Pada 16 April 2025, SMK Negeri 1 Gedong Tataan kembali melaksanakan kunjungan industri ke GAMELAB untuk yang kedua kalinya. Kegiatan ini diikuti oleh para siswa dari program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Tujuan kunjungan industri ini adalah untuk memperkenalkan dunia industri yang sesuai dengan bidang keahlian mereka serta mengasah keterampilan dan menambah wawasan siswa mengenai perkembangan industri terkait.
Apa Itu Kunjungan Industri?
Kunjungan industri merupakan salah satu metode pembelajaran di luar kelas yang umum dilakukan oleh Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk memberikan siswa pengalaman langsung mengenai dunia kerja profesional. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah agar siswa dapat memahami proses produksi, alur kerja, serta standar-standar industri yang berlaku di dunia kerja nyata.
Dalam dunia pendidikan vokasi, kunjungan industri berfungsi sebagai penghubung antara teori yang dipelajari di sekolah dengan praktik langsung di lapangan. Lewat kegiatan ini, siswa dapat menyaksikan secara langsung penerapan teknologi dalam kegiatan bisnis, mengenali kebutuhan industri, dan memahami berbagai tantangan yang dihadapi dalam lingkungan kerja sesungguhnya.
Selain itu, kunjungan industri juga menjadi kesempatan penting bagi sekolah untuk menjalin kemitraan yang lebih erat dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). Untuk itu, SMK Negeri 1 Gedong Tataan memanfaatkan kesempatan ini untuk memperkaya pengetahuan dan wawasan siswanya melalui pengalaman langsung di dunia industri, salah satunya melalui kunjungan ke GAMELAB.
Diskusi bersama Praktisi Industri Soal Pengalaman Kerja
Dalam rangkaian kunjungan industri ini, para siswa dari program keahlian RPL dan TKJ SMK Negeri 1 Gedong Tataan mendapat kesempatan berharga untuk diskusi langsung dengan praktisi industri di GAMELAB. Sesi diskusi ini menjadi salah satu momen penting karena menghadirkan wawasan nyata seputar dunia kerja di bidang teknologi, pengembangan perangkat lunak, dan jaringan komputer.
Sebagai gambaran, praktisi GAMELAB membagikan pengalaman mereka mengenai perkembangan teknologi terkini, misalnya, alur kerja dalam proyek industri IT, serta skill teknis maupun non teknis yang dibutuhkan di dunia kerja digital. Para siswa pun aktif bertanya, mencari tahu tentang peluang karier, dan menggali tips membangun portofolio yang relevan dengan kebutuhan industri teknologi.
Melalui diskusi ini, tentu siswa tidak hanya memperluas pemahaman mereka terhadap teori yang dipelajari di sekolah, tetapi juga memperoleh motivasi dan sudut pandang baru untuk menyiapkan diri menghadapi dunia kerja. Karena praktisi GAMELAB juga menekankan pentingnya kerja sama tim, profesionalisme, dan kemampuan memecahkan masalah seperti soft skills yang sangat dibutuhkan di industri teknologi masa kini.
Eksplorasi Gim VR dan Animasi
Selain sesi diskusi, para siswa juga diajak untuk menjelajahi berbagai karya digital seperti gim berbasis Virtual Reality (VR) dan animasi yang dikembangkan oleh PT. Educa Sisfomedia Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan siswa pada sisi kreatif dan inovatif dari industri teknologi digital.
Melalui kegiatan eksplorasi ini, siswa dapat memahami proses pengembangan gim VR secara menyeluruh, mulai dari tahap perencanaan, desain visual, pemrograman, hingga tahap pengujian. Mereka juga bisa melihat langsung bagaimana animasi digunakan dalam berbagai proyek, baik untuk keperluan hiburan maupun media pembelajaran.
Dengan menyaksikan langsung hasil karya yang nyata, siswa mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang peluang karier di industri kreatif digital. Mereka juga diberi kesempatan untuk mencoba teknologi yang ada, sehingga pengalaman belajar menjadi lebih seru, interaktif, dan bermakna.
Tentang SMK Negeri 1 Gedon Tataan
SMK Negeri 1 Gedong Tataan merupakan sekolah menengah kejuruan yang unggul dalam mencetak lulusan yang kompeten, berdaya saing, dan berkarakter IDOLA KAMI (Inovatif, Disiplin, Kolaboratif, Kreatif, dan Mandiri) serta berakhlak mulia. Dengan visi tersebut, sekolah ini berkomitmen untuk mempersiapkan siswa agar memiliki keterampilan soft skill, hard skill, dan etika kerja yang dibutuhkan untuk memasuki dunia industri (IDUKA) maupun menjadi wirausahawan. Melalui berbagai program seperti Pendidikan Kecakapan Wirausaha, pembelajaran berbasis proyek, kemitraan dengan dunia industri, dan pemanfaatan teknologi digital, SMK Negeri 1 Gedong Tataan berupaya menyelaraskan kurikulum dengan kebutuhan dunia kerja serta meningkatkan peran guru dalam pembentukan karakter siswa. Sekolah ini juga menekankan pentingnya pelayanan publik yang mudah diakses serta pembentukan lulusan yang tidak hanya cakap secara akademis, tetapi juga beriman, jujur, dan bertanggung jawab.
Baca Juga : SMK Negeri Kebonagung Mengunjungi GAMELAB untuk Mengenal Dunia Industri dan Keterampilan yang Dibutuhkan
Tentang PT. Educa Sisfomedia Indonesia
PT. Educa Sisfomedia Indonesia telah menjalani 13 tahun perjalanan di dunia pendidikan dan teknologi digital. Dengan fokus pada inovasi dan solusi terbaik, perusahaan ini memiliki tiga unit bisnis utama: Educa Studio, GAMELAB, dan Educa Academy.
GAMELAB menawarkan berbagai program, seperti magang, pelatihan prakerja, Kelas Industri, Teacher Factory (TeFa), Uji Kompetensi Keahlian (UKK), hingga Bootcamp. Sementara itu, Educa Studio mendukung pembelajaran dan hiburan anak-anak dengan produk kreatif seperti Marbel (Mari Belajar), Kabi (Kisah Inspiratif Nabi), Kolak (Lagu Anak Indonesia), dan Riri Cerita Anak Interaktif. Lalu, Educa Academy berfokus pada pelatihan profesional untuk guru, membantu mereka mengembangkan kompetensi demi mencetak generasi unggul.
Mari cetak lulusan SMK yang berkompeten dan memiliki keterampilan yang relevan dengan kondisi industri terkini. Hubungi MinLab sekarang untuk info pendaftaran kunjungan industri di sini.