BERITA SMK SMK Jurusan Seni Tari : Kompetensi dan Karirnya

SMK Jurusan Seni Tari : Kompetensi dan Karirnya

Oleh Gamelab.Id | Kamis, 31 Desember 2020

SMK Jurusan Seni Tari : Kompetensi dan Karirnya

SMK Jurusan Seni tari bertujuan menyiapkan tenaga profesional dan kompeten tingkat menengah di bidang seni tari. 

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Seni tari adalah cabang seni yang mengungkapkan keindahan, ekspresi, hingga makna tertentu melalui media gerak tubuh yang disusun dan diperagakan sedemikian rupa untuk memberikan penampilan dan pengalaman yang menyenangkan atau menumbuhkan horison baru bagi penontonnya. Indonesia adalah negara yang kaya akan seni dan budaya, termasuk seni tari di Indonesia. Seni tari merupakan hal yang menarik untuk dipelajari. Sekolah Menengah Kejuruan  (SMK)  memfasilitasi siswa yang ingin mengembangkan hobi seni tari secara profesional.  

SMK Jurusan Seni tari bertujuan menyiapkan tenaga profesional dan kompeten tingkat menengah di bidang seni tari. Seni Tari mempelajari gerak manusia yang dibarengi dengan iringan ritme, irama dan musik. Seni Tari mempunyai peran yang penting baik dari segi budaya maupun segi hiburan. Untuk mengetahui kompetensi dan bagaimana karir SMK Jurusan Seni Musik Tari, silakan simak artikel berikut ini.

Mata Pelajaran SMK Jurusan Seni Tari

Seni Tari merupakan salah satu Kompetensi Keahlian dari Program Keahlian Seni Tari pada Bidang Keahlian: Seni dan Industri Kreatif. Berikut adalah daftar lengkap mata pelajaran Jurusan Seni Tari.

A. Muatan Nasional
1. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
3. Bahasa Indonesia
4. Matematika
5. Sejarah Indonesia
6. Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya*)

B. Muatan Kewilayahan
1. Seni Budaya
2. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

C. Muatan Peminatan Kejuruan
C1. Dasar Bidang Keahlian
1. Simulasi dan Komunikasi Digital
2. Tinjauan Seni
3. Dasar-dasar Kreativitas

C2. Dasar Program Keahlian
1. Olah Tubuh
2. Gerak Dasar Tari
3. Iringan Tari

C3. Kompetensi Keahlian (Mata Pelajaran Produktif)
1. Tata Rias dan Tata Busana Tari
2. Tari Tradisi
3. Tari Daerah Lain
4. Garap Tari
5. Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Baca Juga : SMK Negeri 2 Surabaya Raih Pengalaman Berharga dalam Kunjungan Industri ke Gamelab Indonesia

Karir Lulusan SMK Jurusan Seni Tari

Dengan bekal pengetahuan dan keterampilan yang didapat selama 3 tahun, tentunya para lulusan SMK Jurusan Seni Tari memiliki kompetensi untuk berkarir di dunia seni, khususnya seni tari. Persaingan di bidang ini cukup ketat. Sebelum diterima di suatu pekerjaan, penari perlu mengikuti audisi. Dan pekerjaan di bidang ini berdasarkan proyek. Jika suatu proyek telah selesai, maka harus mencari pekerjaan lainnya. Tentunya tidak akan menjadi masalah jika sudah terkenal, karena proyek dengan otomatis akan datang menawarkan diri. Para penari yang baru memasuki dunia kerja biasanya juga mencari pekerjaan sampingan lainnya selain bekerja sebagai penari.

Pertunjukan teater dan musikal adalah lowongan kerja yang paling umum. Selain bekerja untuk teater dan kelompok tari, penari juga dapat bekerja untuk studio tv atau pertunjukan musik. Music video (MV) juga banyak membutuhkan penari. Produser MV akan mencari penari sesuai dengan aliran musik MV yang akan mereka muat. Misalnya MV musik hip hop akan mencari penari hip hop.  Selain hanya menari dan terlibat dalam petunjukan, banyak penari yang terjun ke dunia pendidikan, baik itu di kelas kursus tari, atau mengajar privat, dan hingga membuat studio tari sendiri. Mereka juga dapat berkembang menjadi koreografer.

Nah, dengan slogan "SMK Bisa!", siswa SMK dipersiapkan agar kapabel, kompetitif dan siap kerja. Siswa SMK tidak hanya disuguhkan teori, akan tetapi juga praktek lapangan sesuai dengan bidang kejuruannya. Kami dari GAMELAB memiliki berbagai program kerja sama dengan SMK seperti pelatihan guru, pelatihan siap kerja, magang, kelas industri dan job matching. Adapun kami telah bekerja sama dengan lebih dari 30 SMK di seluruh Indonesia. Silakan jika SMK Anda berminat untuk kerjasama dengan kami, email ke support@gamelab.id atau WhatsApp ke https://wa.me/6281232596412


Sumber :

https://serupa.id/seni-tari-pengertian-jenis-fungsi-menurut-para-ahli/

https://www.markombur.com/2020/03/mata-pelajaran-jurusan-seni-tari.html


Gamelab.Id

Gamelab.Id

Kamis, 31 Desember 2020

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI