BERITA UMUM Mengenal Tugas Copywriter: Wajib Tahu Sebelum Masuk Dunia Copywriting!

Mengenal Tugas Copywriter: Wajib Tahu Sebelum Masuk Dunia Copywriting!

Oleh Vincentius Dimas | Selasa, 22 April 2025

Mengenal Tugas Copywriter: Wajib Tahu Sebelum Masuk Dunia Copywriting!

Copywriting adalah teknik menulis untuk pemasaran secara persuasif yang mengajak orang agar mengambil beberapa tindakan.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Pernahkah membaca iklan di media sosial yang langsung memikat perhatian dan akhirnya membuat tertarik untuk membeli produk tersebut? Jika ya, besar kemungkinan itu adalah hasil kerja dari copywriter. Di era digital sekarang, pekerjaan copywriter semakin diminati karena memiliki peran penting dalam menyampaikan pesan melalui tulisan secara persuasif. 

Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dengan copywriting? Apa saja tugas seorang copywriter, dan bagaimana cara menjadi copywriter pemula? Artikel ini akan mengupas semuanya secara lengkap.

Apa Itu Copywriting?

Copywriting adalah teknik menulis untuk pemasaran secara persuasif yang mengajak orang agar mengambil beberapa tindakan seperti membeli produk atau jasa, mengklik tautan, menyumbang, hingga mempengaruhi seseorang turut menjadi bagian penjualan.

Dalam praktiknya, copywriting biasanya tidak hanya dipublikasikan di media konvensional seperti radio, televisi, atau media cetak alias koran. Akan tetapi, juga dibutuhkan oleh banyak industri untuk keperluan website, kalendar, brosur, skrip konten video, dan masih banyak lagi.

Meski begitu masih banyak yang menyamakan kalau copywriting dan content writing. Padahal, keduanya memiliki tujuan yang berbeda. Content writing lebih fokus pada penyajian informasi yang mendalam seperti blog atau berita, sementara copywriting berfokus pada penulisan singkat namun persuasif seperti slogan atau kalimat ajakan.

Tugas Seorang Copywriter

Seorang yang mengerjakan copywriting disebut dengan copywriter. Ia memiliki tanggung jawab untuk menciptakan tulisan yang kreatif, menarik perhatian dalam waktu singkat, dan mengajak orang untuk mengambil tindakan. Berikut tugas-tugasnya:

  • Menulis iklan untuk kebutuhan promosi. Misalnya seperti iklan digital, brosur, spanduk di jalanan, skrip untuk video, atau deskripsi produk tertentu.
  • Membuat tulisan di media sosial. Contohnya seperti membuat caption di Instagram, X, atau Facebook guna menjangkau audiens secara emosional dan logis.
  • Menulis untuk email marketing yang bertujuan untuk meyakinkan pembaca agar mau membuka, membaca, hingga melakukan tindakan pembelian.
  • Mengeksekusi konten dalam website untuk landing page dan profil perusahaan.
  • Melakukan riset mengenai target pasar, kompetitor, dan gaya bahasa yang sesuai dengan target audiens.

Copywriting Adalah - GAMELAB.ID

Skill yang Harus Dimiliki Copywriter

Untuk menjadi copywriter yang dilirik banyak orang, tidak cukup kalau hanya memiliki kemampuan menulis saja. Adapun beberapa keterampilan lain yang harus dikuasai, di antaranya:

  • Menulis secara persuasif. Ini penting karena tujuannya untuk membangun narasi yang mampu menggugah emosi pembaca.
  • Kemampuan riset. Pekerjaan ini bukan soal menulis melainkan diperlukan juga pemahaman terhadap produk, pasar, dan perilaku konsumen.
  • Mampu berpikir kreatif. Tanpa kreativitas, copywriter tidak akan bisa menciptakan tulisan yang memikat pembaca dalam waktu yang singkat.
  • Pemahaman dasar tentang pemasaran digital. Ini mencakup search engine optimization (SEO), perilaku konsumen, dan platform media sosial yang digunakan untuk publikasi tulisan.
Baca Juga : Sering Dikira Sama, Perbedaan Content Writer dan Copywriter

Cara Menjadi Copywriter Pemula

Bagi pemula yang tertarik memasuki dunia copywriting, berikut beberapa langkah yang dapat diikuti:

  • Pelajari dasar-dasarnya. Mulailah dengan mempelajari teori dasar copywriting melalui buku, artikel, atau kursus daring. Banyak sumber pembelajaran gratis maupun berbayar yang dapat membantu Anda memahami teknik menulis iklan yang efektif.
  • Berlatih secara konsisten seperti keterampilan lainnya, kemampuan copywriting perlu diasah secara rutin. Cobalah membuat iklan fiktif untuk produk sehari-hari dan latih kepekaan Anda dalam memilih kata.
  • Buatlah contoh tulisan dalam bentuk blog pribadi, unggahan media sosial, atau proyek sukarela. Dengan begitu, kamu memiliki portofolio dan menjadi modal utama saat melamar pekerjaan atau mencari klien.
  • Pengalaman langsung dalam proyek nyata akan memberikan wawasan yang lebih luas. Untuk itu, kamu perlu juga belajar berkomunikasi dengan klien, memahami brief, dan memenuhi tenggat waktu.
  • Terus evaluasi dan belajar dari feedback. Jadi, jangan takut menerima kritik atau masukan serta feedback, agar menjadi alat penting untuk memperbaiki kualitas tulisanmu.

Copywriting adalah keterampilan yang bisa dipelajari siapa saja, asalkan memiliki komitmen dan kemauan untuk terus berlatih. Dengan memahami tugas-tugas seorang copywriter dan langkah-langkah untuk memulai, kamu sudah berada di jalur yang tepat untuk menjadi seorang penulis iklan yang andal.

Ingat, dunia pemasaran digital terus berkembang, dan kebutuhan akan copywriter pun semakin meningkat. Jadi, tidak ada kata terlambat untuk mulai belajar dan membangun karier di bidang ini. Langsung saja daftar sekarang ke Teknik Dasar Copywriting v.2.0 di GAMELAB! 


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Selasa, 22 April 2025

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI