Facebook hingga detik ini masih menjadi primadona media sosial. Maka tak heran jika sudah banyak orang yang mulai mencari tahu bagaimana cara menjadi kreator digital di FB. Tentu ini menjadi kesempatan untuk membangun audiens serta meraup penghasilan sebanyak-banyaknya dari platform tersebut. Nah, apabila kamu tertarik untuk menjadikan Facebook sebagai wadah membagikan konten kreatif dan mencari uang, bacalah artikel ini sampai habis!
Apa itu Kreator Digital?
Melansir dari Sporut Social, kreator digital adalah seseorang yang membuat konten seperti video, foto, grafik, artikel, dan lain sebagainya. Dari macam-macam bentuk konten itu tadi nantinya didistribusikan melalui berbagai saluran media sosial seperti Instragram, YouTube, TikTok, dan bahkan termasuk Facebook juga. Pada intinya, kreator digital ini fokusnya pada pembuatan konten yang bernilai, menjangkau audiens sebanyak mungkin, dan sampai audiens itu terlibat pada konten yang telah diciptakan.
Kreator Digital Berbeda dengan Influencer
Apakah kamu bertanya-tanya soal perbedaan antaran kreator digital dengan influencer? Jawabannya, sangat berbeda! Influencer adalah tokoh media sosial yang memiliki tujuan untuk mempengaruhi pengikutnya agar melakukan atau membeli sesuatu produk berdasarkan apa yang mereka punya (atau di zaman sekarang sering disebut "endorsement").
Sementara itu, kreator digital bekerja dengan tujuan untuk membuat konten yang menarik, mendidik, dan memberi informasi yang aktual kepada audiens. Dengan kata lain, kreator digital ini berpotensi membangun audiens yang besar namun tidak menitikberatkan pada proses pembuatan konten, melainkan lebih pada informasi yang disampaikan kepada audiens.
Cara Mengubah Akun Facebook Menjadi Kreator Digital
Terdapat dua cara menjadi kreator digital di FB. Pertama, melalui dekstop. Kedua, melalui ponsel atau HP. Simak langkah-langkahnya cara mendaftar:
1. Melalui Dekstop
Berikut adalah cara mengubah akun Facebook menjadi kreator digital dari komputer:
- Login ke akun Facebook lalu klik profil pada bagian menu sebelah kiri
- Klik tiga titik pada bagian bawah nama penggunamu
- Pilih aktifkan mode profesional
- Klik aktifkan pada prompt konfirmasi
2. Melalui Ponsel atau HP
Berikut adalah cara mengubah akun Facebook menjadi kreator digital dari ponsel atau HP:
- Login ke Facebook terlebih dahalu, lalu masuk ke bagian profil
- Kemudian klik tiga titik pada bagian bawah
- Lalu gulirkan tampilan layar ke bawah dan klik aktifkan mode profesional
- Setelah itu, klik aktifkan pada prompt konfirmasi
Mengutip dari Eklipse, bahwa untuk memanfaatkan fitur monetisasi pada akun kreator digital, kamu harus memenuhi syarat tertentu seperti mempunyai minimal 1.000 pengikut aktif, konten yang memenuhi kebijakan komunitas Facebook, dan berada di negara yang telah memenuhi syarat juga. Di samping itu, kamu juga harus mematuhi standar kelayakan monetisasi Facebook.
Baca Juga : SMK Negeri Kebonagung Mengunjungi GAMELAB untuk Mengenal Dunia Industri dan Keterampilan yang Dibutuhkan
Tips Sukses Menjadi Kretor Digital di FB
Berdasarkan Tempo, sejak monetisasi diperkenalkan pada 2017, Facebook sudah membayar lebih dari 4 juta kreator di seluruh dunia. Artinya, sudah banyak orang yang memanfaatkan kreator digital ini. Untuk itu, kamu harus memiliki strategi agar akun Facebook-mu bisa gemilang di antara lainnya. Berikut kiat-kiat yang bisa kamu terapkan:
1. Pahami Target Audiens
Sebelum membuat konten, alangkah baiknya kamu memahami target audiens yang akan dijangkau. Dengan begitu, konten yang kamu ciptakan bisa relevan dan menarik perhatian mereka. Dan tentunya, jangan lupa juga untuk melakukan riset tentang topik yang lagi tren dan sedang dibicarakan oleh audiens.
2. Ciptakan Konten yang Menarik dan Berkualitas
Pastikan konten yang akan kamu bahas selalu hangat dibicarakan dan berkualitas. Pastikan juga isi kontenmu menyajikan informasi yang bermanfaat, relvan, dan aktual. Selain itu, kamu bisa juga menggunakan gambar atau video beserta audio visual karena konten visual cenderung mencuri perhatian audiens.
3. Manfaat Fitur Facebook Live dan Story
Fitur seperti live dan story ini harus kamu manfaatkan untuk berinteraksi dengan audiens secara personal. Jika kamu sudah memiliki pengikut yang cukup banyak, kamu bisa segera ambil tindakan atau menjadwalkan live agar bisa berinteraksi dengan audiens secara langsung. Sementara itu, fitur story bisa kamu lakukan untuk membagikan momen-momen menarik.
4. Analisis Konten yang Sudah Diunggah
Kamu bisa melakukan analisis kontenmu yang sudah diunggah. Misalnya, dalam satu bulan, kamu coba melihat mana konten yang menghasilkan banyak umpan balik dari audiens. Terkait ini kamu tidak perlu pusing karena Facebook sudah menyediakan alat analitik, sehingga kamu bisa tahu mana konten yang berkualitas.
5. Terus Mengasah Kemampuan
Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bahwa yang menjadi kreator digital di FB itu cukup banyak. Maka dari itu kamu perlu terus mengasah keterampilanmu agar bisa bersaing. Salah satu keterampilan yang dimiliki oleh kreator digital adalah berpikir kreatif agar kamu tetap produktif dan inovatif di era digital.
Untuk itu, kamu bisa bergabung dalam Kelas Akademi yang bertajuk Creativity: Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif di GAMELAB. Dengan mengikuti kelas ini, peserta dapat memahami kreativitas dan mengenali potensi kreatif di dalam dirinya, sehingga peserta dapat meningkatkan dan menerapkan keterampilan kreatif tersebut dalam berbagai bidang. Yuk, segera daftar dan menjadi gemilang di antara kreator digital lainnya!