BERITA SMK SMKN 1 Rembang Purbalingga Menerapkan Training of Trainers dalam Kelas Industri untuk Peningkatkan Skill pada Guru

SMKN 1 Rembang Purbalingga Menerapkan Training of Trainers dalam Kelas Industri untuk Peningkatkan Skill pada Guru

Oleh Vincentius Dimas | Rabu, 26 Maret 2025

SMKN 1 Rembang Purbalingga Menerapkan Training of Trainers dalam Kelas Industri untuk Peningkatkan Skill pada Guru

GAMELAB melaksanakan monitoring, evaluasi, dan visitasi ke SMK Negeri 1 Rembang Purbalingga. Sekolah tersebut telah mengimplementasikan Kelas Industri dengan metode Training of Trainers (ToT).

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

  • Evaluasi Efektivitas Kelas Industri untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran
  • Peran Training of Trainers (ToT) dalam Meningkatkan Kompetensi Guru
  • Fokus Masa Depan: Meningkatkan Kesiapan Lulusan untuk Dunia Kerja
  • Tentang SMK Negeri 1 Rembang Purbalingga
  • Tentang PT. Educa Sisfomedia Indonesia

GAMELAB melaksanakan monitoring, evaluasi, dan visitasi ke SMK Negeri 1 Rembang Purbalingga pada 10 Maret 2025. Agenda ini merupakan langkah strategis dalam memastikan efektivitas program Kelas Industri yang telah dijalankan di sekolah tersebut. Sebagai lembaga yang berfokus pada pengembangan pendidikan berbasis industri, GAMELAB terus berupaya meningkatkan kualitas pembelajaran agar selaras dengan kebutuhan dunia kerja.

Evaluasi Efektivitas Kelas Industri untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

Kelas Industri adalah program yang dirancang untuk menjembatani kesenjangan antara dunia pendidikan dan industri.

Di SMK Negeri 1 Rembang Purbalingga, Kelas Industri telah diterapkan pada program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dengan konsentrasi Game Developer. Melalui monitoring ini, GAMELAB mengevaluasi sejauh mana implementasi program telah berjalan sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Tim dari GAMELAB juga meninjau proses pembelajaran, fasilitas laboratorium, serta kesiapan tenaga pengajar dalam mengaplikasikan kurikulum berbasis industri. Dari hasil evaluasi awal, ditemukan bahwa para siswa telah mendapatkan pengalaman belajar yang lebih aplikatif dan berbasis proyek nyata.

Evaluasi Efektivitas Kelas Industri untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran - GAMELAB.ID

Evaluasi Efektivitas Kelas Industri untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran - GAMELAB.ID

Peran Training of Trainers (ToT) dalam Meningkatkan Kompetensi Guru

Keberhasilan Kelas Industri tidak hanya bergantung pada kurikulum, tetapi juga pada kualitas pengajaran. Oleh karena itu, GAMELAB menerapkan metode Training of Trainers (ToT) sebagai strategi utama dalam meningkatkan kompetensi guru. Dengan pendekatan ini, guru di SMK Negeri 1 Rembang Purbalingga akan mendapatkan pelatihan dari para profesional industri agar lebih siap dalam mengajarkan materi yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja.

Jadi, ToT ini tidak hanya membantu guru dalam memahami tren terbaru di industri game development, tetapi juga membekali mereka dengan teknik pengajaran yang lebih interaktif dan berbasis proyek. Dan nantinya, hasil dari implementasi ToT ini akan menunjukkan bahwa para pengajar mampu menyampaikan materi dengan lebih efektif, sehingga siswa lebih mudah memahami dan mengaplikasikan konsep yang dipelajari dalam pengembangan game.

Fokus Masa Depan: Meningkatkan Kesiapan Lulusan untuk Dunia Kerja

Setelah melakukan monitoring dan evaluasi, GAMELAB bersama pihak sekolah menegaskan pentingnya membekali siswa dengan keterampilan yang lebih praktis dan sesuai dengan kebutuhan industri. Beberapa langkah yang akan dilakukan untuk meningkatkan kesiapan lulusan antara lain:

  • Pelatihan Berbasis Proyek Nyata: Mendorong siswa untuk mengerjakan proyek langsung dari industri sebagai bagian dari pembelajaran mereka.
  • Sertifikasi Kompetensi: Memastikan siswa mendapatkan sertifikasi yang diakui oleh industri agar memiliki nilai lebih saat mencari pekerjaan.
  • PKL di Perusahaan: Memfasilitasi program PKL agar siswa dapat merasakan langsung pengalaman kerja di dunia industri sebelum mereka lulus.

Maka, dengan berbagai upaya ini, diharapkan lulusan Kelas Industri SMK Negeri 1 Rembang Purbalingga mampu bersaing dan menjadi tenaga profesional yang siap menghadapi tantangan di industri digital. Untuk itu, GAMELAB akan terus berperan aktif dalam membina dan memastikan bahwa Kelas Industri berjalan sesuai dengan tujuan utamanya, yaitu mencetak generasi yang unggul di bidang teknologi dan kreatif.

Tentang SMK Negeri 1 Rembang Purbalingga

SMK Negeri 1 Rembang Purbalingga merupakan sekolah kejuruan yang berkomitmen dalam mencetak lulusan berkualitas dan siap kerja melalui berbagai program berbasis industri. Dengan menyediakan program keahlian yang beragam, termasuk Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dengan konsentrasi Game Developer, sekolah ini terus berinovasi dalam menerapkan metode pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan teknologi. Melalui kerja sama dengan GAMELAB, SMK Negeri 1 Rembang Purbalingga memastikan bahwa siswa mendapatkan pengalaman belajar yang aplikatif, termasuk pelatihan langsung dari para profesional industri, penggunaan teknologi terkini, serta peluang sertifikasi kompetensi guna meningkatkan daya saing di dunia kerja.

SMK Negeri 1 Rembang Purbalingga - GAMELAB.ID

SMK Negeri 1 Rembang Purbalingga - GAMELAB.ID

Baca Juga : SMK Ngeri 1 Gempol Meningkatkan Keterampilan Siswa dan Guru dengan Kelas Industri ToT bersama GAMELAB

Tentang PT. Educa Sisfomedia Indonesia

PT. Educa Sisfomedia Indonesia telah menjalani 13 tahun perjalanan di dunia pendidikan dan teknologi digital. Dengan fokus pada inovasi dan solusi terbaik, perusahaan ini memiliki tiga unit bisnis utama: Educa Studio, GAMELAB, dan Educa Academy.

GAMELAB menawarkan berbagai program, seperti magang, pelatihan prakerja, Kelas Industri, Teacher Factory (TeFa), Uji Kompetensi Keahlian (UKK), hingga Bootcamp. Sementara itu, Educa Studio mendukung pembelajaran dan hiburan anak-anak dengan produk kreatif seperti Marbel (Mari Belajar), Kabi (Kisah Inspiratif Nabi), Kolak (Lagu Anak Indonesia), dan Riri Cerita Anak Interaktif. Lalu, Educa Academy berfokus pada pelatihan profesional untuk guru, membantu mereka mengembangkan kompetensi demi mencetak generasi unggul.

Mari cetak lulusan SMK yang berkompeten dan memiliki keterampilan yang relevan dengan kondisi industri terkini. Hubungi MinLab sekarang untuk info pendaftaran Kelas Industri di sini.

cross promote
cross promote

Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Rabu, 26 Maret 2025

ARTIKEL TERKAIT

    Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

    DAFTAR MAGANG

    ARTIKEL POPULER

      KATEGORI

        Belajar Online Gratis
        kelas gamelab

        Belajar Pemrograman, Desain, dan Bisnis secara gratis di Gamelab Indonesia.

        Coba Sekarang