sambil mengajar dan kami dituntut untuk menyelesaikan beberapa kegiatan yang sudah diprogramkan oleh tim GAMELAB. Pagi laporan, siang mengajar dan di sela-sela saya menyicil proyek (tugas), malam harinya belajar melalui LMS. Seru hahaha... 

Menurut Bapak apa yang membuat program GAMELAB ini dapat meningkatkan skill? 

Ada beberapa yang saya lihat sangat positif:

  1. Ada mentor yang sangat baik dan sabar
  2. Mentor ramah dan cepat tanggap (responsif)
  3. Materi yang disediakan bagus dan lengkap

Perusahaan memberikan tantangan yang menarik. Senang sekali rasanya saya bisa berkontribusi pada produk yang memang akan digunakan oleh orang banyak...

Proyek Keris Jambi untuk Educa Studio

Proyek apa yang diberikan oleh perusahaan kepada Bapak?

Ketika magang, saya diberikan kepercayaan untuk membantu Educa Studio (PT Educa Sisfomedia Indonesia) mengembangkan konten di produk Marbel Budaya Nusantara. Tugas saya adalah membuat objek 3D yaitu keris Jambi. Selain membuat objek 3D menggunakan Blender, saya juga ditugaskan untuk melengkapi objek dengan UV Mapping, Texturing, Rigging dan sampai animasi. 

Saya menjadi tahu ternyata standard produksi di Industri cukup ketat. Pengerjaan tidak boleh sembarangan dan harus sesuai dengan standard minimal kualitas yang telah ada di perusahaan. Terlebih saya diberikan tugas sampai pembuatan animasinya. Hal ini menjadikan saya bisa sharing juga ke anak didik di SMK tentang standard industri seperti apa. 

Pesan apa yang ingin disampaikan kepada publik? 

Untuk menguasai sesuatu, teruslah berlatih secara kontinyu. Jangan pernah menyerah dan tidak ada yang instan.


Gamelab Indonesia

Gamelab Indonesia

Selasa, 15 Desember 2020