GAMELAB melakukan visitasi Kelas Industri ke SMK Ma'arif Sudimoro pada 17 Desember 2024 lalu. Visitasi ini bertujuan untuk memperkuat kemitraan karena sekolah tersebut telah menjadi SMK binaan GAMELAB sejak 2019 dari program Kelas Industri (2D Artwork) hingga Teaching Factory. Selain itu, juga menjadi sarana diskusi dengan manajemen sekolah untuk meningkatkan kualitas program kerja sama yang sedang berlangsung.
Apa yang Dimaksud dengan Kelas Industri?
Kelas Industri adalah program pendidikan yang menghubungkan sekolah kejuruan dengan dunia industri. Dalam pelaksanaannya, siswa mendapatkan pembelajaran yang langsung dibimbing oleh praktisi industri. Artinya, pembelajaran ini tidak hanya bersifat teori tetapi juga praktik dengan standar industri yang sudah ditetapkan. Dengan begitu, memungkinkan siswa untuk memahami bagaimana proses di dunia kerja sesungguhnya, sehingga mereka memiliki bekal yang cukup untuk bersaing di dunia profesional.
Pentingnya Menghubungkan Sekolah dengan Industri
Kenapa menghubungkan sekolah dengan industri itu penting? Salah satu alasan utamanya adalah agar siswa mendapatkan pengalaman belajar yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja. Mitra industri seperti GAMELAB tidak hanya menyediakan pembelajaran berbasis teori, tetapi juga praktek yang langsung relevan dengan dunia kerja.
SMK yang memiliki mitra industri dapat memastikan bahwa kurikulum yang diajarkan selalu up-to-date dengan perkembangan teknologi dan tren terkini. Hal ini penting karena dunia kerja terus berkembang, dan apa yang relevan tahun ini mungkin tidak akan relevan tahun depan. Dengan program seperti Kelas Industri dan Teaching Factory, siswa belajar menggunakan alat dan teknologi yang memang dipakai di lapangan.
Selain itu, bekerja sama dengan industri memberikan kesempatan bagi siswa untuk membangun jejaring profesional. Dengan koneksi ini, siswa tidak hanya belajar, tetapi juga bisa membuka pintu untuk peluang magang, pelatihan, bahkan pekerjaan setelah lulus. Ini menjadikan SMK binaan seperti SMK Maarif Sudimoro unggul dalam mempersiapkan siswanya untuk dunia kerja.
Benefit Kelas Industri bersama GAMELAB
Kenapa banyak sekolah memilih GAMELAB sebagai mitra industrinya? Berikut beberapa alasan kenapa program ini memberikan banyak keuntungan:
1. Materi yang Komprehensif dan Relevan
GAMELAB selalu memastikan bahwa materi yang diajarkan sesuai dengan kebutuhan industri. Program Kelas Industri di SMK Maarif Sudimoro, misalnya, mencakup pelatihan pembuatan 2D Artwork dan penerapan Teaching Factory. Ini membekali siswa dengan keterampilan teknis dan kreatif yang sangat diperlukan di dunia kerja.
2. Bimbingan dari Praktisi Berpengalaman
Dalam Kelas Industri, siswa tidak hanya belajar dari guru, tetapi juga dari praktisi yang benar-benar terjun di dunia kerja. Hal ini membantu siswa memahami cara kerja di industri sebenarnya dan bagaimana mereka bisa berkontribusi secara profesional.
3. Sistem Pembelajaran Berbasis LMS
GAMELAB menyediakan Learning Management System (LMS) yang memungkinkan siswa untuk belajar kapan saja dan di mana saja. Akses 24/7 ini sangat memudahkan siswa untuk mengulang materi atau mengejar ketertinggalan.
4. Sertifikasi Kompetensi yang Diakui
Salah satu keuntungan terbesar dari bekerja sama dengan GAMELAB adalah sertifikat kompetensi yang diberikan kepada siswa. Sertifikat ini diakui secara luas dan dapat digunakan untuk melamar kerja atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
5. Meningkatkan Kompetensi Guru
Tidak hanya siswa, guru pun mendapatkan manfaat dari program ini. Sebagai informasi, GAMELAB juga mengadakan pelatihan bagi guru melalui metode Training of Trainer (ToT). Dengan begitu, guru bisa mengajarkan keterampilan yang sesuai dengan standar industri kepada siswa.
Tentang SMK Ma'arif Sudimoro
SMK Ma'arif Sudimoro adalah sekolah berbasis kewirausahaan yang terletak di wilayah pedesaan dengan suasana asri, sejuk, dan nyaman, sehingga menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Sekolah ini memiliki empat kompetensi keahlian utama, yaitu Akuntansi, Multimedia, Teknik dan Bisnis Sepeda Motor, serta Akuntansi yang mendukung pengembangan keterampilan siswa secara maksimal. Dilengkapi dengan fasilitas modern dan Ruang Praktik Siswa yang memadai, SMK Ma'arif Sudimoro juga menerapkan program unggulan seperti Teaching Factory, Kelas Industri, serta Link and Supermatch bersama mitra industri terpercaya (DIDUKA). Hal ini menjadikan sekolah ini sebagai pilihan ideal untuk mencetak lulusan siap kerja dan kompeten.
Baca Juga : Peran Penting GAMELAB dalam Membina SMKN 2 Karanganyar untuk Meningkatkan Kualitas Lulusan
Tentang PT. Educa Sisfomedia Indonesia
PT. Educa Sisfomedia Indonesia telah menjalani 13 tahun perjalanan di dunia pendidikan dan teknologi digital. Dengan fokus pada inovasi dan solusi terbaik, perusahaan ini memiliki tiga unit bisnis utama: Educa Studio, GAMELAB, dan Educa Academy.
GAMELAB menawarkan berbagai program, seperti magang, pelatihan prakerja, Kelas Industri, Teacher Factory (TeFa), Uji Kompetensi Keahlian (UKK), hingga Bootcamp. Educa Studio mendukung pembelajaran dan hiburan anak-anak dengan produk kreatif seperti Marbel (Mari Belajar), Kabi (Kisah Inspiratif Nabi), Kolak (Lagu Anak Indonesia), dan Riri Cerita Anak Interaktif. Sementara itu, Educa Academy berfokus pada pelatihan profesional untuk guru, membantu mereka mengembangkan kompetensi demi mencetak generasi unggul.
Mari cetak lulusan SMK yang berkompeten dan memiliki keterampilan yang relevan dengan kondisi industri terkini. Hubungi MinLab sekarang untuk info pendaftaran Kelas Industri di sini.