SMK Negeri 2 Surabaya melakukan kunjungan industri untuk kedua kalinya ke GAMELAB pada 16 April 2025. Kunjungan ini diikuti oleh siswa program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Maksud dan tujuan kunjungan industri ini adalah mengenalkan dan mengembangkan keterampilan siswa serta membuka wawasan baru tentang industri yang relevan dengan jurusannya.
Apa Itu Kunjungan Industri?
Kunjungan industri adalah salah satu bentuk kegiatan pembelajaran di luar kelas yang biasanya dilakukan oleh sekolah menengah kejuruan (SMK) untuk memberikan gambaran nyata tentang lingkungan kerja profesional. Sementara, tujuan kunjungan industri adalah agar siswa bisa memahami bagaimana proses produksi, alur kerja, hingga standar industri yang berlaku di dunia kerja sesungguhnya.
Dalam konteks pendidikan vokasi, kunjungan industri menjadi jembatan penting antara teori yang diajarkan di sekolah dan praktik di dunia kerja. Melalui kegiatan ini, siswa dapat melihat langsung bagaimana teknologi diterapkan dalam proses bisnis, memahami kebutuhan industri, serta mengidentifikasi tantangan-tantangan yang ada dalam dunia profesional.
Kunjungan industri juga menjadi momen strategis bagi sekolah untuk memperkuat hubungan dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). Oleh karena itu, SMK Negeri 2 Surabaya memanfaatkan momen ini untuk membekali siswanya dengan pengetahuan dan wawasan langsung dari lingkungan industri yang relevan, salah satunya adalah GAMELAB.
Diskusi bersama Praktisi Industri Soal Pengalaman Kerja
Dalam kunjungan ini, siswa SMK Negeri 2 Surabaya mendapatkan kesempatan istimewa untuk berdiskusi langsung dengan praktisi industri di GAMELAB. Diskusi ini menjadi salah satu agenda utama dalam kegiatan kunjungan industri karena memberikan wawasan mendalam tentang dunia kerja, khususnya di bidang teknologi dan pengembangan perangkat lunak.
Pada sesi ini, praktisi berbagi pengalaman seputar tren teknologi terbaru, alur kerja dalam proyek industri, serta keterampilan yang dibutuhkan oleh tenaga kerja di bidang digital. Siswa juga diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan, menggali informasi tentang peluang karier, dan memahami bagaimana membangun portofolio yang baik di dunia IT.
Dengan demikian, siswa tidak hanya belajar tentang teori tetapi juga mendapatkan motivasi dan perspektif baru untuk lebih mempersiapkan diri menghadapi tantangan karier ke depan. Di sisi lain, praktisi GAMELAB juga menekankan pentingnya kolaborasi, sikap profesional, serta kemampuan problem solving, yang semuanya menjadi soft skills krusial dalam dunia kerja.
Eksplorasi Gim VR dan Animasi
Selain sesi diskusi, siswa juga diajak untuk mengeksplorasi karya-karya digital seperti gim Virtual Reality (VR) dan animasi yang dikembangkan oleh PT. Educa Sisfomedia Indonesia. Kegiatan ini dirancang untuk memperkenalkan siswa pada sisi kreatif dan inovatif dalam industri teknologi digital.
Melalui eksplorasi ini, siswa dapat memahami bagaimana sebuah gim VR dikembangkan mulai dari tahap perencanaan, desain, pemrograman, hingga pengujian. Mereka juga dapat melihat langsung bagaimana teknologi animasi diaplikasikan dalam berbagai proyek, baik untuk hiburan maupun edukasi.
Alhasil, dengan melihat hasil karya nyata ini, siswa mendapat inspirasi tentang beragam potensi pengembangan karier di industri kreatif digital. Mereka juga diajak mencoba langsung teknologi yang digunakan, memberikan pengalaman belajar yang lebih mendalam dan menyenangkan.
Tentang SMK Negeri 2 Surabaya
SMK Negeri 2 Surabaya, yang dulunya dikenal sebagai Koningen Emma School (KES) pada masa kolonial Belanda sekitar tahun 1912–1942, merupakan salah satu sekolah menengah kejuruan tertua dan paling terkemuka di Indonesia. Berlokasi di Jl. Tentara Genie Pelajar No. 26, Surabaya, sekolah ini memiliki reputasi kuat dalam bidang pendidikan vokasi, khususnya di sektor teknologi dan industri. Dengan sejarah panjang dan pengalaman yang kaya, SMK Negeri 2 Surabaya terus berkomitmen mencetak lulusan yang kompeten, profesional, dan siap bersaing di dunia kerja yang dinamis dan penuh tantangan.
Baca Juga : SMK Negeri Kebonagung Mengunjungi GAMELAB untuk Mengenal Dunia Industri dan Keterampilan yang Dibutuhkan
Tentang PT. Educa Sisfomedia Indonesia
PT. Educa Sisfomedia Indonesia telah menjalani 13 tahun perjalanan di dunia pendidikan dan teknologi digital. Dengan fokus pada inovasi dan solusi terbaik, perusahaan ini memiliki tiga unit bisnis utama: Educa Studio, GAMELAB, dan Educa Academy.
GAMELAB menawarkan berbagai program, seperti magang, pelatihan prakerja, Kelas Industri, Teacher Factory (TeFa), Uji Kompetensi Keahlian (UKK), hingga Bootcamp. Sementara itu, Educa Studio mendukung pembelajaran dan hiburan anak-anak dengan produk kreatif seperti Marbel (Mari Belajar), Kabi (Kisah Inspiratif Nabi), Kolak (Lagu Anak Indonesia), dan Riri Cerita Anak Interaktif. Lalu, Educa Academy berfokus pada pelatihan profesional untuk guru, membantu mereka mengembangkan kompetensi demi mencetak generasi unggul.
Mari cetak lulusan SMK yang berkompeten dan memiliki keterampilan yang relevan dengan kondisi industri terkini. Hubungi MinLab sekarang untuk info pendaftaran kunjungan industri di sini.